Semakin majunya teknologi kini sudah banyak yang memanfaatkan teknologi untuk berbagai kepentingan. Salah satu pengguna yang terdampak manfaat ini adalah kurir-kurir barang. Apalagi dengan semakin menjamurnya jual beli secara online. Dengan adanya berbagai macam kurir yang ada penjual online dimudahkan dalam pengantaran tanpa repot dan bisa ke banyak tujuan bahkan dengan jarak jauh. Sayangnya terkadang ada kendala dalam penggunaan jasa kurir ini seperti paket belum sampai padahal sudah cukup lama dikirim.
Cara Mengatasi Paket Belum Sampai Tapi Status Pengiriman sudah Diterima
Mengirimkan barang dengan memanfaatkan jasa pengiriman ini tentunya sangat memudahkan konsumen. Apalagi jika saat berbelanja online dan ingin membelinya, pasti memerlukan jasa kurir yang ada. Ada hanya tinggal menunggu dirumah dan nantinya barang akan sampai diantar oleh kurir. Saat masa penantian perjalanan paket terkadang Anda mungkin agak khawatir dan takut mungkin barang tidak sampai rumah.
Baca Juga : Yuk, Intip Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online Berikut Ini!
Penyebab Paket Belum Sampai
Ada beberapa penyebab kenapa paket lama sampai, diantaranya:
1. Barang belum sampai karena alamat yang diberikan tidak jelas.
2. Data penerima paket tidak ditulis secara lengkap.
3. Data dari penerima paket salah atau tidak benar.
4. Pada lokasi di alamat penerima sedang tidak ada orang yang menerima.
5. Untuk menuju tempat tujuan ada akses jalan yang terhambat atau tertutup.
6. Paket atau barang rusak.
7. Paket atau barang hilang.
8. Barang atau paket tertukar.
9. Barang atau paket salah kirim.
Cara Mengatasi Paket Belum Sampai
Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika paket tidak kunjung sampai, diantaranya:
1. Menghubungi pihak logistik untuk mencari kepastian keberadaan barang.
2. Cek resi nomor pengiriman yang kini sudah bisa dilakukan melalui smartphone jika paket sudah memiliki nomor resi.
3. Mengecek kembali data alamat penerima dan titik lokasi yang kamu berikan. Tentunya hal ini agar kurir mendapatkan kepastian kemana barang akan diantarkan dengan jelas.
1. Cek Estimasi Pengiriman
Saat akan mengirimkan barang atau paket, Anda bisa terlebih dahulu mengecek estimasi pengiriman. Biasanya pada aplikasi belanja online saat memesan barang Anda akan diberitahukan estimasi lama pengiriman barang. Jika Anda tidak menggunakan aplikasi belanja online namun paket biasa bisa mengeceknya dengan smartphone di web jasa pengiriman yang dipilih.
Pada web jasa pengirimannya nanti akan ada estimasi kapan paket akan sampai di tempat tujuan. Hal ini bertujuan untuk memperkirakan kapan paket akan sampai.
2. Lacak Paket
Saat sudah memesan barang pada aplikasi belanja online akan diberikan nomor resi. Nomor resi ini sendiri memiliki fungsi agar nantinya Anda bisa melacak paket sudah sampai mana. Biasanya pada aplikasi belanja online saat memesan barang Anda akan diberikan nomor resi sudah beserta status pengirimannya.
Jika Anda tidak menggunakan aplikasi belanja online, Anda bisa mengeceknya dengan smartphone di web jasa pengiriman yang dipilih. Jangan lupa saat paket sudah diberikan oleh jasa pengiriman, pastikan untuk meminta nomor resi.
Baca Juga : 5 Cara Agar Paket Cepat Sampai Dengan Aman
3. Hubungi Kantor Jasa Pengiriman
Jika saat waktu pengiriman barang terjadi suatu masalah contohnya seperti paket atau barang sudah terkirim dan belum sampai tapi sudah ada status diterima di aplikasi belanja online. Pada kenyataanya Anda mungkin saja belum menerima paket tersebut. Permasalahan ini sering kali terjadi karena banyak penyebab yang mempengaruhi. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu untuk menghubungi Customer Service dari jasa pengiriman yang dipakai.
Hal ini bertujuan untuk menanyakan sudah sampai mana barang atau paket yang dibeli, dengan begitu Anda akan mengetahui pasti dimana posisi paket Anda. Customer Service kemudian akan melacak dimana barang Anda berada. Tentunya hal ini akan sangat membantu menemukan dan melacak keberadaan paket dari belanjaan tersebut. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi.
4. Hubungi Pihak Penjual
Cara mengatasi paket belum sampai yang selanjutnya adalah dengan menghubungi pihak penjual. Jika Anda mengalami kesulitan dalam pelacakan paket dan pengiriman terhenti di suatu titik, disarankan untuk menghubungi pihak pengirim. Mereka kemungkinan besar dapat memberikan informasi lebih lanjut mengenai status pengiriman dan membantu mencari solusi untuk mengatasi masalah ini.
5. Periksa Alamat dan Nama Penerima
Ada kalanya paket bisa tertulis dengan salah, dan hal ini bisa menyebabkan paket belum sampai. Jika paket Anda sudah berada dalam perjalanan, segera hubungi perusahaan pengiriman atau kurir yang bertanggung jawab atas pengiriman. Berikan informasi tentang kesalahan alamat dan minta bantuan mereka dalam mengalihkan pengiriman ke alamat yang benar.
Itulah tadi cara mengatasi paket belum sampai di tujuan. Saat Anda memesan barang sebaiknya untuk terus memantau barang sampai dengan ke tempat tujuan. Permasalahan ini mungkin saja sering terjadi dan terkadang terasa menjengkelkan. Beberapa permasalah lain mungkin bisa diatasi dengan cara ini. Tetap berhati-hati dalam melakukan transaksi secara online. Jika Anda menemukan permasalahan yang sama tetap hadapi dengan prosedur yang sudah ditetapkan.
4 Comments