Bisnis

Cara Mempertahankan Pelanggan di Tengah Persaingan Bisnis yang Ketat

cara mempertahankan pelanggan

Cara mempertahankan pelanggan merupakan upaya untuk menjaga keberlangsungan usaha yang dilakukan dengan cara melihat kebutuhan dan membuat pelanggan loyal. Sehingga mereka akan tetap menggunakan produk yang Anda jual, meskipun banyak kompetitor yang menawarkan produk yang sama.

Cara Mempertahankan Pelanggan dalam Bisnis

Setiap pengusaha atau perusahaan memiliki caranya tersendiri dalam mengembakan usahanya. Salah satu metode yang sering dilakukan adalah menemukan cara mempertahankan loyalitas pelanggan. Pasalnya, tumbuh kemabng sebuah perusahaan itu tergantung dari pelanggan atau konsumennya itu sendiri. Adapun caranya adalah sebagai berikut ini!

Baca Juga : Cara Promosi Makanan yang Meningkatkan Daya Tarik Pelanggan

1.  Sediakan Produk Berkualitas

Penasaran bagaimana cara mempertahankan pelanggan? yaitu dengan menyediakan produk yang berkualitas. Hal ini karena pelanggan  biasanya senang apabila mendapatkan kualitas produk yang sepadan dengan uang yang konsumen berikan.  

Selain itu, produk berkualitas tidak hanya memberikan kepuasan bagi pelanggan, tetapi juga dapat memabngun brand awareness pamilik peruashaan. Setelah mengetahui produk berkualitas itu sangat penting, maka langkah selanjutnya dalam cara menarik dan mempertahankan pelanggan yaitu  memastikan bawah bahan baku yang digunakan itu memang memiliki kualitas terbaik.

Dengan pengujian kualitas, dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi maupun mengatasi permasalahan sebelum akhirnya produk tersebut sampai ke tangan konsumen. Selain itu, usahakan untuk terus melakukan inovasi dalam produk. Sehingga cara mempertahankan pelanggan lama dapat membantu Anda menerapkan pelayanan yang relevan dan menarik bagi pelanggan.

2.  Menyediakan Website Aktif

Bagaimana cara mempertahankan kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan? Salah satunya yaitu dengan menyediakan website yang aktif, dapat membantu produk dan brand lebih banyak dikenal konsumen. Hal ini karena website dapat menjadi salah satu media untuk Anda dan pelanggan dapat berinteraksi secara langsung melalui digital.

Tidak hanya itu saja, website juga memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh media lainnya. Melalui  website, pelanggan  bisa mencari informasi produk maupun pelayanan dengan mudah. Baik itu informasi produk yang baru launching, promo, dan lain sebagainya.  

3.  Memberikan Layanan Pelanggan optimal

Sebagus apapun produk yang coba Anda berikan kepada konsumen, itu akan percuma saja. Jiak pelayanan yang diberikan kepada konsumen itu buruk, bahkan terkesan seenak nya saja. Hal ini karena konsumen tidak akan merasa nyaman dan aman.

 Misalnya, jika produk dipasarkan ke supermarket, maka jika ada konsumen ingin mengetahui informasi detail, tetapi dijawab dengan tidak baik. Maka hal ini bisa membuat mereka tidak nyaman. Sehingga pastikan untuk tetap fast respon saat mereka menghubungi.

Bisnis online

4.  Mendengarkan Feedback Pelanggan

Salah satu dari 5 cara mempertahankan kepuasan dan loyalitas pelanggan yaitu dengan mendengarkan feedback dengan baik. Hal ini karena feedback menjadi salah satu hal yang penting dalam mempertahankan pelanggan karena Anda dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan apa yang dimiliki oleh produk maupun jasa. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui dengan pasti, apakah barang atau jasa tersebut sesuai dengan kebutuhan pelanggan ataukah tidak. Feed disini itu dapat berupa pengisian survey, review melalui sosial media, dan lain sebagainya.

5.  Membangun Komunikasi intens

Komunikasi yang intens dengan pelanggan menjadi salah satu hal yang sangat penting dan termasuk 5 cara mempertahankan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Paslanya, melalui hal ini Anda dapat menjalin ikatan emosional dengan mereka. Adapun cara membangun komunikasi ini sendiri adalah dengan mengirimkan email, berinteraksi dengan pelanggan di sosial media, dan menanggapi keluhan yang diajukan oleh pelanggan dengan cepat.

6.  Menyediakan Program Loyalitas

Program ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan pada pelanggan menggunakan produk-produk yang Anda jual. Dengan begitu, mereka tetap setia terhadap brand Anda. Sehingag program ini sendiri dapat membantu pelanggan setia meskipun banyak kompetitor. Adapun caranya sendiri yaitu memberikan promo, hadiah untuk para pelanggan lama yang setia, dan sebagainya.

7.  Memberikan layanan Pasca Penjualan

Cara mempertahankan pelanggan agar tetap setia yang selanjutnya yaitu memberikan pelayanan pasca penjualan. Layanan ini sendiri   merupakan bantuan yang khusus diberikan perusahaan kepada konsumen setelah produk atau jasa dibeli pelanggan.

Sehingga konsumen merasa terbantu akan hal tersebut. Misalnya, Anda menjual produk skincare, lalu nanti layanan pasca penjualan yang dapat diberikan yaitu memberikan edukasi mengenai tutorial cara penggunaan yang baik itu seperti apa.

Baca Juga : Pentingnya Survei Kepuasan Pelanggan dan Cara Menerapkannya pada Bisnis

8.  Evaluasi Tingkat Kepuasan Konsumen

Langkah terakhir yang perlu dilakukan untuk mempertahankan pelanggan yang perlu dilakukan yaitu melakukan evaluasi Tingkat kepuasan yang konsumen rasakan. Hal ini dapat membantu Anda untuk memahami lebih jauh, kepuasan pelanggan terhadap produk yang disediakan.

Sehingga jika nanti ada yang kurang, Anda dapat melakukan evaluasi dan menemukan strategi yang tepat. Dengan begitu, konsumen akan loyal terhadap brand Anda. Hal ini dapat menjadi salah satu Teknik yang dapat dilakukan agar pelanggan tetap diperhatikan tanpa harus merasa terus diawasi oleh pemilik usaha, dimana hal ini dilakukan supaya dapat mempertahankan pelanggan.

Cara mempertahankan pelanggan dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu menyediakan produk berkualitas, menyediakan website aktif, dan lain sebagianya. Selain itu, lakukanlah evaluasi sesuai waktu yang telah ditetapkan dengan rutin. Baik itu 3 bulan sekali atau bahkan enam bulan sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *