Logistik

Mengenal Sistem Drop Point pada Jasa Pengiriman SAP Express

drop point

Pernahkah Anda mendengar istilah drop point pada sistem pengiriman barang? Ya, pada layanan jasa pengiriman barang seperti SAP Express dikenal istilah drop point yang menggambarkan titik atau lokasi dimana Anda bisa mengirimkan barang melalui titik terdekat dari lokasi Anda.

Melalui drop point, Anda tidak perlu datang jauh-jauh ke kantor pusat layanan ekspedisi yang jauh dari jangkauan. Nah, untuk tahu lebih jelas mengenai sistem drop point pada jasa pengiriman SAP EXpress, yuk simak ulasan berikut ini!

Apa Itu Drop Point?

Drop point adalah titik atau lokasi kantor cabang jasa pengiriman ekspedisi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Umumnya drop point terletak di kecamatan yang ada di seluruh Indonesia sehingga memudahkan masyarakat yang hendak mengirimkan barang. 

Baca Juga : 4 Alasan Mengapa Paket Gagal Di Pick Up dan Cara Mengatasinya

Adanya drop point pada layanan pengiriman barang, membuat Anda tidak perlu effort lebih saat mengirimkan paket. Cukup datang ke lokasi drop point saja, maka paket Anda akan didistribusikan ke alamat tujuan dengan baik dan aman. 

Drop point sangat membantu masyarakat yang tinggal di daerah terpencil untuk mengirim atau menerima paket. Itulah mengapa layanan jasa pengiriman paket seperti SAP Express membutuhkan drop point yang banyak dan tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Sistem Drop Point pada SAP Express

SAP Express merupakan layanan jasa pengiriman barang berupa paket maupun dokumen dengan berbagai cara, mulai dari COD hingga fulfillment. SAP Express menjangkau seluruh wilayah di Indonesia dengan lebih dari 220 cabang yang tersebar di pelosok negeri.

Drop point pada layanan SAP Express dapat menjangkau lebih dari 7.200 kecamatan yang ada dan tersebar di seluruh Indonesia. Tidak hanya kota-kota besar saja yang terjangkau layanan SAP Express, namun juga daerah pelosok dan terpencil lainnya dengan memanfaatkan drop point yang tersebar luas.

Saat Anda mengirim barang dari kantor layanan SAP Express cabang manapun, barang tersebut akan dikirim ke drop point SAP Express secara estafet. Setiap paket yang dikirim tersebut akan diatur oleh pihak drop point melalui titik lokasi drop point terdekat hingga barang atau paket dapat sampai ke tangan pelanggan. Semakin banyak drop point SAP Express yang tersebar, maka semakin mudah dan cepat barang akan sampai ke tangan para pelanggan.

cod

Saat ini drop point SAP tersebar luas di lokasi terdekat Anda, seperti drop point Bekasi, Cibinong, Solo, Tangerang, dan lainnya. Untuk jam operasional drop point SAP Express mulai pukul 8 pagi hingga pukul 8 malam. Jika terdapat paket yang datang melebihi jam operasional tersebut, maka akan dikirimkan dan diproses pada hari berikutnya.

Cara Kerja Sistem Drop Point SAP Express

Sekarang Anda sudah paham bukan mengenai apa itu drop point? Nah, berikutnya Anda bisa lebih memahaminya dengan mengetahui cara kerja sistem drop point pada jasa pengiriman SAP Express berikut ini.

1. Pelanggan Mengirim Paket Melalui Drop Point Terdekat

Cara kerja sistem drop point pertama diawali dengan pengiriman atau penyerahan paket oleh pelanggan ke drop point SAP Express terdekat dari lokasi. SAP Express juga melayani penjemputan paket jika pelanggan tidak dapat mengantar paket ke drop point.

Pada paket tersebut harus terdapat nama, alamat tujuan, serta nomor telepon pengirim dan penerima dengan jelas dan lengkap. Alamat tujuan yang jelas akan mempercepat kerja kurir sehingga paket cepat sampai ke tempat tujuan.

2. Pengiriman Paket dari Drop Point ke Gudang

Setelah paket diserahkan ke drop point asal, maka paket tersebut akan dikirimkan ke gudang atau warehouse. Di gudang tersebut, paket akan disortir sesuai dengan jenis barang dan alamat tujuannya. 

Setelah selesai disortir di gudang, paket kemudian dibawa ke drop point tempat tujuan. Umumnya, waktu yang dibutuhkan untuk menyortir paket di gudang adalah kurang lebih 1 hari atau lebih sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga : Perbedaan Pick Up dan Drop Off pada Jasa Pengiriman

3. Pengiriman Paket dari Drop Point Tujuan ke Alamat Penerima

Setelah paket disortir dan dikirimkan ke drop point kota tujuan, selanjutnya kurir akan mengirimkan paket tersebut ke alamat tujuan. Sebisa mungkin paket segera dikirimkan ke alamat penerima agar tidak terjadi penumpukan di drop point. Dalam kondisi tertentu, penerima paket juga bisa mengambil paket tersebut langsung ke drop point dengan membawa resi. 

Nah, itulah beberapa hal mengenai sistem drop point pada jasa pengiriman SAP Express yang perlu Anda tahu. Dengan adanya drop point yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, paket yang dikirim akan lebih mudah dan cepat sampai ke alamat tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *