Finance

Begini Cara Mengatur Gaji Bulanan Agar Tak Boncos di Tengah Jalan

cara mengatur gaji

Setiap orang perlu tahu cara mengatur gaji bulanan dan mingguan agar tidak mengalami masa paceklik di tengah bulan. Pasalnya, gaji atau pendapatan berapapun yang Anda terima, jika tidak dikelola dengan baik, akan habis juga. Terlebih jika Anda tidak mengalokasikannya untuk tabungan dan dana darurat, Anda akan berpotensi untuk berhutang saat kondisi darurat atau tidak biasa terjadi. 

Misalnya, ketika Anda membutuhkan biaya tak terduga saat sakit, HP hilang atau lainnya, Anda akan kebingungan karena tidak memiliki dana talangan. Tak hanya itu, keuangan yang tidak dikelola dengan baik juga membuat Anda gali lubang tutup lubang untuk menutup tagihan.

Lantas, bagaimana cara mengatur gaji agar bisa cukup sampai akhir bulan bahkan dapat disimpan untuk tabungan? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Cara Mengatur Gaji Bulanan

Jika Anda memiliki gaji yang dibayarkan bulanan atau setiap 1 bulan sekali, tentu cara dan strateginya berbeda dengan orang yang memiliki gaji mingguan bahkan harian. Berikut cara mengelola dan mengatur uang bulanan yang perlu Anda tahu.

Baca Juga : Apa Itu Bulk Payment? Manfaat dan Kriteria Perusahaan

1. Buat dan Rencanakan Anggaran dengan Matang

Cara mengatur gaji bulanan yang pertama adalah dengan membuat dan merencanakan anggaran bulanan terlebih dahulu. Anda harus tahu alokasi kebutuhan bulanan untuk apa saja dengan budget yang juga telah ditentukan. 

Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan pembagian gaji 50-30-20 dalam memenuhi kebutuhan Anda. Pembagiannya mudah, yaitu 50% dari gaji atau pendapatan bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti makan, sewa rumah, listrik, pulsa, transportasi, dan lainnya. Sedangkan 30% dari gaji digunakan untuk kebutuhan tersier seperti hiburan dan sejenisnya dan sisa 20% digunakan untuk dana darurat, menabung, dan investasi.

Untuk alokasi dan berapa persen dari anggaran di atas sifatnya tidak saklek. Artinya, dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan rencana masing-masing. Misalnya Anda sedang gencar menabung untuk dana darurat, maka Anda bisa menambah porsi untuk dana darurat agar cepat terkumpul.

2. Lunasi Tagihan Terlebih Dahulu

Saat menerima gaji bulanan, segera alokasikan untuk melunasi kewajiban dan tagihan terlebih dahulu. Mulai dari tagihan listrik, tagihan telepon, hingga tagihan kartu kredit, pastikan sudah terbayar di awal. Tagihan yang telah dibayarkan membuat Anda tidak ‘khilaf’ membelanjakan gaji Anda untuk yang lain sehingga mengakibatkan Anda kesulitan membayar kewajiban.

Tagihan yang sudah lunas juga membuat alokasi dana untuk kebutuhan sehari-hari tidak terganggu. Anda pun lebih tenang dalam mengatur gaji untuk kebutuhan lainnya sehingga keuangan tetap aman sampai akhir bulan.

3. Pisahkan Rekening

Cara mengatur gaji berikutnya adalah dengan dengan membuka lebih dari 1 rekening. Anda perlu memisahkan antara rekening yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dengan rekening tabungan. 

Saat menerima gaji, segera pisahkan uang Anda ke rekening-rekening tersebut. Pasalnya, rekening yang masih tergabung akan menyulitkan Anda dalam mengatur keuangan. Anda akan merasa memiliki uang banyak sehingga berpotensi untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan ketika rekening masih tergabung menjadi satu. Oleh sebab itu, memiliki rekening lebih dari 1 merupakan salah satu cara terbaik untuk mengatur gaji bulanan.

COD

4. Catat dan Lakukan Evaluasi

Tak hanya membuat perencanaan anggaran setiap bulannya, Anda juga perlu melakukan evaluasi keuangan setiap bulan. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah pengeluaran Anda sudah sesuai dengan perencanaan keuangan di awal.

Jika sesuai, maka Anda telah berhasil mengatur gaji dengan baik sehingga perlu untuk dipertahankan. Namun jika pengeluaran ternyata melebihi perencanaan, maka Anda perlu mengatur ulang gaji. Cek kembali apakah ada pengeluaran yang terlalu besar atau memang pendapatan perlu ditambah.

Manfaat Mengatur Gaji

Nah, di atas sudah dijelaskan cara mengatur gaji bulanan yang penting dilakukan agar keuangan Anda tetap stabil dan tidak boncos di tengah jalan. Lantas, apa sih manfaat mengatur gaji itu? Berikut manfaat yang perlu Anda tahu:

1. Mempersiapkan Masa Depan yang Cerah

Salah satu manfaat mengatur gaji adalah sebagai langkah mempersiapkan masa depan dengan lebih baik. Anda tidak ingin menjadi generasi sandwich yang memberatkan anak-anak Anda ketika memasuki masa tua nanti bukan? Jika iya, pastikan Anda sudah mengatur gaji dari sekarang.

Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan masa kini, gaji juga harus dapat digunakan untuk menabung dan investasi demi masa depan. Nantinya di masa tua Anda sudah tidak dapat menghasilkan lagi, oleh sebab itu Anda perlu mempersiapkannya dari sekarang. Jika gaji habis begitu saja setiap bulan, bahkan harus berhutang demi memenuhi kebutuhan, maka Anda tidak lagi memiliki kesempatan dan waktu untuk mempersiapkan masa depan.

2. Tetap Aman di Kondisi Darurat

Keadaan finansial seseorang bisa saja naik turun sesuai dengan kondisi. Misalnya saat pandemi Covid 19 seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, banyak orang yang kehilangan pekerjaan dan tidak tahu harus berbuat apa karena tidak memiliki dana darurat. Alhasil, mereka semakin terpuruk menghadapi kondisi darurat.

Disinilah pentingnya mengatur gaji bulanan agar dapat disisihkan untuk dana darurat. Dana darurat diperlukan untuk mengcover finansial Anda pada kondisi yang tidak biasa, seperti kehilangan pekerjaan, laptop hilang, sakit, dan lainnya. Ketika ada dana talangan, Anda tetap bisa waras dan melanjutkan hidup tanpa harus berhutang.

Baca Juga : Apa Itu Zero Based Budgeting? Berikut Contoh, Kelebihan dan Kekurangan

3. Berlatih Hidup Sesuai Kemampuan

Manfaat mengatur gaji agar tidak sembarangan digunakan dapat melatih Anda untuk terbiasa hidup hemat. Berhemat bukan berarti harus pas-pasan, namun hidup sesuai dengan kemampuan. Dengan mengendalikan gaji dan pengeluaran, Anda akan tahu kemana uang pergi setiap bulannya. Alhasil, Anda tidak impulsif dalam membeli sesuatu.

Anda tahu dan paham uang yang dimiliki akan digunakan untuk apa saja sehingga terhindar dari keinginan untuk memiliki barang yang tidak perlu. Anda pun bisa mengukur kemampuan diri tanpa memaksakan sesuatu di luar kesanggupan.

Nah, sekarang sudah paham kan bagaimana cara mengatur gaji bulanan agar finansial tetap aman? Dengan mengatur gaji, Anda akan hidup lebih tenang tanpa terbebani hutang dan kebutuhan hidup pun tercukupi dengan baik. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *