Bisnis

Pemasaran Digital: Pengertian, Tujuan, Tipe, dan Strateginya

Pemasaran Digital

Semakin berkembangnya teknologi saat ini, semakin berkembang pula cara manusia dalam melakukan sesuatu. Salah satunya dalam hal pemasaran. Jika dulunya pemasaran dilakukan secara konvensional melalui selebaran, brosur, televisi, dan sejenisnya, kini pemasaran bisa dilakukan secara digital. Pemasaran digital atau digital marketing semakin dikenal dan dipraktikkan oleh para pebisnis.

Pemasaran digital dianggap lebih mudah menjangkau konsumen dan pasar dengan cara yang tidak rumit. Nah, untuk Anda yang penasaran dengan jenis pemasaran ini, yuk simak ulasan berikut!

Pengertian Pemasaran Digital

Pemasaran digital atau digital marketing merupakan pemasaran sebuah produk atau layanan dengan memanfaatkan teknologi digital melalui berbagai media, seperti media sosial, internet, dan lainnya. Strategi pemasaran ini juga mencakup pengoptimalan SEO, sosial media marketing, serta email marketing.

Baca Juga : Produk Digital: Kunci Sukses Bisnis Online Anda

Dibandingkan dengan pemasaran konvensional, pemasaran digital jauh berbeda. Konsep marketing ini didasari oleh data dan teknologi. Data tersebut dikumpulkan dan dianalisis dari perilaku pelanggan serta keterlibatan dari para pengguna. 

Pemasaran digital bertujuan untuk menarik para pelanggan dan pengguna dengan cepat. Hal ini dikarenakan pengaruh internet dan teknologi yang telah mendarah daging di masyarakat. Masyarakat masa kini tidak jauh dari internet sehingga pemasaran digital mudah menjangkau pasar. 

Tujuan Pemasaran Digital

Melalui pemasaran digital atau digital marketing, pelanggan akan mudah terhubung dengan produk Anda. Nah, berikut merupakan tujuan pemasaran digital yang perlu Anda tahu:

  • Meningkatkan keterlibatan pasar terhadap produk
  • Meningkatkan penjualan
  • Mengurangi biaya yang timbul dari pemasaran
  • Meningkatkan kesadaran merek
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan
  • Memperbaiki rantai suplai konsumen dan produsen
Bisnis online

Tipe Pemasaran Digital

Terdapat 2 tipe pemasaran digital dalam dunia bisnis, antara lain:

1. Push Digital Marketing

Push digital marketing merupakan upaya dalam mempromosikan produk tanpa adanya persetujuan dari calon konsumen. Strategi ini meliputi website, blog, email marketing, dan sejenisnya. Pada jenis ini, calon konsumen tidak tahu dan tidak terlibat dalam strategi digital marketing karena sifatnya pasif.

2. Pull Digital Marketing

Pull digital marketing adalah upaya mempromosikan produk dimana keterlibatan konsumen aktif, tidak seperti push digital marketing yang pasif. Dalam tipe ini, calon konsumen aktif dalam mencari tahu produk atau jasa yang ditawarkan oleh konsumen.

Tips Pemasaran Digital

Lantas bagaimana tips pemasaran digital yang tepat agar dapat dengan mudah menjangkau pasar? Berikut tipsnya:

1. Tentukan Tujuan Bisnis

Dalam menjalankan pemasaran digital, Anda perlu menentukan tujuan bisnis Anda terlebih dahulu. Anda perlu menentukan tujuan jangka pendek dan juga jangka panjang dalam bisnis Anda agar tahu bagaimana strategi pemasaran digital yang tepat. 

Dalam menentukan tujuan, pastikan tujuan tersebut telah terukur dan relevan dengan bisnis yang Anda jalankan. Setelah tahu tujuan, Anda bisa mengembangkan apa langkah yang yepat untuk  bisnis Anda.

2. Kenali Audience

Berikutnya, Anda perlu mengenali siapa audiens Anda. Pahami apa yang mereka butuhkan sehingga Anda bisa tahu strategi yang tepat dalam mengenalkan  bisnis Anda. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan antara lain usia, jenis kelamin, hobi, serta pendapatannya. 

Dengan mengenali mereka lebih dalam, maka pemasaran digital yang Anda lakukan dapat berjalan dengan baik. Target penjualan pun akan meningkatkan karena strategi yang tepat sasaran.

Baca Juga : Strategi Menghadapi Tantangan dalam Proses Digitalisasi UMKM

3. Buat Konten yang Unik dan Related dengan Audience

Dalam membuat konten promosi, pastikan konten tersebut berkualitas dan related dengan para calon konsumen. Konten yang menarik dapat menggugah para konsumen untuk terhubung dengan produk yang Anda miliki.

Pastikan juga konten tersebut informatif dan edukatif sehingga para calon konsumen mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Dengan cara ini, bukan tak mungkin Anda mendapatkan banyak calon konsumen yang loyal.

Itulah beberapa hal mengenai pemasaran digital yang sebaiknya Anda tahu. Sebagai pebisnis, Anda perlu tahu dan paham mengenai strategi ini agar lebih mudah dalam menjangkau pasar. Pastikan Anda melek teknologi dan mengikuti perkembangan zaman supaya tidak tertinggal dari kompetitor.

1 Comment

  • Dede 5 Oktober 2024

    Ikutan bergabung 🙏

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *