Bisnis

7 Tips Menyiapkan Foto Produk Jualan Online Agar Laris Manis!

foto produk jualan online

Apapun bisnis yang Anda jalani, tentunya tidak boleh dengan cara asal-asalan. Dari mulai produk, marketing, hingga foto produk. Foto adalah salah satu bagian penting dalam marketing untuk bisa menarik pelanggan. Dengan adanya foto, maka pembeli bisa mengetahui seperti apa produk Anda dan kualitasnya. Dalam menyiapkan foto produk, juga perlu memperhatikan beberapa hal. Berikut adalah 7 tips menyiapkan foto produk jualan online agar usaha Anda laris manis!

Tips Menyiapkan Foto Produk Jualan Online

Siapa yang tidak mau produk atau bisnisnya laris manis? Nah, di bawah ini merupakan beberapa tips menyiapkan foto produk jualan online untuk Anda. Apa saja? Yuk simak!

Baca Juga : 8 Cara Membuat Foto Produk yang Menarik

1. Menyiapkan Background Foto

Tips pertama dan yang paling penting adalah menyiapkan background foto untuk produk Anda, agar barang yang Anda jual terlihat dengan jelas. Anda pun tidak perlu repot-repot menyewa satu studio hanya untuk foto produk Anda. Kini, Anda bisa menjadi kreatif dengan membuat background foto sendiri, misalkan saja Anda bisa menggunakan kain meteran, dan manfaatkan rumah Anda sebagai tempat foto produk. Jangan lupakan pencahayaan yang bagus, ya!

2. Menggunakan Model

Apabila Anda tidak cukup percaya diri menjadi model untuk foto produk, Anda bisa kok menggunakan jasa model untuk pemotretan foto. Saat ini, sudah banyak jasa yang menawarkan layanan khusus untuk model foto produk. Misalkan saja Anda menjual produk baju, maka Anda akan membutuhkan model yang mengenakan produk pakaian Anda. Dengan begitu, pembeli akan tahu baju terlihat seperti apa jika dipakai. 

cod

3. Pencahayaan yang Cukup Terang

Apabila Anda tidak menggunakan outdoor sebagai tempat foto produk, Anda perlu pencahayaan yang cukup terang untuk tempat foto di dalam ruangan. Pencahayaan yang kurang akan mengakibatkan hasil foto yang kurang maksimal. Anda bisa membeli peralatan pencahayaan yang sederhana, seperti ring light. Jika Anda memiliki modal yang lebih, Anda bisa menggunakan alat-alat fotografi yang lebih canggih. 

4. Menentukan Tema Foto

Untuk bisa memikat pembeli nantinya, hal yang perlu diperhatikan dalam tips menyiapkan foto produk jualan online adalah dengan menentukan tema foto yang diinginkan. Contohnya, apabila Anda ingin konsep yang vintage, Anda bisa set lokasi foto di tempat-tempat yang memiliki kesan zaman dahulu seperti bangunan-bangunan tua. Di Jakarta sendiri, Anda bisa menemukan beragam tempat yang punya kesan ‘vintage’. 

5. Pengambilan dari Beberapa Sudut

Tips menyiapkan foto produk jualan online yang selanjutnya yaitu pengambilan dari beberapa sudut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mengambil gambar dari arah mana saja, bisa dari depan, samping, atas, maupun belakang. Dengan begitu, hasil dari pengambilan foto akan terasa lebih sempurna. Nah, oleh sebab itu jangan lupa mengambil foto dari beberapa sudut ya!

6. Mengoptimalkan Hasil Foto dengan Editing

Hal yang penting setelah sudah selesai mengambil foto produk jualan online, yaitu skill editing yang mumpuni. Dengan editing yang tepat, Anda bisa membuat hasil foto menjadi lebih bagus. Misal saja foto yang kurang terang, bisa Anda tambahkan brightness nya, dan yang lain sebagainya. Apabila Anda saat ini belum memiliki skill editing yang cukup, Anda bisa mempekerjakan satu orang untuk handle editing foto atau video produk jualan Anda. 

Baca Juga : 6 Media Promosi yang Bisa Digunakan untuk Bisnis Anda

7. Menambahkan Watermark pada Foto Produk

Saat ini, banyak orang yang asal mengambil foto orang lain tanpa izin dari yang punya. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk menambahkan watermark pada foto produk jualan online Anda. Dengan begitu, foto Anda akan lebih sulit untuk diambil oleh orang lain. Selain sebagai bentuk dari hak cipta foto, watermark juga berfungsi sebagai ajang branding, lho! Anda bisa menambahkan watermark baik tulisan, logo maupun ikon pada foto produk jualan online Anda. Nah, demikianlah 7 tips menyiapkan foto produk jualan online Anda agar laris manis! Pastikan Anda menghasilkan foto produk yang berkualitas tinggi, agar pembeli Anda pun tertarik untuk membeli produk Anda. Jadikan SAP Express sebagai mitra untuk pengiriman produk Anda, seperti layanan Last Mile Delivery, yang bisa menjadi solusi bagi bisnis online Anda. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan menginspirasi bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *