Logistik

Catat, Ini Pentingnya Menggunakan Asuransi Paket Saat Mengirim Barang!

asuransi paket

Ingin memastikan barang Anda sampai tujuan dengan selamat? Tidak ada salahnya jika melindunginya dengan asuransi paket. Cara ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerugian karena jika barang sampai rusak, hilang atau tidak sesuai deskripsi, maka Anda bisa mengajukan klaim ganti rugi.

Tidak bisa dipungkiri jika tren belanja online memang semakin diminati oleh masyarakat. Meski menawarkan kemudahan, akan tetapi berbelanja online juga memiliki risiko khususnya saat proses pengiriman barang dari penjual ke konsumen. Maka dari itu, membeli asuransi paket bisa menjadi opsi terbaik guna memproteksi barang Anda.

Baca Juga : Cara Mudah Kirim Paket dari Rumah Tanpa Ribet

Lebih jelasnya tentang apa saja pentingnya asuransi paket pengiriman, simak penjabaran lengkapnya di bawah ini.

Pentingnya Asuransi Paket Pengiriman

Asuransi pengiriman barang merupakan perlindungan yang memberikan manfaat atas kejadian yang tidak terduga selama proses pengiriman barang. Selain memastikan proses aman selama proses pengiriman, asuransi pengiriman ini juga memiliki banyak manfaat lainnya, antara lain:

1.  Mengurangi Risiko Kerugian Akibat Kehilangan

Salah satu pentingnya menggunakan asuransi paket adalah untuk mengurangi risiko kerugian akibat kehilangan barang selama proses pengiriman. Dengan memiliki asuransi paket, jika barang Anda hilang selama proses pengiriman maka kerugian akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Anda cukup mengajukan klaim kehilangan untuk mendapatkan ganti rugi.

2. Mengurangi Risiko Kerusakan Barang

Paket yang sudah dijamin dengan asuransi pengiriman bisa menghindarkan Anda dari risiko kerusakan barang. Beberapa jenis barang seperti barang pecah belah atau barang electronik memang cukup rawan mengalami kerusakan selama proses pengiriman. Dengan adanya asuransi paket, jika barang mengalami kerusakan maka akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

3. Mencegah Kerugian Akibat Barang Tidak Sesuai Deskripsi

Perlindungan lain yang juga dijamin oleh asuransi paket adalah menjamin barang yang dikirim sesuai dengan apa yang Anda pesan. Hal ini akan secara otomatis mengurangi potensi kerugian akibat barang tidak sesuai deskripsi karena barang yang dikirim akan dicek terlebih dahulu untuk memastikan kesesuaiannya.

pengiriman internasional

Contoh Menghitung Biaya Asuransi Paket Pengiriman

Setiap jasa ekspedisi menawarkan biaya asuransi paket pengiriman yang berbeda. Biasanya akan ada perhitungan untuk menentukan besaran biaya asuransi paket yang akan dikirim berdasarkan jenis, dimensi hingga jarak pengiriman. Akan tetapi secara umum, besarnya biaya asuransi pengiriman barang adalah sekitar 0.2% – 0.35% dari nilai barang yang diasuransikan.

Lebih jelasnya, berikut contoh menghitung biaya asuransi paket pengiriman yang perlu Anda ketahui.

Rumus menghitung premi asuransi paket

Premi Asuransi Paket  = Nilai barang x 0.35%

Contohnya saat Anda ingin mengirim paket sepeda seharga Rp16 juta

Maka biaya asuransi paketnya adalah = 16.000.000 x 0.35% = Rp 56.000

Jadi biaya asuransi paket yang perlu Anda bayar adalah sebesar Rp 56.000

Meski begitu, masing-masing jasa ekspedisi biasanya memiliki kebijakan masing-masing sesuai dengan perusahaan asuransi yang bekerjasama. Maka dari itu, sebelum menggunakan asuransi paket, ketahui dulu ketentuan dan manfaat yang ditawarkan apakah all cover atau hanya mengganti sebagian saja.

Baca Juga : Wajib Tau! Ini 7 Cara Mengatasi Paket Tidak Bergerak di Ekspedisi

Seiring perkembangannya, mengirim barang kemana saja memang bisa dilakukan dengan mudah berkat adanya layanan jasa ekspedisi. Akan tetapi untuk memastikan barang Anda aman sampai tujuan dan terhindar dari risiko finansial akibat kerusakan atau kehilangan, tidak ada salahnya melindunginya dengan asuransi paket khususnya jika mengirim barang yang berisiko tinggi atau memiliki nilai yang cukup besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *