Logistik

7 Tips Cara Menjadi Eksportir Pemula yang Sukses

cara menjadi eksportir pemula

Mungkin Anda sudah familiar dengan perdagangan impor dan ekspor, dimana impor merupakan perdagangan memasukkan barang dari luar negeri, dan ekspor yang merupakan mengeluarkan barang dari dalam negeri. Namun, tidak semua orang berani untuk menjadi eksportir. Bagaimana cara memulai menjadi eksportir? Berikut adalah beberapa tips cara menjadi eksportir pemula yang sukses. 

Tips Menjadi Eksportir Pemula

Eksportir adalah pelaku yang melakukan perdagangan sampai ke luar negeri, baik perusahaan atau lembaga yang berbentuk badan hukum maupun tidak. Nah, bagaimana tips menjadi eksportir pemula? Simak ulasan berikut untuk informasi selengkapnya. 

Baca Juga : Begini Cara Menjadi Eksportir, Apakah Anda Tertarik?

1. Riset Pasar

Menjadi seorang eksportir tentunya tidak mudah di awal, banyak rintangan yang perlu dihadapi. Namun, Anda tidak perlu takut apabila Anda sudah memiliki tekad untuk memulai. Salah satu yang perlu Anda lakukan sebagai eksportir pemula adalah dengan mencoba riset pasar yang ingin Anda tuju. Misalkan saja, Anda ingin ekspor kelapa parut, Anda sebaiknya mengetahui negara apa yang sekiranya membutuhkan kelapa parut dengan jumlah yang besar. Dengan begitu, Anda bisa fokus pada negara-negara tersebut. 

2. Mengetahui Cara Ekspor Barang

Apabila Anda sudah memiliki stok barang yang cukup untuk ekspor, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengekspor barang. Mempunyai stok banyak namun tidak tahu caranya, maka akan sia-sia saja. Oleh sebab itu, Anda bisa mengikuti beragam komunitas mengenai ekspor, dan gali ilmu dari komunitas-komunitas tersebut. Apabila Anda memiliki modal yang cukup, Anda bisa mengikuti kelas yang menawarkan tentang ilmu ekspor. 

3. Jangan Lupakan Legalitas

Untuk bisa mengirim barang ke luar negeri, Anda perlu menyiapkan berbagai hal termasuk legalitas perusahaan Anda. Pasalnya, legalitas usaha penting sebab menjadi syarat utama menjadi eksportir. Tanpa adanya legalitas, barang Anda akan ditolak. Dokumen-dokumen yang perlu Anda siapkan antara lain; Surat Izin Usaha, Nomor Induk Berusaha, Nomor Pokok Wajib Pajak, dan izin lain-lainnya. 

pengiriman internasional

4. Kenali HS Code Barang

HS Code (Harmonized System) adalah metode numerik standar untuk mengklasifikasikan barang yang akan diperdagangkan. Kode ini digunakan di seluruh dunia untuk mengidentifikasikan produk. Dengan begitu, otoritas akan lebih mudah untuk menentukan tarif. Misalkan saja sarang burung walet, yang merupakan produk yang asalnya dari air liur burung walet, memiliki HS Code 04100040. 

5. Siapkan Materi Website

Cara menjadi eksportir pemula yang selanjutnya adalah menyiapkan materi website. Memiliki bisnis ekspor, mau tidak mau Anda harus melakukan pemasaran secara digital. Sebab, tujuan pasar Anda adalah pembeli dari luar negeri. Oleh sebab itu, buat website yang lengkap dengan deskripsi produk, dan tambahkan juga nomor kontak Anda dan email yang selalu sedia aktif. 

6. Manfaatkan Iklan

Cara menjadi eksportir pemula yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan iklan yang ada. Dengan adanya bantuan iklan, Anda bisa menjangkau audiens yang lebih luas lagi. Misalkan saja pada Google, Anda bisa menggunakan Google Ads untuk bantu mempromosikan produk Anda. Tentu saja dengan keyword sesuai dan target negara yang Anda inginkan. Selain Google Ads, Anda juga bisa memanfaatkan platform sosial media yang lainnya seperti Instagram dan Facebook. 

Baca Juga : Packing List: Pengertian, Manfaat, Resiko, dan Cara Membuatnya

7. Pahami Mengenai Dokumen Ekspor

Setelah urusan legalitas usaha sudah selesai, ternyata masih ada yang perlu Anda siapkan dan pahami, yaitu dokumen ekspor. Inilah yang dibutuhkan ketika Anda mengurus ekspor barang. Beberapa istilah-istilah yang mungkin Anda akan temui seperti Bill of Lading, Packing List, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, pahami mengenai dokumen ekspor agar pengiriman nantinya tidak terhambat. Nah, demikianlah 7 tips cara menjadi eksportir pemula yang sukses. Sebelum memulai dan mengirim barang, pastikan Anda mempelajari sebanyak-banyaknya mengenai dunia ekspor. Gunakan layanan pengiriman internasional dari SAP Express untuk barang ekspor Anda. Hubungi kami lebih lanjut untuk informasi lebih lengkapnya. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *