Digital Marketing

Mengenal Apa Itu Strategi Mobile Marketing dan Kelebihannya

gambar ilustrasi tentang mobile marketing

Era modern seperti saat ini membuat strategi mobile marketing penting untuk dilakukan oleh setiap pelaku bisnis. Pasalnya, hampir semua orang menggunakan gadget saat ini sehingga potensi pasar menjadi lebih luas. Menembak target pasar dengan mobile jauh lebih mudah.

HP atau smartphone merupakan salah satu hal penting bagi kehidupan masyarakat di era modern seperti sekarang ini. Hampir seluruh aktivitas yang berkaitan dengan akses internet dilakukan melalui smartphone atau mobile. Hal ini juga mendorong strategi marketing untuk mengikuti kebiasaan masyarakat tersebut dengan menyuguhkan strategi marketing bisnis secara mobile.

Untuk lebih jelasnya tentang apa itu mobile marketing hingga kelebihan dan kekurangan mobile media marketing, yuk simak ulasan berikut ini.

Pengertian Mobile Marketing

Mobile marketing merupakan salah satu jenis strategi yang biasa digunakan dalam kegiatan digital marketing yang tujuannya adalah melakukan pendekatan pada target audience yang menggunakan HP atau gadget. 

Baca juga:  Tips Membuat Copywriting Produk yang Menarik

Untuk melakukan kegiatan digital marketing melalui mobile ini ada beberapa saluran yang bisa Anda gunakan untuk menjangkau audience, seperti SMS, website, aplikasi dan juga media sosial.

Perkembangan teknologi mobile yang semakin canggih juga membuat berbagai hal bisa dilakukan di HP. Hal ini membuat perhatikan masyarakat semakin tertuju kepada HP sehingga jika pemasar ingin mendapatkan perhatian dari audience harus menyesuaikan dengan hal tersebut.

Agar strategi mobile marketing yang Anda buat bisa sampai dan diterima oleh audience, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Buat konten marketing yang mobile friendly
  • Gunakan aplikasi dan platform mobile
  • Ikuti tren yang sering dilakukan audience untuk membuat iklan mobile yang tepat

Konsep Mobile Marketing

Konsep mobile marketing berbeda dengan strategi digital marketing secara umum. Dalam strategi marketing berbasis mobile ini ada beberapa poin atau komponen penting yang harus diperhatikan jika ingin strategi marketing efektif. 

Berikut ini beberapa poin penting yang harus ada dalam konsep mobile marketing:

  • Convenience (kenyamanan)
  • Simplicity (kesederhanaan)
  • Speed (kecepatan)
  • Analytics (analisis)
  • Location based (berdasarkan lokasi)
  • Responsive (desain responsive)
  • Cost effective (biaya efisien)

Jenis-Jenis Mobile Marketing

Untuk menjangkau audience dengan lebih mudah, dalam menerapkan mobile marketing Anda bisa menggunakan beberapa jenis mobile marketing paling efektif sebagai berikut:

  • App based marketing (pemasaran berbasis aplikasi)
  • In game marketing (pemasaran di dalam games
  • Quick response codes marketing (pemasaran dengan kode QR)
  • Location based marketing (pemasaran berdasarkan lokasi)
  • Search ads (pemasaran melalui penelusuran iklan)
  • Pemasaran melalui SMS/MMS

Baca juga: Begini Cara Live Streaming Saat Jualan di Facebook, Mudah!

Kelebihan dan Kekurangan Mobile Marketing

Menerapkan strategi marketing berbasis mobile memang menawarkan lebih banyak keuntungan. Akan tetapi penggunaan strategi marketing jenis ini juga memiliki kekurangan. Berikut ini kelebihan dan kekurangan strategi mobile marketing adalah:

Kelebihan:

  • Mudah diakses dan dimulai
  • Murah
  • Mudah mengukur keberhasilannya
  • Tidak memiliki batasan tempat dan waktu
  • Bisa menjadi viral

Kekurangan:

  • Tidak ada privasi
  • Harus sempurna

Strategi mobile marketing telah terbukti bisa menjangkau audience dengan lebih mudah dan luas. Tidak heran jika beberapa perusahaan besar juga telah menggunakan strategi marketing berbasis mobile seperti ini. Jadi jika Anda ingin membuat strategi marketing yang lebih efektif, tidak ada salahnya mencoba strategi digital marketing. Yuk, coba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *