Logistik

Apakah Penerima Paket dari Luar Negeri Harus Bayar?

pekerja gudang sedang mengelola paket dari luar negeri

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memungkinkan Anda untuk dapat mengirim atau menerima barang dari luar negeri dengan lebih mudah. Saat ini telah banyak jasa ekspedisi yang menawarkan jasa pengiriman baik dari maupun ke luar negeri dengan proses yang mudah dan waktu yang tidak terlalu lama. Meskipun barang dan ongkos kirim telah dibayar, apakah menerima paket dari luar negeri harus bayar?

Tidak sedikit orang Indonesia yang menerima paket dari China baik dari keluarga yang bekerja dari sana maupun karena membeli barang secara online. Saat ini melakukan pengiriman barang baik dari maupun ke luar negeri memang bisa dilakukan dengan lebih mudah. Hal ini juga yang membuat banyak orang mulai tertarik untuk berbelanja dari toko online di luar negeri.

Berbelanja online dari luar negeri secara langsung memang bisa memberikan banyak keuntungan. Selain harga yang lebih murah, kualitas barang yang dijual biasanya juga lebih terjamin. Meskipun begitu, Anda perlu mempertimbangkan biaya pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia dan biaya lain yang mungkin akan dibebankan nantinya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apakah ada biaya yang harus dibayar jika menerima paket dari luar negeri, yuk simak ulasan berikut ini!

Penerima Paket dari Luar Negeri Harus Bayar Pajak

Tidak sedikit orang yang masih bingung jika menerima paket dari luar negeri apakah harus ada biaya yang perlu dibayar atau tidak. Sebenarnya menerima paket dari luar negeri memang ada beberapa biaya yang perlu Anda keluarkan. Akan tetapi biaya tersebut sebenarnya termasuk dalam pajak. Jadi jika ada pertanyaan apakah paket dari luar negeri kena pajak, maka jawabannya adalah IYA.

Sebelum  membahas tentang pajak untuk paket dari luar negeri, perlu Anda ketahui, bahwa saat ini semakin marak modus penipuan dengan berkedok mendapatkan paket hadiah dari luar negeri.  Biasanya  seseorang akan menawarkan Anda hadiah yang berasal dari luar negeri namun sebelumnya Anda harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu. Jika menemukan hal bisa jadi Anda tengah mengalami ciri-ciri penipuan paket luar negeri.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Kirim Paket ke Luar Negeri, Gampang!

Pengiriman barang dari luar negeri berarti termasuk dalam import. Itu artinya jika Anda menerima paket dari luar negeri maka akan ada biaya bea cukai yang perlu dibayar. Hal ini juga telah dijelaskan dalam Peraturan Menteri Keuangan No. PMK 199/PMK.10/2019 tentang aturan pajak dan bea masuk barang impor. Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa barang kiriman dari luar negeri dengan harga lebih dari $3 akan dikenakan pungutan pajak.

Untuk menghindari penipuan pengiriman paket dari luar negeri, Anda juga perlu tahu besaran pajak yang dikenakan untuk barang import. Berikut rinciannya:

  • Kategori barang umum dikenakan pajak 17.5% dari nilai barang dan ongkos kirim ke Indonesia
  • Kategori tas dikenakan pajak 32.2% – 42% dari nilai barang dan ongkos kirim
  • Kategori sepatu dikenakan pajak 42.5% – 50% dari nilai total barang dan ongkos kirim
  • Kategori pakaian dikenakan pajak 32.5% – 45% dari nilai barang dan ongkos kirim

Cara Membayar Pajak Paket dari Luar Negeri

Selain harus tahu cara melacak paket dari luar negeri agar selamat sampai tujuan, Anda juga perlu tahu bagaimana cara membayar pajak untuk barang yang diterima dari luar negeri. Secara umum, untuk di Indonesia sendiri cara membayar pajak paket adalah melalui kantor pos Indonesia

jasa pengiriman barang internasional termurah

Untuk  membayar pajak barang impor adalah melalui Kantor Pos. Untuk jenis ini, sebelum paket masuk ke Indonesia bea cukai telah menetapkan biaya cukai terlebih dahulu. Selanjutnya paket dikirim ke kantor Pos untuk disampaikan ke penerima barang.

Pada tahap ini, biasanya petugas pos akan mengirimkan contoh bukti pengiriman paket dari luar negeri atau surat penagihan kepada penerima paket. Selanjutnya penerima paket tinggal datang ke kantor pos terdekat untuk melakukan pembayaran dan sekaligus pengambilan paket yang telah diterima.

Sebenarnya ada cara lain untuk membayar pajak pengiriman barang dari luar negeri yaitu dengan melalui ekspedisi luar negeri. Akan tetapi cara ini biasanya hanya digunakan oleh perusahaan yang melakukan import dalam jumlah cukup besar.

Modus Penipuan Pengiriman Paket dari Luar Negeri

Beberapa waktu belakangan ini sepertinya semakin marak modus penipuan pengiriman paket dari luar negeri. Biasanya modus ini menyasar untuk orang-orang yang kerap menggunakan media sosial. 

Baca juga: Berapa Lama Paket dari China ke Indonesia? Yuk, Cari Tahu!

Pelaku penipuan akan berpura-pura bahwa target mendapatkan hadiah berupa barang mewah dengan harga cukup mahal yang dikirim dari luar negeri. Untuk menyakinkan korban, pelaku bekerja sama dengan orang lain yang bertugas sebagai kurir dan meminta korban untuk meminta membayar pajak barang mewah dari luar negeri yang telah Anda menangkan tersebut.

Pastikan Anda jangan sampai tergoda dengan penawaran tersebut. Karena jika sampai tergoda dan mentransfer uang, maka sudah pasti pelaku akan langsung menghilang dan Anda juga kehilangan uang tersebut. Jadi sebelum percaya pastikan dulu pelaku dapat menunjukkan bukti barang keluar dari gudang bea cukai dengan surat penagihan pajak yang resmi. Jika tidak bisa menunjukkan, sudah pasti itu merupakan modus penipuan.

Modus Penipuan dengan Menggunakan APK Melalui WhatsApp

Saat ini, siapa yang tidak menggunakan WhatsApp untuk komunikasi sehari-hari? Nah, ternyata penipu juga memanfaatkan platform ini untuk menipu para korbannya. Caranya adalah dengan berpura-pura menjadi kurir paket. Dalam pesan WhatsApp, pelaku akan mengirim aplikasi, dan jika Anda berhasil mendownloadnya, maka seluruh data penting Anda terkait dengan perbankan akan bocor. Modus penipuan ini dinamakan dengan sniffling, yang bertujuan untuk mencuri data serta informasi perbankan, kartu kredit, maupun password email Anda. Agar Anda terhindar dari modus penipuan berkedok kurir ini, apabila Anda menemukan ada kiriman file dengan ekstensi apk. dari nomor tidak dikenal, sebaiknya Anda abaikan atau sekalian blok jika perlu. Anda bisa cek apakah nomor tersebut penipu atau bukan melalui aplikasi seperti Get Contact dan True Caller.

1,547 Comments

  • Carissa 26 Juli 2023

    Tolong beri saya solusi,saya juga sedang mengalaminya..tapi paket masih dalam perjalanan.

  • Yuenisa 23 Juli 2023

    Saya sedang mengalaminya.
    Baru kenal 6 hari yang lalu, modus mendekati.
    Ngakunya ulang tahun dan pengen rayain bareng jadi ngirim paket.
    Kasus saya dengan orang yang mengaku asal Korea, tinggal di UK, namun whatsappnya ketika saya save dikontak +63 yang terdeteksi TH which is Thiland..
    Lanjut ke kasus paket.
    Perusahaan paket chat via wa, +234 which is Nigeria, ehh kurirnya bahasa Spanyol.
    Trus minta bayar dulu buat bisa ngirim paket IDR 4.000.000. Di email ada invoice USD 10.

    Udah beda-beda negara, beda-beda dokumen pula.
    Lucunya, orang kurir nanya “kamu punya uang berapa?”
    Kalo iya wajib karena bea cukai mah gamungkin pake nanya kan?? Ya jumlahnya udah pasti 🤣🤣
    Dari awal ngontek via wa sebenernya udah ragu sama orang yang ngakunya nama Wong_Chang ini tapi make sure sampe ke titik paket ini.
    Pantes aja, ngaku ulang tahun, tapi tak mau di video call.
    Kalo iya orang jujur mah kan seneng kali dibanding chat, bentuk greetingsnya.
    Untungnya tidak baper nic haha
    Hati-hati guys Wong_Chang ini di ig punya akun banyak pula.. Saya pribadi berkontak dengan 2 Wong_Chang, wajah sama tapi ingatan berbeda. Seling 1 bulan wong yang lain menghilang haha
    NO TIPU TIPU GUYS! KEEP SMART, AND MAKE SURE FOR EVERYTHING..
    Alhamdulillah gogling dulu buat orang awam, jadi tau pas baca sini..
    Semoga selalu dilindungi dari segala bentuk kejahatan dan maksiat. AAMIIN

  • Kinanty 20 Juli 2023

    Akupun begitu.. lagi lagi si pria duda dari london berprofesi pilot, mengatakan istrinya mengalami kecelakaan, beranak 2 perempuan berumur 8 dan 5 tahun itu ngechat saya.. dia bilang berasal dari malaysia tapi dr kecil sudah diangkat pamannya di london, awalnya chat begitu saja karna saya sudah bersuami.. dan saya sering juga chat dengan teman2 yg dr luar negri jadi aku anggap itu biasa saja.. tetapi tiba2 dia menanyakan kapan ulang tahunku.. dan dia berkata anaknya juga berulang tahun padaa bulan juli ini juga sama dengan ku.. awalnya dia ingin memberikan aku kado, dan aku menolaknya. Karena aku tidak kenal dan baru kenal dengan dia.. dia mengatakan anak nya ternyata telah membelikan aku hadiah dan dia tidak mau membuat anaknya kecewa… lalu aku bilang, aku tidak bs menerima karna biaya pengiriman nya mahal dan disini juga di kenakan biaya bea cukai, dengan enaknya dia bilang bayar beacukai hanya 3 juta masa tidak mampu, dan aku menjawab.. mungkin dinegara mu 3 juta kecil tapi kalo di negara ku 3 juta bisa memberimakan 1 keluarga.. dan akhirnya dia pasrah sendiri tidak jadi menipuku..
    dari awal aku tau perkenalan semacam ini dimedia sosial hanyalah penipuan. Jangan murah cepat jatuh cinta kepada orang asing.. jika benar dia ingin mengirim barang kepada kita tidak harus membebankan biaya nya kepada kita. Jadi ini hanya sekedar info saja bagi teman teman yang membaca..

  • Tuti 20 Juli 2023

    Sy juga kak,kayanya sy kena tipu.sy berkenalan dengan orang Malaysia bekerja di London.namanya David,ktanya dia jatuh cinta pd sy dn dia belikan sy barang² bagus dn sy harus terima besok Jumat pagi,sy sudah menolaknya tp dia terus memaksa sy untuk menerimanya dn hrus bayar 5jt.
    Itu bagaimana solusinya kak?sy bener² bingung dn takut,

  • Rosdiana 20 Juli 2023

    Sama halx saya hari ini, aku brkenln dgn pria asal malaysia, dia tinggl di london krn krjaan dia sbgai dokter. Dia membrikan saya hadiah brng” branded dan beserta uang di dlmx. Tapi di saat aku ingin minta no resix dia brkta klu di dlm kotak itu sdh ada pnerima dan no resix, tapi dia marah krn aku bilng ksih aku no resix biar aku yg lacak paket itu. Akhirnya dia marah” sma saya, bilng klu aku bodoh dan minta d kembalikan paket dia lewat prushaan dan ingin memenjarakn sya dan kluarga saya. Tpi aku tdk tkut bukti serta chat msih aku simpn sbgai tanda bukti klu dia hnya penipu. Untung saja aku tdk transferkan uang sbnyk 5 jt, tapi anehx ko brang 1 box saja bisa mencapai ongkir 5jt, biasax klu mlakukan pmbyaran kan hrus lewat pos.

    • Ramadanti Catur Khasanah 27 Juli 2023

      Jadi penasaran Mbak, gimana selanjutnya?? Njenengan bayar ga?? Beneran kena tipu??

  • Lala 20 Juli 2023

    Saya sedang mengalaminya sekarang dan saya sedang bingung harus membayarnya apa tidak???

  • Indah 19 Juli 2023

    Pagi semua
    Kejadian yang saya alami hampir sama..
    Kejadian nya baru hari ini..
    Saya berkenalan dengan laki laki dia bernama Sam. Dia tinggal di Amerika dan berasal dari negara Brunai. Dia bekerja sebagai pilot dan memiliki dua orang putri. Berusia 8 tahun dan 5 tahun.
    Singkat cerita kmren hari Selasa dia memberi tahu syaa klo dia akan pergi ke pusar berbelanja an unk membeli kan saya hadiah.
    Karena kedua putri nya sangat mencintai saya…
    Dia juga mengirim vidie waktu di pusat perbelanjaan dan video barang barang yang akan dia berikan ke saya..
    Di video itu ada iPhone.
    Tas.kalung dan jam tangan berlapis emas. Setelah itu dia juga mengirimkan saya Vido waktu dia di tempat pengiriman barang dan memberikan foto resi dari agen pengiriman barang.
    Singkat cerita td pagi pihak agen Kurir nya wa saya memberitahu kan bahwa paket dari Mr Sam sudah tiba di Indonesia.
    Saya sudah curiga..klo emang itu wa dari Indonesia pasti no nya indonesia.ini msih no luar negeri.
    Saya kerjain lg ini kurir .saya bilang kita COD an aja..
    Dia mengatakan tidak bisa COD an karena harus melalui transfer.
    Saya ksih alesn klo saya tidak ada uang..
    Uang yg di minta unk pajak barang itu sebesar 5 juta
    Saya bilang di Indonesia klo saya menerima paket dari luar negeri itu lewat kantor pos Indonesia..
    Pembayaran pajak nya pun langsung pada saat pengambilan barang..
    Lalu kurir itu balas wa saya dengan kata GILA
    Saya balas ..km yang gila dan bodoh.
    Modus seperti ini udah banyak.
    Kalo mau menipu lebih baik sekaolh dl. Akhir no saya di blok sm dia.
    Teman teman hati hati dengan marak nya modus penipun seperti ini .
    Ini kejadian baru bngat saya alami.
    Bertepatan dengan 1 Muharam

    • Marni mewar 23 Juli 2023

      Mbak dari cerita yang saya baca. Kejadian nya seperti yang saya alami sekaran. Sungguh sial

  • Melinda Falensia 17 Juli 2023

    aku juga hampir ketipu mereka bilang paketnya udah sampe indonesia mereka minta aku bayar 500 ribu dan aku mikir ini bener apa ngak ya,mereka juga fotoin paketnya dan mereka juga fotojn salah satu plat nomor indonesia dengan plat F
    aku antara percaya sama ngak tapi alhamdulillah nya sampe sekarang ngak aku bayar

  • Nurhabibah 16 Juli 2023

    Saya juga baru aja kenalan sama orang Malaysia dia bilang skrg tinggal di Polandia karna kerjaan.. semakin lama chatan dia bilang jatuh cinta sama saya dan bilang mau kirim uang dan iPhone ke saya, dia udh kirim vidio hp dan uang nya tapi yg saya bingung saya yg harus kirim ongkir nya seharga dua juta .. apa itu penipuan atau tidak saya bnr bnr bingung

  • Muhammad fachrurozi 16 Juli 2023

    Hampir dan nyaris saya tertipu dan harus bayar paket di bea cukai senilai 15 juta setelah saya baca artikel ini dan baca komentar-komentar netizen saya mendapatkan pencerahan dan memang benar sedang banyak modus penipuan paket barang dari luar negeri.

  • Xxxxxxx 15 Juli 2023

    Saya juga mengalaminya, akan tetapi haruskah dibayar tagihan itu

  • Nur Aulia 12 Juli 2023

    Cerita yang sama Saya juga pertamanya berkenalan dengan duda anak 2 habis itu meminta no wattsaap mengaku bekerja jadi pilot berbicara apa saja abis itu sudah dapet 4 hari katanya putrinya ingin membelikan hadiah untuk saya karna putrinya mencintai saya disitu saya mengganjal tidak pernah telp apalagi video call tiba” putrinya suka sama saya kan mengganjal dia memvideokan membeli barang” branded seperti channell&balanciaga hp iphone 12 pro max katanya hadiah untukk saya dari putri”nya abis itu dia menjelaskan kalau harus bayar 1 juta untuk menebus itu smpai saya di teror harus mentransfer 1 juta itu biar putrinya melihat poto saya beserta hadiahnya sempat percaya sampai saya ingin meminjam Pinjol teman saya untungnya tmn saya belum men transfer uangnya walau saya sudah berkali kali men chatting tmn saya untung saya kasih tau chattingnya sama tmn saya ktanya itu pinjol penipuan katanya teman saya bilang kalau ikhlas dia yang bayarin masa lu disitu saya baru sadar untung tidak di transfer sama teman saya jadinya saya lega saya langsung blokir nomor tersebut dan jam 14.30 sekitar set 3 dia menelpon saya pakai nomor yang yang lain katanya putrinya nangis dan ngncem saya ngabisi hidup saya apakah itu bnarrr😔😔buru” saya blokir lagi nomornya

  • Witha 10 Juli 2023

    Benar sekali teman teman saya pun saat ini tengah tertipu dengan modus ini tapi Alhamdulillah saya tidak terlalu bodoh jika harus mengirimkan uang demi barang dan uang yang belum saya lihat..
    Alhamdulillah Allah masih menyayangi saya dengan tidak mudah mempercayai orang yang awal awal nya menyirami kita dengan cinta dan berujung harus mengirimkan uang 🤭🤭semoga ini menjadi pelajaran yang berharga agar kita tidak Mudha tertipu oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab seperti mereka🙏

    • Lestari 14 Juli 2023

      Terus Kaka punya solusinya apa bisa lolos dr penipuan,itu,

  • Ricky krae 8 Juli 2023

    Selamat malam sahabat semua..saya mau nanya bilamana ada pengiriman paket dari luar negri ke dalam negri tiba dalam bentuk nyata ke tangan alamat penerima dalam negeri,apakah benar penerima harus membyarkan uang sebagai biaya transportasi??? Bukanya sudah di bayar ongkos pengiriman dari negara asal pengirim?

  • Meita Merlina Piri 7 Juli 2023

    Seperti saya juga sedang terjadi sekarang,saya berkenalan dengan orang London setelah sekian hari dia lalu membelikan saya tas,sepatu perhiasan dan parfum kayaknya itu dang 3gepok uang senilai 20.0000dollar kalau di rupiahkan total 200an juta.lalu dia kirim Vidio barang2 itu kepada saya .minta alamat dan tanpa curiga aku memberikannya bahkan dia memberiku resi pengiriman dari London entah asli atau palsu.disitu tertulis estimasi pengiriman tgl 7 dan pada hari kemarin saya sudah menerima pa gilan telepon katanya paket saya sudah ada di Indonesia dan saya harus bayar ide 10.000.000,saya kaget harus sebesar itu.tapi anehnya yang menghubungi saya bukan orang Indonesia tapi orang luar karena dia pakai bahasa inggris.kemudian saya menghubungi orang London itu,dan dia menyuruh saya harus membayar saja paket itu supaya saya bisa menerimanya kalau tidak dia tidak mau tau klau2 ada orang dari perusahaan akan datang bersama polisi.lalu saya hubungi orang yg menghubungi saya tentang paket itu,saya suruh mereka foto paketnya memang ada dalam kardus dan itu ada nama dan alamat saya,bagaimana apakah ini penipuan?? Yg saya kaget saya harus membayar sebanyak 10juta…

    • Olvariza 13 Juli 2023

      Sama banget mbak, saya juga sama persis cerita nya seperti mbak ini. Saya di ancam gitu mau dilaporkan ke polisi

    • Mikania 16 Juli 2023

      Jadi itu gmana kk penipuan bukan
      Soal nya baru terjadi sama aku kk 😭😭😭
      Orang london juga
      Org kurir nya kode tlpon nya +234

    • Mei 16 Juli 2023

      Aku dari orang amerika kak malahan, sama persis dengan yang kakak cerita lan hanya beda negara

      • Fetty Sophie 23 Juli 2023

        Dear All,
        Kode telp +234 itu Nigeria.
        Kalau pengiriman yg official itu bisa ditrack nomor resi di website resmi kurirnya.
        Kalau sampai ada ancaman dari si pemberi hadiah bahwa dari perusahaan itu bawa polisi, jangan khawatir. Posisi kita penerima, yg di push harus bayar itu si pemberi, tapi lain cerita kalau kita belanja online.
        Kalau diteror telpon terus2an, diblok saja. Kalau benar2 mengganggu, bisa kita laporkan ke kepolisian bagian cyber crime.
        Aku beberapa kali dikirimkan paket dari Jepang. Kalau memang niat memberi, akan dicover keseluruhan oleh si pemberi, jadi penerima tidak bayar sepeserpun.

    • Eka 19 Juli 2023

      Bagaimana ini seperti nya aku jg di tipu orang london itu? Apakah kamu membayar uang nya

  • Raden Rinta Margalena Praharani 7 Juli 2023

    Assalamualaikum…
    Hai …
    Saya juga pernah mengalami kejadian seperti ini…awalnya saya di chat oleh orang asing di medsos akunya asli orang Singapura tapi sudah lama di London karena pekerjaan, hari sabtu, 01 juli 2023 ,orang nya berkelas dan berpropesi pilot …kami saling chat dan berakhir di whatapp…orang nya meyakinkan…dia bercerita tentang pencarian cinta nya yg tepat untuk ke2 putrinya …dia mengaku nya duda …dari bagian chatingan nya ada bagian2 yg ganjal …cuman saya ga langsung berkomentar …
    Ntah itu send fhoto nya yg monoton itu itu saja …sama yg sdh di post di medsos di kirim ulang …ntah pas pada saat saya ingin video call d tempat kerja nya …dan banyak lg yg ganjal …saya tau ini saya sdh dalam proses di modusin orang itu …saya tes dengan meminta bantuan untuk membantu kirimkan uang …dia tdk mau alasan nya app di handpon nya lg bermasalah…itu pada hari rabu pagi….nahhh pas hari itu juga malam nya dia malah bercerita ttng rencana nya untuk shoping keperluan pesta ultah putri pertamanya …dan sekalian akan memberikan hadiah untuk saya…respon saya pun biasa saja aslinya …tp saya balas dengan pura2 terkejut dan bahagia dpt kbr itu …nah pas tiba waktu nya kemarin dia send barang2 mewah yg sdh dibelinya untuk di kirim ke alamat saya …dalam hitungan menit dia bisa send 4 barang mewah dr lain tempat …cincin berlian,kalung berlian,jam tangan yg dikelilingi emas serta handpon iPon 12promax…semakin terbahak2 saya ketawa melihat ini semua …dia bilang hadiah sdh di kirimkan lewat post expres..1hari sampai …
    Ee betul jumat ni hari 6 juli 2023 …pukul 9 saya lagi brosing google untuk mencari tau ttng masalah ini …fakta
    1. Pengiriman internasional expres paling cepat 3 sampai 4 hari …ini baru 1 hr sdh sampai
    2. Saya ada whatapp masuk dari kurir pengiriman
    *Saya Pak Ahmad dari layanan pengiriman kurir internasional DHL*
    Dikabari paket saya sdh sampai di Indonesia dan isinya
    *Anda harus membayar 5 juta untuk biaya izin*
    *Setelah pembayaran, paket Anda akan dikirimkan ke alamat Anda dengan aman dan selamat*

    Saya yakin saya bukan merasa takut rasanya ingin balik ngerjain mereka …
    Menurut pengalaman saya pengiriman internasional yg menghubungi konsumennya atau penerima paketnya bukan dari kurir langsung …
    Melainkan dari managemen perusahaan jasa pengiriman nya kurir hanya mengantarkan paket setelah proses bea Cukai ok
    Itu penipu yg kurang tingkat pendidikan nya …😅🤣
    Terus no tracking otomatis di dpt dari tempat jasa pengiriman asal paket itu …dan pengirim wajib tau ..tanpa dibeli …
    Nahhh penipu itu sewaktu dimintai no tracking nya dia mengelak malah minta tarif 2jt …itu bodohnya penipu kurir…
    Makin ingin ngerjain …
    Saya minta untuk dikirimkan invoice nya …dan saya akan langsung tf bila sdh terima invoice …ini pun kurir penipu itu mengelak dalihnya perusahaan nya tidak mengijinkan…
    Saya balas dengan bahasa yg halus tp pedas

    Pak Ahmad yg terhormat …
    Kalau anda mau menipu orang tolong anda sekolah dulu yang tinggi …jadi anda faham bila menghadapi korban yg pintar anda tidak akan ketahuan bohong nya …

    Nahhh itu mungkin pelajaran yg berharga untuk saya agar saya tdk cepat percaya,polos dan terbawa perasaan pada orang yg baru kenal apalagi di medsos ..
    Ok gays berhati-hati lah dalam mencari teman di jejaring sosial agar selalu terhindar dari segala modus penipuan …

    Semoga kita semua selalu dilindungi oleh Allah dari semua yang berniat jahat dan zholim …aamiin ya robb 🤲🏻🤲🏻🙏🏻🙏🏻🙏🏻

    • Mei 16 Juli 2023

      Kak, apa dia mempunyai 2 anak? Apa dia bilang istrinya sudah meninggal dan dia duda dan berprofesi sebagai pilot, jika iya brrti yang sedang chat saya orang itu🥺

  • Anton 7 Juli 2023

    Wah aku hampir tertipu juga. Modus nya sama nih.. kasus ini marak sekali. Semoga kita semua dalam lindungan Allah swt . Terhindar dari penipuan

  • Yulia 6 Juli 2023

    Aduh saya juga sama kejadian nya seperti itu,dia maksa minta no WhatsApp alasan nya mau mencari pertemanan,awal nya saya tidak kasih karena takut,tp tidak tau kenapa saya memberikan no whattsap dan alamat rumah saya karena kata katanya meyakinkan,dia bilang mau membrikan beberapa barang untuk saya katanya dari anak nya untuk saya.isi nya berupa handphone,sejumlah uang dolar,jam tangan…setelah dia meyakinkan saya dengan memberikan vidio posisi dia sedang di tempat pengiriman barang,dan vidio barang yg akan di kirim,ya sudah saya percaya begitu saja…tp setelah itu dia bilang kalo barangnya sudah sampe ke rumah saya harus menebus nya sebesar Rp.3000.000…saya kaget ko bisa kaya gitu,saya bilang saya tidak mau,di memakasa untuk menebusnya karena barang sudah di kirim..terus dia bilang nya saya sudah simpan uang sejumlah 30.000$ untuk mengganti uang yg 3000.000…
    Yaalloh berasa di tipu bgt…ini gimana nasib saya sekarang…tolong saya untuk mencari jalan keluarnya,
    Karena orang yg bersangkutan tidak bisa di hubungi😭

  • Marisa 4 Juli 2023

    Hai
    Selamat pagi
    Saya juga sama mengalami sprti kalian semua.
    Saya berkenalan dengan orang London.kemarin dia belanja tas sepatu perhiasan dan sejumlah uang banyak d dalam paket.dan pagi ini ada wa dari pengiriman kata nya aku
    aku harus membayar 3juta
    Dan saya bicara nya ketus sama dia.
    Dia bilang klo bicara yang sopan .lah saya cuma menanyakan nama paket yang dia kirim d kotak paket doang dia masih maksa utk hrs bayar skrg juga.saya tanya paket ada d mana skrg dia blg ada d bandara Soekarno Hatta dn saya harus kesana.
    Ini aja dh keciri bgt menipu.saya liat bukti pengiriman di kotak kerdus itu trtulis CANADA sedang org yg kirim LONDON..
    Yah bgt lah ….
    Semoga teman teman tetap waspada ya .jika kita berkenalan d sosmed yg ujung ujungnya uang jgn mau utk transfer atau berikan.
    Penipuan banyak soalnya.☺️

    • rara 10 Juli 2023

      Kalo boleh tau paket nya tetep kaka bayar atau gak kak?
      Terus kalo sudah terlanjur kita kasih alamaf kita gimana kak?
      mohon di jawab

  • DesySriana 3 Juli 2023

    Kalau kita sudah terlanjur kirim alamat bagaimana solusinya 🙏

    • Ainnun 10 Juli 2023

      Iya tolong kakak kakak bagaimana solusinya jika sudah terlanjur kirim alamat?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *