Logistik

Apakah Penerima Paket dari Luar Negeri Harus Bayar?

pekerja gudang sedang mengelola paket dari luar negeri

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memungkinkan Anda untuk dapat mengirim atau menerima barang dari luar negeri dengan lebih mudah. Saat ini telah banyak jasa ekspedisi yang menawarkan jasa pengiriman baik dari maupun ke luar negeri dengan proses yang mudah dan waktu yang tidak terlalu lama. Meskipun barang dan ongkos kirim telah dibayar, apakah menerima paket dari luar negeri harus bayar?

Tidak sedikit orang Indonesia yang menerima paket dari China baik dari keluarga yang bekerja dari sana maupun karena membeli barang secara online. Saat ini melakukan pengiriman barang baik dari maupun ke luar negeri memang bisa dilakukan dengan lebih mudah. Hal ini juga yang membuat banyak orang mulai tertarik untuk berbelanja dari toko online di luar negeri.

Berbelanja online dari luar negeri secara langsung memang bisa memberikan banyak keuntungan. Selain harga yang lebih murah, kualitas barang yang dijual biasanya juga lebih terjamin. Meskipun begitu, Anda perlu mempertimbangkan biaya pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia dan biaya lain yang mungkin akan dibebankan nantinya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apakah ada biaya yang harus dibayar jika menerima paket dari luar negeri, yuk simak ulasan berikut ini!

Penerima Paket dari Luar Negeri Harus Bayar Pajak

Tidak sedikit orang yang masih bingung jika menerima paket dari luar negeri apakah harus ada biaya yang perlu dibayar atau tidak. Sebenarnya menerima paket dari luar negeri memang ada beberapa biaya yang perlu Anda keluarkan. Akan tetapi biaya tersebut sebenarnya termasuk dalam pajak. Jadi jika ada pertanyaan apakah paket dari luar negeri kena pajak, maka jawabannya adalah IYA.

Sebelum  membahas tentang pajak untuk paket dari luar negeri, perlu Anda ketahui, bahwa saat ini semakin marak modus penipuan dengan berkedok mendapatkan paket hadiah dari luar negeri.  Biasanya  seseorang akan menawarkan Anda hadiah yang berasal dari luar negeri namun sebelumnya Anda harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu. Jika menemukan hal bisa jadi Anda tengah mengalami ciri-ciri penipuan paket luar negeri.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Kirim Paket ke Luar Negeri, Gampang!

Pengiriman barang dari luar negeri berarti termasuk dalam import. Itu artinya jika Anda menerima paket dari luar negeri maka akan ada biaya bea cukai yang perlu dibayar. Hal ini juga telah dijelaskan dalam Peraturan Menteri Keuangan No. PMK 199/PMK.10/2019 tentang aturan pajak dan bea masuk barang impor. Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa barang kiriman dari luar negeri dengan harga lebih dari $3 akan dikenakan pungutan pajak.

Untuk menghindari penipuan pengiriman paket dari luar negeri, Anda juga perlu tahu besaran pajak yang dikenakan untuk barang import. Berikut rinciannya:

  • Kategori barang umum dikenakan pajak 17.5% dari nilai barang dan ongkos kirim ke Indonesia
  • Kategori tas dikenakan pajak 32.2% – 42% dari nilai barang dan ongkos kirim
  • Kategori sepatu dikenakan pajak 42.5% – 50% dari nilai total barang dan ongkos kirim
  • Kategori pakaian dikenakan pajak 32.5% – 45% dari nilai barang dan ongkos kirim

Cara Membayar Pajak Paket dari Luar Negeri

Selain harus tahu cara melacak paket dari luar negeri agar selamat sampai tujuan, Anda juga perlu tahu bagaimana cara membayar pajak untuk barang yang diterima dari luar negeri. Secara umum, untuk di Indonesia sendiri cara membayar pajak paket adalah melalui kantor pos Indonesia

jasa pengiriman barang internasional termurah

Untuk  membayar pajak barang impor adalah melalui Kantor Pos. Untuk jenis ini, sebelum paket masuk ke Indonesia bea cukai telah menetapkan biaya cukai terlebih dahulu. Selanjutnya paket dikirim ke kantor Pos untuk disampaikan ke penerima barang.

Pada tahap ini, biasanya petugas pos akan mengirimkan contoh bukti pengiriman paket dari luar negeri atau surat penagihan kepada penerima paket. Selanjutnya penerima paket tinggal datang ke kantor pos terdekat untuk melakukan pembayaran dan sekaligus pengambilan paket yang telah diterima.

Sebenarnya ada cara lain untuk membayar pajak pengiriman barang dari luar negeri yaitu dengan melalui ekspedisi luar negeri. Akan tetapi cara ini biasanya hanya digunakan oleh perusahaan yang melakukan import dalam jumlah cukup besar.

Modus Penipuan Pengiriman Paket dari Luar Negeri

Beberapa waktu belakangan ini sepertinya semakin marak modus penipuan pengiriman paket dari luar negeri. Biasanya modus ini menyasar untuk orang-orang yang kerap menggunakan media sosial. 

Baca juga: Berapa Lama Paket dari China ke Indonesia? Yuk, Cari Tahu!

Pelaku penipuan akan berpura-pura bahwa target mendapatkan hadiah berupa barang mewah dengan harga cukup mahal yang dikirim dari luar negeri. Untuk menyakinkan korban, pelaku bekerja sama dengan orang lain yang bertugas sebagai kurir dan meminta korban untuk meminta membayar pajak barang mewah dari luar negeri yang telah Anda menangkan tersebut.

Pastikan Anda jangan sampai tergoda dengan penawaran tersebut. Karena jika sampai tergoda dan mentransfer uang, maka sudah pasti pelaku akan langsung menghilang dan Anda juga kehilangan uang tersebut. Jadi sebelum percaya pastikan dulu pelaku dapat menunjukkan bukti barang keluar dari gudang bea cukai dengan surat penagihan pajak yang resmi. Jika tidak bisa menunjukkan, sudah pasti itu merupakan modus penipuan.

Modus Penipuan dengan Menggunakan APK Melalui WhatsApp

Saat ini, siapa yang tidak menggunakan WhatsApp untuk komunikasi sehari-hari? Nah, ternyata penipu juga memanfaatkan platform ini untuk menipu para korbannya. Caranya adalah dengan berpura-pura menjadi kurir paket. Dalam pesan WhatsApp, pelaku akan mengirim aplikasi, dan jika Anda berhasil mendownloadnya, maka seluruh data penting Anda terkait dengan perbankan akan bocor. Modus penipuan ini dinamakan dengan sniffling, yang bertujuan untuk mencuri data serta informasi perbankan, kartu kredit, maupun password email Anda. Agar Anda terhindar dari modus penipuan berkedok kurir ini, apabila Anda menemukan ada kiriman file dengan ekstensi apk. dari nomor tidak dikenal, sebaiknya Anda abaikan atau sekalian blok jika perlu. Anda bisa cek apakah nomor tersebut penipu atau bukan melalui aplikasi seperti Get Contact dan True Caller.

1,545 Comments

  • Novi 19 Agustus 2023

    Saya juga sudah alami penipuan yang sama dan teman saya dari London datang untuk menolong saya karena saya bayar ke mereka sekitar 100 juta tapi waktu turun di bandara juli 2022 malah Dia ditahan karena bawah mat uang asing.
    Saya harus bayar supaya dia dilepaskan. 1 Minggu dia ditahan akhirnya Dia kembali ke UK tapi merasa kasihan pada saya maka Dia titipkan paket 1 untuk membantu saya di tangan salah seorang penguasa waktu menahan Dia dan penguasa itu seorang Jenderal.
    Nama dan fotonya ada pada kami
    Tapi hingga hari ini mereka tidak kirim paket maupun titipan saya.
    Mereka ingin saya kirim uang terus.

    Saya maunya viralkan Jenderal ini tapi masih ingat belas kasihan.

    Entah kapan mereka ada hati

    Pak Jenderal tolong dong
    Saya harus bayar utang gara2 Pak dan kawan² memaksa saya terus.

    Manusia punya batas pak
    Foto pak pakai pakaian dinas lengkap bintang 4 mana menyusahkan rakyat miskin.

    Ciri² nya berkumis dan umurnya sudah di atas 50 an.

  • Sila 18 Agustus 2023

    Iya saya sama ngakunya cinta ingin ngasih hadih .GK tau klu pket sampai harus bayar dlu 5jt .nama Instagram Dumadi leo

  • Ina 18 Agustus 2023

    Saya juga pernah DM di ig SM seorg pilot. Ktnya punya 2 ank perempuan, sy dikirimkan kegiatan mrk dgn cr mengirimkan foto2 dan video. Lalu dia bilang ankny2 mau mengirimkan saya hadiah. Pas tgl 16 Agustus 2023 dia katanya ke kantor pos utk mengirimkan paket tersebut dia kena denda 10% yg katanya total biaya 150jt. Trs kemaren Kamis, 17 Agustus 2023 tiba2 ada wa sy katanya dr kurir panjanglah chatnya. Sy minta sura resmi dr bea cukai dia ngotot katanya saya tidak mengerti yg dia mksd dlm chat dia. Trs saya abaikan saja chat terakhirnya males bngt ngurusin penipuan gt. Trs pas sore si penipu DM sy tp sy abaikan saja GK sy buka2..

    • Alifia 28 Agustus 2023

      Ka ina saya juga baru mengalami ini dan profesinya juga sbg pilot dengan 2 anak, apakah bisa di share nama akun IG nya supaya saya bisa waspada juga dan ini sama persis yg sedang saya alami

  • Lutfiah 17 Agustus 2023

    Dan mereka mengancam jika saya tidak membayar mereka akan melaporkan
    Saya ke FBI. Bagaimana? Apa ini benar itu akun resmi? Saya benar2 takut. Saya tidak punya uang sebanyak itu🙏

  • Lutfiah 17 Agustus 2023

    Saya juga dari kemarin saya di tawari berbagai barang mewah oleh wong chang asal Korea, dan saya di chat secara pribadi lewat email globalfastshippingcompany4@gmail.com awalnya suruh membayar pajak 2jt trs skrng nego 500 ribu. Apa benar ini penipuan? Mohon saran dan jawaban yang pasti.

    • Heni 11 Juni 2024

      Betul kak, Hati2 sama akun Ig Dumadi Leo
      Aku kmrn juga KY gitu, mau dikirim hadiah2 mewah dan dia juga bilang klo menyelipkan uang 25rb dollar.
      Mana ada orang sebaik itu, baru kenal 3hari SDH mau kirimkan barang2 mewah dan uangnya 😄 Aneh Khan…
      Mskipun SDH terlanjur kirim alamat,tp aku kasihnya pun sengaja gak lengkap 😅 tanpa kode pos..
      So selama kita tidak mau menerima paket itu, kita tidak akan kena masalah kok kak..
      Aneh yaa, kode area Nigeria tp tinggal di London
      Sayang banget cakep2 penipu 🤣🤣
      Untungnya lagi aku jg punya temen yg tinggal di luar negeri, Jd saat si Leo ini mau kirimkan hadiah dan bilang aku disuruh ngikuti petunjuk petugas pos’nya itu ..aku lsg konsultasi sm temenku yg di Belanda..
      Dan dia menjelaskan, semua barang yg DTG ke Indonesia pasti melalui bea cukai, dan pihak bea cukai nnt akan konfirmasi ke kita by phone..apakah kita mau menerima paket itu dg membayar biaya pajaknya…Jd saat ada telpon dr kantor bea cukai itu, kita bilang aj klo kita menolak barang2 kiriman itu karena kita merasa tidak membeli barang2 itu dr LN..trus klo misalkan barang2 itu tiba2 nyelonong aj dikirim kerumah, lsg tolak aj dan jangan ada yg mau tanda tangan misalkan disuruh tanda tangan dengan berbagai alasan..
      Jadi kesimpulannya jika kita memiliki kenalan dr medsos dan mengiming2i hadiah atau apapun itu kita harus ttp waspada dan pakai logika yaa..intinya skrg ini Khan jamannya orang susah cari kerjaan, Jd gak mungkin banget ada orang yg mau memberikan hadiah2 mewah secara cuma2 kecuali itu penipu 😄

  • Rus 17 Agustus 2023

    Ka aku ada kenalan katanya orang london dia mau ngirim aku hadiah ,trus aku jawab udah ka jngan akunya gak punya uang buat bayarnya,london katanya udah dikirim sebelum di ambil suruh bayar dulu aku jawab lagi kan aku blang lagi ka jngan akunya gak ada uangnya ,london uang nya ada di dalam kotak itu buat gantiin uang kmu gtu ktanya,itu termasuk penipuan bukan ya ka

  • Benci penipu nigeria 17 Agustus 2023

    Ini kejadiannya baru kemaren.. tapi syukurlah saya telah membloknya dan menolak pemberian nya walau saya sudah terlanjur memberikan alamat.

    Benar aneh , pelaku dengan nomor orang nigeria mengaku bernama Muhammad sherif kerja sebagai pilot di London dan pernah kerja di Singapura. Dia berencana memberikan ku hadiah persahabatan. Ketika saya menolak dia merasa marah dan sedih dalam bahasa inggris. Dan akhirnya karena aku baik aku terima kata dia… Trus tiba tiba dia postkan kalo dia beli ini itu di mall dengan Poto yang sedikit mencurigakan seperti foto google. Barang yang dia mau berikan itu terlalu mahal.. dan aku mencoba menolaknya. Akhirnya dia marah juga merasa aku tidak menghargai nya.. karena aku baikkan aku menjadi berubah pikiran 😂

    Disisi lain aku keberatan menerima itu , aku coba test dia jika aku mau barang dari dia, belikan aku 1 benda yang paling murah seperti buku cerita. Tapi dia memberikan alasan dia tidak sempat ketemu buku dan dia memberikan penegasan untuk memberikan benda yang mau dia berikan asalkan dia bahagia.

    Lol banget. Karena aku masih keberatan aku seraching lagi nama dia di Instagram, nah disinilah aku mulai curiga, banyak akun yang menggunakan foto dia. Kemudian aku tanya dia, kenapa kamu memiliki banyak akun, dengan bohongnya dia menjawab itu hanya akun yang belum terverifikasi. Dan dia tiba tiba memfotokan mengirimkan tempat kantor post yang buram( foto google kantor UK) nah disitulah hatiku mulai was was… Setelah itu langsung dia pamer kan video kalo dia akan mengirimkan uang jutaan. Yg mau dia selipkan dalam paket. Disaat itulah aku mulai tidak percaya.. aku langsung memblokir dia dan melaporkan akun bisnisnya. Dan aku langsung mengeblok semua akun Instagram yang menggunakan nama dia dan menggunakan Poto dia. Tak lupa aku jua menghapus alamat yang terlahir aku berikan sama dia.

    Aku harap barang itu tidak jadi dia kirim dan jika iya sudah tiba di Indonesia aku tidak akan menerima dan bersedia untuk membayar apapun ..karena ini penipuan. Aku sudah mensreenshot percakapan dia.

    Benar aneh dia masak org baru dia kenal mau dia kasih uang jutaan. Dan barang branded mewah. Anjir penipu

  • Iin 17 Agustus 2023

    Bagaimana cara menolak barang yang sudah dikirim kan?
    Saya baru-baru ini dikirimkan paket, berupa tas, emas, sepatu, iphone dan laptop.
    Minta saran dong dari teman-teman yang sudah mengalaminya.
    Terima kasih

  • NoorSaidah 16 Agustus 2023

    Saya juga mengalami hal yang sama, sudah memberikan alamat rumah , dan kata orang yang dari London mau mengirimkan hadiah untuk saya tetapi saya harus bayar pajak bea cukai sebanyak 3 jt, dan saya bilang nanti saya langsung mau menanyakan ke tempat pos di mana saya tinggal, akan tetapi dia menjawab itu harus anda sendiri yang membayar nya dan tidak ada hubungannya dengan pos di tempat tinggal anda , apakah benar tidak berhubungan antara bea cukai luar negeri dengan pos di tempat tinggal kita?

    • Widiyawati 18 Agustus 2023

      Mba kirim alamat lengkap gak atau cuma kaya alamat nya tanpa kode pos atau tinggal dimana nya

  • Juntak 15 Agustus 2023

    Tidak masalah kalau sudah terlanjur kirim alamat, dsb, karena penipu pasti takut juga dia ketahuan, bawa santai aja yang pasti jangan di ladenin lagi…

  • Bbylove 15 Agustus 2023

    Wah aku juga lagi kenak tipu donk ini.aku tuh kenal cowo Jpng terus dia ngirim foto dan video kalo dia udah belanja sama ngirim ke pos,aku udah tnya dia sudah bayar oleh pengirim tapi minta uang pajak 1.000.00 ke ak.terus tuh ngaku yang jadi kurir nya itu tak minta resi nya malah ngelantur kalo barang harus di hantarkan sama mereka secara langsung,minta nomor rekening lagii.fix sihh

  • rahayusesya 14 Agustus 2023

    aku juga lagi kena kasus ini aku jadi worry banget kalo bener di mintain duit sebegitu banyaknya😭😭

  • Juliana 14 Agustus 2023

    Saya juga mengalaminya. Harus melunasi biaya pajak 5 juta baru bisa mengambil paketnya.
    Karena saya tidak punya uang akhirnya saya minta pihak jasa pengiriman mengembalikan paket ke pengirim.
    Saya curiga penipuan karena pihak pengiriman mendesak-desak saya untuk segera melunasinya.
    Nomor rekeningnya juga pribadi. Bukan perusahaan.
    Hati-hati.

  • Umihafidho 13 Agustus 2023

    Setelah kejadian kayak gitu gimana kak, apa terjadi masalah? Soalnya saya hampir menjadi korbannya juga

  • Arni 13 Agustus 2023

    Maaf ya saudara saudariku,saya Arni Sipayung,saya sudah transfer 4jy,dan sipengirim minta lagi agar dikirimkan lagi 2jt,agar paket sampai pada saya,dan sipengirim ngakunya sangat mencintaimu,dan katena cintanya,akan aku,ia akan mengirimkan hadiah untukku,kayanya sih dia tidak suka melihat saya menderita,dan paket itu dia tidak rela jika pihak bea cukai yang menikmati hasilnya,atau pria lain,juga iakatakan paket itu milikku

  • Duwi miarso 12 Agustus 2023

    Saya juga lagi mengalami itu orang nya dari london juga,, dia janda anak 2 ,,bilang mau berinvestasi di Indonesia di dekat tempat tinggal saya dan dia ingin menitipkan box berisi uang 215jt melalui pengiriman awalnya saya tidak curiga karena tidak di mintai uang hanya di minta alamat dan nomor hp aja setlah barang itu sampai jakarta baru saya curiga karna pihak bandara meminta bayar administrasi sebesar 4jt jika barang sampai nanti,,, ini sekarang barangnya lagi menuju ke alamat saya di kepulauan Riau,,,
    Bagaimana caranya kengurusi masalah ini? apakah barang nya bisa di tolak?? Tolong dong yang tau kasih solusi nya

  • Yanti Suprianti 10 Agustus 2023

    Tolong di solusi dunk ka saya juga akan dikirimkan barang dari luar negeri…seperti tas,perhiasan,jam,sepatu dan iPhone.tp saya disuruh bayar ongkos kirim 2 juta katanya ntr dikirim alamat rumah klw dah bayar uang pengiriman nya..apa ini penipuan??

  • Tiani 10 Agustus 2023

    Suami saya kena tipu uang lenyap dengan sekejap 7 juta 500 paket dari Suriah yg bernama Lovely Hills dan saya percaya saja sama omongan suami. Malah di transfer atas nama Sri Wahyuni bagaimana cara mengambil uang itu,sunguh bingung.

  • Nur Aini 10 Agustus 2023

    Saya juga mengalami hal yang sama kak
    Saya disuruh bayar 3 jt dan sudah terlanjur megasih alamat saya .
    Bagaimana kak saya agak curiga dari awal dan sampai sekarang meminta saya tf di no rekening BRI atas nama M.sofian fiki
    Saya sudah tg 500ribu kak dan saya harus segera melunasinya . Apa yang harus saya lakukan kak
    Saya takut skrng bingung

    • Ade siti burhan 12 Agustus 2023

      Kira2 seperti apa orang nya mba .aku kenalan dri tok tok namnya muhammad jeffrey duda anak 2 asl malaysia kerja uk london pilot

    • Yunerista 20 Agustus 2023

      Kok sama yha,,saya pan baru mengalaminya,nama IG Kelvin naron orang bangkok tinggalnya di London pilot,duda anak satu,mau kirimin saya perhiasan, iPhone sama uang,,sampai mengirim nomor resi biar saya melacak paketnya sdh di mna,dan benar paketnya sementara berjalan,terus kurirnya menghubungi saya,katanya barang sudah sampai Indonesia,tapi harus bayar beacukai 8jeti,,tapi transfer uangnya lewat nomor rekeningnya,,dan lebih tidak percayanya lagi,orang luar negeri Menggunakan nomor rek BRI

  • Jihan 8 Agustus 2023

    Saya juga mengalami hal seperti itu
    Dia follow aku di ig dan berlanjut ke wa
    Nama nya Hassan Kelvin dia mengaku kalau dia dari Filipina bekerja sebagai pilot di london
    Kata nya dia mau ngirimin aku hadiah berupa iPhone baju emas tas sepatu ,
    Dan dia meminta alamat dan saya kasih alamat saya ,dan kata nya dalam 2 hari paket nya akan datang ,Trs kata nya saya akan bayar uang pengiriman dan akan mendapatkan pesan
    Ha Disini saya takut bangettt saya sudah kasih alamat dan itu tidak apa?
    Saya takut menjadi masalah nanti nyaa
    Tolong bantu ya teman teman …

    • Indah 19 Agustus 2023

      Kak kelanjutannya seperti apa?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *