Logistik

Apakah Penerima Paket dari Luar Negeri Harus Bayar?

pekerja gudang sedang mengelola paket dari luar negeri

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memungkinkan Anda untuk dapat mengirim atau menerima barang dari luar negeri dengan lebih mudah. Saat ini telah banyak jasa ekspedisi yang menawarkan jasa pengiriman baik dari maupun ke luar negeri dengan proses yang mudah dan waktu yang tidak terlalu lama. Meskipun barang dan ongkos kirim telah dibayar, apakah menerima paket dari luar negeri harus bayar?

Tidak sedikit orang Indonesia yang menerima paket dari China baik dari keluarga yang bekerja dari sana maupun karena membeli barang secara online. Saat ini melakukan pengiriman barang baik dari maupun ke luar negeri memang bisa dilakukan dengan lebih mudah. Hal ini juga yang membuat banyak orang mulai tertarik untuk berbelanja dari toko online di luar negeri.

Berbelanja online dari luar negeri secara langsung memang bisa memberikan banyak keuntungan. Selain harga yang lebih murah, kualitas barang yang dijual biasanya juga lebih terjamin. Meskipun begitu, Anda perlu mempertimbangkan biaya pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia dan biaya lain yang mungkin akan dibebankan nantinya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apakah ada biaya yang harus dibayar jika menerima paket dari luar negeri, yuk simak ulasan berikut ini!

Penerima Paket dari Luar Negeri Harus Bayar Pajak

Tidak sedikit orang yang masih bingung jika menerima paket dari luar negeri apakah harus ada biaya yang perlu dibayar atau tidak. Sebenarnya menerima paket dari luar negeri memang ada beberapa biaya yang perlu Anda keluarkan. Akan tetapi biaya tersebut sebenarnya termasuk dalam pajak. Jadi jika ada pertanyaan apakah paket dari luar negeri kena pajak, maka jawabannya adalah IYA.

Sebelum  membahas tentang pajak untuk paket dari luar negeri, perlu Anda ketahui, bahwa saat ini semakin marak modus penipuan dengan berkedok mendapatkan paket hadiah dari luar negeri.  Biasanya  seseorang akan menawarkan Anda hadiah yang berasal dari luar negeri namun sebelumnya Anda harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu. Jika menemukan hal bisa jadi Anda tengah mengalami ciri-ciri penipuan paket luar negeri.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Kirim Paket ke Luar Negeri, Gampang!

Pengiriman barang dari luar negeri berarti termasuk dalam import. Itu artinya jika Anda menerima paket dari luar negeri maka akan ada biaya bea cukai yang perlu dibayar. Hal ini juga telah dijelaskan dalam Peraturan Menteri Keuangan No. PMK 199/PMK.10/2019 tentang aturan pajak dan bea masuk barang impor. Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa barang kiriman dari luar negeri dengan harga lebih dari $3 akan dikenakan pungutan pajak.

Untuk menghindari penipuan pengiriman paket dari luar negeri, Anda juga perlu tahu besaran pajak yang dikenakan untuk barang import. Berikut rinciannya:

  • Kategori barang umum dikenakan pajak 17.5% dari nilai barang dan ongkos kirim ke Indonesia
  • Kategori tas dikenakan pajak 32.2% – 42% dari nilai barang dan ongkos kirim
  • Kategori sepatu dikenakan pajak 42.5% – 50% dari nilai total barang dan ongkos kirim
  • Kategori pakaian dikenakan pajak 32.5% – 45% dari nilai barang dan ongkos kirim

Cara Membayar Pajak Paket dari Luar Negeri

Selain harus tahu cara melacak paket dari luar negeri agar selamat sampai tujuan, Anda juga perlu tahu bagaimana cara membayar pajak untuk barang yang diterima dari luar negeri. Secara umum, untuk di Indonesia sendiri cara membayar pajak paket adalah melalui kantor pos Indonesia

jasa pengiriman barang internasional termurah

Untuk  membayar pajak barang impor adalah melalui Kantor Pos. Untuk jenis ini, sebelum paket masuk ke Indonesia bea cukai telah menetapkan biaya cukai terlebih dahulu. Selanjutnya paket dikirim ke kantor Pos untuk disampaikan ke penerima barang.

Pada tahap ini, biasanya petugas pos akan mengirimkan contoh bukti pengiriman paket dari luar negeri atau surat penagihan kepada penerima paket. Selanjutnya penerima paket tinggal datang ke kantor pos terdekat untuk melakukan pembayaran dan sekaligus pengambilan paket yang telah diterima.

Sebenarnya ada cara lain untuk membayar pajak pengiriman barang dari luar negeri yaitu dengan melalui ekspedisi luar negeri. Akan tetapi cara ini biasanya hanya digunakan oleh perusahaan yang melakukan import dalam jumlah cukup besar.

Modus Penipuan Pengiriman Paket dari Luar Negeri

Beberapa waktu belakangan ini sepertinya semakin marak modus penipuan pengiriman paket dari luar negeri. Biasanya modus ini menyasar untuk orang-orang yang kerap menggunakan media sosial. 

Baca juga: Berapa Lama Paket dari China ke Indonesia? Yuk, Cari Tahu!

Pelaku penipuan akan berpura-pura bahwa target mendapatkan hadiah berupa barang mewah dengan harga cukup mahal yang dikirim dari luar negeri. Untuk menyakinkan korban, pelaku bekerja sama dengan orang lain yang bertugas sebagai kurir dan meminta korban untuk meminta membayar pajak barang mewah dari luar negeri yang telah Anda menangkan tersebut.

Pastikan Anda jangan sampai tergoda dengan penawaran tersebut. Karena jika sampai tergoda dan mentransfer uang, maka sudah pasti pelaku akan langsung menghilang dan Anda juga kehilangan uang tersebut. Jadi sebelum percaya pastikan dulu pelaku dapat menunjukkan bukti barang keluar dari gudang bea cukai dengan surat penagihan pajak yang resmi. Jika tidak bisa menunjukkan, sudah pasti itu merupakan modus penipuan.

Modus Penipuan dengan Menggunakan APK Melalui WhatsApp

Saat ini, siapa yang tidak menggunakan WhatsApp untuk komunikasi sehari-hari? Nah, ternyata penipu juga memanfaatkan platform ini untuk menipu para korbannya. Caranya adalah dengan berpura-pura menjadi kurir paket. Dalam pesan WhatsApp, pelaku akan mengirim aplikasi, dan jika Anda berhasil mendownloadnya, maka seluruh data penting Anda terkait dengan perbankan akan bocor. Modus penipuan ini dinamakan dengan sniffling, yang bertujuan untuk mencuri data serta informasi perbankan, kartu kredit, maupun password email Anda. Agar Anda terhindar dari modus penipuan berkedok kurir ini, apabila Anda menemukan ada kiriman file dengan ekstensi apk. dari nomor tidak dikenal, sebaiknya Anda abaikan atau sekalian blok jika perlu. Anda bisa cek apakah nomor tersebut penipu atau bukan melalui aplikasi seperti Get Contact dan True Caller.

1,547 Comments

  • ipe 16 Oktober 2023

    untuk semua korban saya ucapkan salam kenal dan terimakasih atas saran dan informasinya, aku juga sama, aku kenal dengan orang di London asli Makasar, sebelum aku mengenal lebih jauh org itu aku sdh menyelidiki dia, dia banyak di cari org. dia juga memberikanku dan mengirimkanku gambar dan video brg” mahal, katanya sdh di kirimkan ke indonesia, aku g tau benar atau tidak, namun saya harus memenuhi persyaratannya, aku di tlp mengaku dari pihak perusahaan pengiriman barang luar negeri, aku harus mentransfer uang 7 juta, dari mana dapat uang sebesar itu, ya sekalian aja aku kerjain orgnya dg pura” mencari uang ke sana kemari padahal hanya duduk di rmh saja, aku tak kuat nahan tawa saat mengerjainya. untuk kedepannya semuanya kita harus lebih waspada dalam penipuan seperti apapun itu, jangan pernah mau mengirim uang jika kita tidak benar” mengenal org trsbt. semoga orang yang di cari cepat ketemu dan tertangkap.

  • yyyy 16 Oktober 2023

    saya dikirim hadiah dr itali tapi saya disiruh bayar ongkirnya wkwkw 1 juta , trs dia bilang dia tidak bisa membayar , karena perusaahan tidak mengizinkan untuk membayar , perusaahhaan mana yg begitu dimana mana dia yg ngasih hadiah dia yg nanggung pengirimnya ahahaha
    lamgsung auto ulti . kalo begitu anda kirim saja kerekening saya jika paket sudah datang aku akan membayar , kebanyakkan drama sedih hahahahah
    modus

  • Kim 16 Oktober 2023

    Aku barusan juga ada kek begitu, awalnya kan dia chat suruh bayar 500 rupiah, nah ku kasih lah 500 rupiah eh tiba-tiba dia bilang nya 500 ribu mana ngotot lagi suruh bayar😂😂

  • Ella 16 Oktober 2023

    Saya mengalami barusan dia mau kirim iPhone emas tas branded sama sepatu
    Tapi ko saya harus bayar 3 juta yah
    Ada admin global kurir
    Minta 3 juta
    Tapi masa masih bisa di nego 2 juta aja
    Sebener nya ini penipuan ga sih
    Mumpung belom di transfer karna baca ini

  • Umi sangadah 15 Oktober 2023

    Saya juga dapat kenalan dari orang London dia duda anak 1 istrinya sudah meninggal 2 thn yang lalu dia bekerja sebagai pilot dan katanya ingin memberi ku hadiah baju, tas sama kalung sama uang 5 ribu dollar di masukan di dalam paket, katanya paketnya sedang dalam perjalanan dan suruh membayar uang cukai 3 jt apakah ini penipuan juga? Dan saya tidak punya uang sebanyak itu

  • Rikha 15 Oktober 2023

    Sama, aku jg baru mengalaminya,..kalau aq lewat WA , ktnya dia kirimi aq uang, tp aq disuruh TF buat fee nya 2jt,..trus aq bilang kalau dia penipu, langsng dia marah”…ya aq biarkan saja…

  • Ari Rahma 12 Oktober 2023

    Saya juga baru saja mengalaminya,kenalan saya dari London mengirimkan uang kepada saya sebesar USD2.000,dan saya diminta membayar uang sebesar 3jt untuk mendapatkan kode TAC.
    Untuk yang faham hal ini tolong beri saya informasi?🙏🙏

  • Ria sanum 11 Oktober 2023

    Saya dapat kiriman paket dr UK London dia orang Indonesia tapi tinggal disana kata ny mau kirim barang buat saya sudah dikirim oleh dia…kita lihat aja nanti apakah itu penipuan atau bukan karena jujur saya gak punya uang kalo hrs byr pajak makan aja susah..

    • Apriyani 12 Oktober 2023

      Ka, apa org itu mengaku sebagai pilot di uk London, soalnya akupun begitu mau dikirimin barang” dari luar logika ga sih baru kenal sebaik itu😂

    • Yul 14 Oktober 2023

      Hai ko sama yaaa kasus nya kaya yg saya alami skrng, pagi2 ada yang chat saya dr pihak expedisi tapi saya tidak mau balas

  • Aprilia 8 Oktober 2023

    Saya baru kejadian hari ini sudah kenal lama tib tiba dia mengirimkan hadiah mahal sekali sekalian uang tunai USD saya memberikan alamat saya tapi saya bingung. Apakah benar apa tidak namun sudah terlanjur diberikan alamat tapi jika meminta biaya saya tidak bisa memberikan uang bnyak

    • Sefty 6 November 2023

      Mbanya sudah di telfon dari pihak bea cukai blm? Suruh bayar sejumlah uang?

  • Dino 8 Oktober 2023

    Saya juga mengalami hal yang sama ada bule suriah dari london yang mengirim barang ke saya menggunakan paket khusus katanya dan saya di_uruh banyar pajak. Terima kasih infonya anda telah menyelamatkan saya 😊😊

  • Nacah 7 Oktober 2023

    Aku juga dapat kenalan orang London rencana nya dia mau kasih hadiah ke pada ku aku di rusuh membayar kan senilai 3 juta

    • Septi 7 November 2023

      Udah ngasih alamatnya belum? Jadi bayar ga?

  • Lia octafiana 5 Oktober 2023

    Saya juga spertinya mengalami Hal yang sama. Dia mengirim foto2 barang branded,paket perhiasan dan segepok uang yang dimasukkan ke tas utk dikirim ke Indonesia dari London. Tp pada akhirnya dia meminta aku menanggung biaya pengiriman nya. Kan ga lucu aj ya
    Ngasi uang tapi kenapa ga langsung bayar aja haha… ada ada aja ya modusnya

  • Vina 5 Oktober 2023

    Saya juga kenalan sama bule London,,,dia rencana akan ke indo tapi sebelum dia ke indo dia mengirimkan paket berupa uang 300.000dolar,,saya terkejut begitu banyak uang yang di kirim… singkat cerita hari ini paket sampai di Batam saya di telpon seorang perempuan untuk melunasi pembayaran tersebut… sebanyak 5 juta,,itu bukan sedikit uangnya kan..saya bilang sama administrasi kamu tidak menipuku kan saya sudah rekaman suaramu da saya akan melaporkanmu … langsung di matikan…..guys jangan pernah tergiur sama orang luar yang ingin memeras hartaa kita yah…85777849947 nomor orang admin batam

    • Dian darusman 8 Oktober 2023

      Kemaren saya juga dpt kenalan bule namanya suzzane Herbert katanya suami nya udah meninggal dan dia di vonis kangker sehingga hidupnya tinggal beberapa bulan aja,dia meminta saya untuk membagikan uang kepada orang miskin dan janda tanpa memandang ras atau agama,kemudian dia meminta foto KTP udah saya kasih,selanjutnya dia mengirim saya foto uang dalam koper dengan jumlah $2.000.000yang sudah dia paketkan lengkap dengan bukti pengiriman yang di kirimkan ke alamat saya,besok harinya ada seseorang yang menghubungi saya mengaku sebagai kurir kemudian Herbert dan org yang mengaku kurir tersebut saling menghubungi saya bergantian mengharuskan saya untuk membayar fee kepada perusahaan deltec internasional kurier sebesar $1.000,ya Ama saya di ketawain aja sambil di main2in karena prosedur pengiriman dari luar negeri gak gitu kali…hahahahahaha…dia harus menunjukan dokumen tagihan cukai resmi,kan seharusnya kurir yang bener mah kalo di minta sharelock pasti ngasih di telp juga kagak mau ngangkat…jadi buat temen2 yg dapet modus kayak gitu dari luar negeri hati2 jangan tergiur dengan jumlah yang fantastis ya,mending jadikan hiburan aja mereka para penipu tuh kan kocak dia udah serius bohongin kita padahal kita udah tau kalo di penipu….

  • Susan 4 Oktober 2023

    Aku juga beberapa Minggu ini ada kenalan orang UK,,dia minta alamat buat ngasih hadiah berupa uang 15000 dollar,tas,sepatu,emas,jam tangan, iPhone…tapi katanya tidak bayar bea cukai dari sana dan harus tiba di Indonesia bayar bea cukai nya sebesar 1,5jt..apakah itu juga penipuan

    • Aprillia S Maha 6 Oktober 2023

      Saya juga beberapa hari yang lalu ada memfollow dari ig Bu, katanya dia mau kirimi hadiah barang mewah, perhiasan, dan lain lain. Dia dari cina tapi tinggal di Mancaster UK, katanya barang nya sudah di jalan Bu, itu penipuan ya?

  • Risma 3 Oktober 2023

    aku beberapa hari yang lalu juga ada kenalan dengan orang london, dia katanya mau datang ke indonesia terus dia minta alamatku lalu aku kasih lah..terus dia membelikan aku hadiah mahal² untuk dikirimkan sebagai hadiah untuk ku, terus hadiah itu dia kirimkan bersama koper baju²nya sama dokumen pentingnya..gak masuk akal kan masak dokumen penting dikirim ke orang baru dikenal 🤔🤔terus dia sudah kirim hadiah itu dan udah sampai di batam..lalu aku di telpon sama cewek yang katanya admin dari pengiriman intl expor impor aku disuruh transfer 9juta untuk biaya admin biar tu paket bisa dikirim ke alamatku..itu modus penipuan apa bukan sih..aku bingung aku ga bisa bayar mana ada duit 9juta mau makan aja susah😂😂

    • Iwan 5 Oktober 2023

      Aku baru saja juga dpt knalan dari seseorang di suriah, katanya sh mau kirim uang, minta no tlpn jg sma alamat, trus aku di hubungi nomer yg mengaku pihak pengirim dari bandara bali, trus mnta tf jg, modus penipuankah

    • Jhony yes papa 17 Oktober 2023

      Ini mirip banget sama aku, kenalan dari tantan 3 minggu lalu, trus 10 hari belakangan kita sering chat tiba-tiba dia mau datang(btw dia orang korea tapi tinggam di UK namanya Kwan hajoon) tapi dia mau kirim kopernya duluan, trus bodoh nya saya kasih alamat saya, trus dia bilang udah dikirim paketnya besoknya paket akan datang, tapi aku harus membayar 30jt, dia mengirim resi dan web perusahaan pengiriman. Trus saat itu saya bilang tidak ada uang, dia bilang didalam kopernya saya masukan uang untuk mengganti uang yang saya bayar. Saya katakan saya tidak punya uang sebanyak itu. Lalu dia meminta saya membayarnya setengah, dan perusahaan nya juga meminta saya setengahnya. Saya tetap tidak mau, dia mengancam saya akan memenjarakan saya karena beacukai akan mencurigai saya.

      • iniaku 7 November 2023

        Kak aku juga sama tapi dia dari US . Namanya Byung Joon

  • Kania 3 Oktober 2023

    Aku juga,dia kirim video dan foto barang” branded dan meminta aku buat bayar cukai dari uang yang di masukan kedalam box

    Cuma aku ngga tau apakah beneran ada uangnya atau hanya bohong semata

  • Rukin 2 Oktober 2023

    Sy bru hri ini dpt knlan cewk amerika.ktanya dia brtgas.pengamanan suriah.dia ktany mau kirm uang lwt kurir.banyk jg yg mau d kirm.dia mtk nm asli.almt.no hp email.ya sy ksh.pgen tau smp dmn.klu emg bnr dia krm uang.itu rzki.tp bl dia mtk tf..ya gk bkal tk krm.

  • Harwadi 30 September 2023

    Saya hari ini mengalami akan mendapat hadiah uang yang sangat besar dari seorang Amerika yang katanya bertugas jadi tentara yang di kirim ke Yaman, dia mengirimkan kepada saya katanya lewat globalswiftdelivery. Dan sekarang barang sudah masuk ke Indonesia dan aku di suruh bayar 8juta. Aku bilang gak punya uang sebanyak itu, apakah ini juga penipuan..?

    • Risma 3 Oktober 2023

      saya juga gitu pak dapat kenalan sma bule london udah beberapa hari.. terus dia kirim hadiah saya banyak ada perhiasan 1 set ada Iphone 2 tas brendit 2 sama uang senilai 100USD ada 5 gepok, sama koper dia yang isinya baju²
      sepatu sama dokumen penting dia untuk investasi ke indonesia gitu tapi semua hadiah yang dia beli itu ada bukti foto dan videonya.. dia masukan lah hadiah tu kedalam kotak kardus begitu kan terus sama kopernya juga gitu..terus besok paginya sampai tu paket tapi harus di tebus pajaknya 9juta…terus aku mintalah uang untuk tebus pajak sama bule itu..katanya gak bisa kirim uang ATM nya katanya dia ada masalah sama perbankan😂😂 itu modus apa bukan sih??

      • Novita 18 November 2023

        Setelah saya baca komenan teman teman semua ternyata sama kasus nya dengan saya ,bahkan sama seperti di atas yaitu dari sirya Surya seorang anggota Amerika Serikat bertugas di Surya anak satu dan istri sudah meninggal,akan mengirimkan paket ke saya di jakarta dengan menggunakan kata kata manis ,dari awal sampai akhir memang sudah ada yang janggal ,tapi aku masih ikuti alur cerita nya dan aneh nya saya tergiur dan juga punya rasa iba ,alhasil saya tertipu beberapa juta.alsan biaya cukai biaya pajak dan apa lah itu .tapi sudah lah dalam hati saya walau saya bodoh tergiur tapi di balik itu juga saya merasa kasihan dengan semua kata katanya semoga rasa kasihan ku tuhan akan balaskan.dan atas tipuan nya biarkan Tuhan yang bekerja

    • Risma 3 Oktober 2023

      saya juga gitu pak dapat kenalan sma bule london udah beberapa hari.. terus dia kirim hadiah saya banyak ada perhiasan 1 set ada Iphone 2 tas brendit 2 sama uang senilai 100USD ada 5 gepok, sama koper dia yang isinya baju²
      sepatu sama dokumen penting dia untuk investasi ke indonesia gitu tapi semua hadiah yang dia beli itu ada bukti foto dan videonya.. besoknya paket sampai terus disuruh bayar pajak 9juta sama administrasi..itu betul ga sih yaaa pak??

      • chica 10 Oktober 2023

        ini juga terjadi sama saya,, saya sudah bayar hingga 12.500.000 masih saja minta buat ini itu,,, sepertinya saya juga kena tipu.. padahal di photo itu orangnya kelihatan islami, cara berpakaian juga,, makanya saya percaya saja sama teman kenalan saya yang ada di london

      • Jhony yes papa 17 Oktober 2023

        Kak bagaimana kelanjutan sekarang? Apakah tetap aman?saya sedang mengalaminya

  • Anisa Fitri 30 September 2023

    Aku berkenalan dengan seseorang dari UK awalnya hanya smsan IG terus pindah ke WhatsApp tapi dia ingin kirim barang katanya hadiah, ada cincin pertunangan dan uang sementara aku di suruh bayar biaya lokalnya katanya barangnya di tahan di Jakarta apa aku harus membayarnya sementara aku mana ada uang 5 juta rupiah jika tidak barang tidak sampai di Sulawesi tenggara aku pun bingung 😕 aku harus bagaimana membayar pun tidak ada biaya, tolong bantuannya apakah itu penipuan

    • Risma 3 Oktober 2023

      terus gimana kelanjutannya kak..soalnya kasus yang sama kalo aku malahan 9juta..terus kk dapat telphone ga dari yang katanya admin pengiriman impor expor gtu?? klo aku ada tapi gatau kelanjutannya kek mana..mana ada lo uangku 9juta😂

    • chica 10 Oktober 2023

      iya itu penipuan kak.
      aku juga sama korban.. sudah masuk transfer uang sebesar 12.500.000.. aku juga ingin melapor .. tapi bingung harus ke siapa

      • Srul 4 November 2023

        saya barusan juga kejadian seperti kakak,sama sama kita kenak tipu kak dengan modus seperti itu kakk

  • Elshynta Nirta 28 September 2023

    Saya barusan mengalaminya, sungguh miris sekali jika memang orang itu mau mengirimkan kita barang barang itu kenapa mesti dibayar lagi biaya cukai nya kenapa coba tdak skalian dia tanggung smuax🤦🤣

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *