Logistik

Apakah Penerima Paket dari Luar Negeri Harus Bayar?

pekerja gudang sedang mengelola paket dari luar negeri

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memungkinkan Anda untuk dapat mengirim atau menerima barang dari luar negeri dengan lebih mudah. Saat ini telah banyak jasa ekspedisi yang menawarkan jasa pengiriman baik dari maupun ke luar negeri dengan proses yang mudah dan waktu yang tidak terlalu lama. Meskipun barang dan ongkos kirim telah dibayar, apakah menerima paket dari luar negeri harus bayar?

Tidak sedikit orang Indonesia yang menerima paket dari China baik dari keluarga yang bekerja dari sana maupun karena membeli barang secara online. Saat ini melakukan pengiriman barang baik dari maupun ke luar negeri memang bisa dilakukan dengan lebih mudah. Hal ini juga yang membuat banyak orang mulai tertarik untuk berbelanja dari toko online di luar negeri.

Berbelanja online dari luar negeri secara langsung memang bisa memberikan banyak keuntungan. Selain harga yang lebih murah, kualitas barang yang dijual biasanya juga lebih terjamin. Meskipun begitu, Anda perlu mempertimbangkan biaya pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia dan biaya lain yang mungkin akan dibebankan nantinya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apakah ada biaya yang harus dibayar jika menerima paket dari luar negeri, yuk simak ulasan berikut ini!

Penerima Paket dari Luar Negeri Harus Bayar Pajak

Tidak sedikit orang yang masih bingung jika menerima paket dari luar negeri apakah harus ada biaya yang perlu dibayar atau tidak. Sebenarnya menerima paket dari luar negeri memang ada beberapa biaya yang perlu Anda keluarkan. Akan tetapi biaya tersebut sebenarnya termasuk dalam pajak. Jadi jika ada pertanyaan apakah paket dari luar negeri kena pajak, maka jawabannya adalah IYA.

Sebelum  membahas tentang pajak untuk paket dari luar negeri, perlu Anda ketahui, bahwa saat ini semakin marak modus penipuan dengan berkedok mendapatkan paket hadiah dari luar negeri.  Biasanya  seseorang akan menawarkan Anda hadiah yang berasal dari luar negeri namun sebelumnya Anda harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu. Jika menemukan hal bisa jadi Anda tengah mengalami ciri-ciri penipuan paket luar negeri.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Kirim Paket ke Luar Negeri, Gampang!

Pengiriman barang dari luar negeri berarti termasuk dalam import. Itu artinya jika Anda menerima paket dari luar negeri maka akan ada biaya bea cukai yang perlu dibayar. Hal ini juga telah dijelaskan dalam Peraturan Menteri Keuangan No. PMK 199/PMK.10/2019 tentang aturan pajak dan bea masuk barang impor. Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa barang kiriman dari luar negeri dengan harga lebih dari $3 akan dikenakan pungutan pajak.

Untuk menghindari penipuan pengiriman paket dari luar negeri, Anda juga perlu tahu besaran pajak yang dikenakan untuk barang import. Berikut rinciannya:

  • Kategori barang umum dikenakan pajak 17.5% dari nilai barang dan ongkos kirim ke Indonesia
  • Kategori tas dikenakan pajak 32.2% – 42% dari nilai barang dan ongkos kirim
  • Kategori sepatu dikenakan pajak 42.5% – 50% dari nilai total barang dan ongkos kirim
  • Kategori pakaian dikenakan pajak 32.5% – 45% dari nilai barang dan ongkos kirim

Cara Membayar Pajak Paket dari Luar Negeri

Selain harus tahu cara melacak paket dari luar negeri agar selamat sampai tujuan, Anda juga perlu tahu bagaimana cara membayar pajak untuk barang yang diterima dari luar negeri. Secara umum, untuk di Indonesia sendiri cara membayar pajak paket adalah melalui kantor pos Indonesia

jasa pengiriman barang internasional termurah

Untuk  membayar pajak barang impor adalah melalui Kantor Pos. Untuk jenis ini, sebelum paket masuk ke Indonesia bea cukai telah menetapkan biaya cukai terlebih dahulu. Selanjutnya paket dikirim ke kantor Pos untuk disampaikan ke penerima barang.

Pada tahap ini, biasanya petugas pos akan mengirimkan contoh bukti pengiriman paket dari luar negeri atau surat penagihan kepada penerima paket. Selanjutnya penerima paket tinggal datang ke kantor pos terdekat untuk melakukan pembayaran dan sekaligus pengambilan paket yang telah diterima.

Sebenarnya ada cara lain untuk membayar pajak pengiriman barang dari luar negeri yaitu dengan melalui ekspedisi luar negeri. Akan tetapi cara ini biasanya hanya digunakan oleh perusahaan yang melakukan import dalam jumlah cukup besar.

Modus Penipuan Pengiriman Paket dari Luar Negeri

Beberapa waktu belakangan ini sepertinya semakin marak modus penipuan pengiriman paket dari luar negeri. Biasanya modus ini menyasar untuk orang-orang yang kerap menggunakan media sosial. 

Baca juga: Berapa Lama Paket dari China ke Indonesia? Yuk, Cari Tahu!

Pelaku penipuan akan berpura-pura bahwa target mendapatkan hadiah berupa barang mewah dengan harga cukup mahal yang dikirim dari luar negeri. Untuk menyakinkan korban, pelaku bekerja sama dengan orang lain yang bertugas sebagai kurir dan meminta korban untuk meminta membayar pajak barang mewah dari luar negeri yang telah Anda menangkan tersebut.

Pastikan Anda jangan sampai tergoda dengan penawaran tersebut. Karena jika sampai tergoda dan mentransfer uang, maka sudah pasti pelaku akan langsung menghilang dan Anda juga kehilangan uang tersebut. Jadi sebelum percaya pastikan dulu pelaku dapat menunjukkan bukti barang keluar dari gudang bea cukai dengan surat penagihan pajak yang resmi. Jika tidak bisa menunjukkan, sudah pasti itu merupakan modus penipuan.

Modus Penipuan dengan Menggunakan APK Melalui WhatsApp

Saat ini, siapa yang tidak menggunakan WhatsApp untuk komunikasi sehari-hari? Nah, ternyata penipu juga memanfaatkan platform ini untuk menipu para korbannya. Caranya adalah dengan berpura-pura menjadi kurir paket. Dalam pesan WhatsApp, pelaku akan mengirim aplikasi, dan jika Anda berhasil mendownloadnya, maka seluruh data penting Anda terkait dengan perbankan akan bocor. Modus penipuan ini dinamakan dengan sniffling, yang bertujuan untuk mencuri data serta informasi perbankan, kartu kredit, maupun password email Anda. Agar Anda terhindar dari modus penipuan berkedok kurir ini, apabila Anda menemukan ada kiriman file dengan ekstensi apk. dari nomor tidak dikenal, sebaiknya Anda abaikan atau sekalian blok jika perlu. Anda bisa cek apakah nomor tersebut penipu atau bukan melalui aplikasi seperti Get Contact dan True Caller.

1,547 Comments

  • Novim 18 November 2023

    Saya hari ini juga ada orang mengaku seorang pilot tinggal di london seorang duda ditinggal istri meninggal karna kecelakaan dan memiliki 1 anak perempuan.tadi minta alamat untuk mengirim hadiah untuk saya,diya juga mengirimi vidio belanja,vidio ke kantor pos pengemasan bilang klu ada uang juga..terus bilang klu sudah dikirim besok akan datang dan saya harus byr biaya cukai nya saat barang datang,terus aku balas aku gak ada uang untuk membayarnya kok nomer nya ngk aktif…..bagaimana apa itu juga penipuan?

  • Ciwa 17 November 2023

    Modus penipuan dari London itu saya baca hampir sama,, saya juga di dekati oleh laki2 dari tiktok yg bernama james Marshall akun tiktok nya pun sama dia mengaku orang Korea bekerja d londonn

    • Nengsih 22 November 2023

      Sama persis dengan saya mbak. Tolong kirim nomr wa saya mau berbagi cerita.

    • Dwi murni fatimah 5 Desember 2023

      Mb boleh minta nomer wa nya biar kita cerita nya enak

  • Nina 14 November 2023

    Saya juga berteman dengan seseorang ngaku tinggal di Belanda orang cina, istri meninggal karena kecelakaan anak 1, dia janji mau kirim paket karena menang tender, awalnya saya nolak, dia paksa2, akhirnya saya kirim alamat saya, dia kirim paket dan saya berkomunikasi dengan perusahaan yang ada Webx, saya di minta biaya pengiriman paket sekian juta, lalu katax barang saya di tahan bea cukai karena ada uang di dalamnya jadi harus bayar denda sebesar 15 juta rupiah, gila bener ya

    • Mita 19 November 2023

      Mba saya juga baru saja berkenalan dgn orang yang mengaku tinggal di london, anak 2 dan istinya meninggal, dia maksa katax mau ngirim hadiah ke saya, katanya dia seorang dokter dan bekerja di london, saya telah memberikan alamat dan nama saya, cerita mba sama persis dgn yg di lakukan orang ini

      • Nisa 24 Desember 2023

        Mba, boleh tau nama orangnya siapa?
        Saya juga ada dpt kenalan dari London sama persis seperti cerita mba tapi bedanya dia seorang pilot katanya

  • Anjel 13 November 2023

    Saya juga baru kenal minggu lalu,katanya dia duda anak satu.nama akunya Lee Seung dari Korea namun tinggal di new York kenalnya lewat FB…dia ngaku katanya dia seorang ahli permata.dan dia mau ikut seminar di Denmark,trus dia bilang dia akan berkunjung ke Indonesia setelah seminar di denmark selesai,tapi dia mau kirim kopernya terlebih dahulu ke saya,dan meminta nama lengkap no hp,email,dan alamat rumah untuk di kirim kopernya.setelah itu dia bilang dia sudah mengirim barangnya dan di dalam koper katanya ada uang yang sisikan di situ jadi saya harus menjaganya agar tidak hilang,akan tetapi dia bilang ada biaya yang harus saya bayar 3juta di Jakarta,saya bilang saya tidak punya uang utuk mebayarnya,lalu saya balik ngomong kenapa tidak kirimkan saja saya uang sehingga saya bisa mebayar barang yang di kirim.trus dia minta no rekening saya.saya memberikannya, akan tetapi itu no rekening yang sudah tidak terpakai lagi.apakah ini termasuk penipuan

  • Jein 13 November 2023

    saya juga sedang mengalami seperti mbak2 yg lain,ada kenalan saya mengirim paket dari LA,saya sudah kirim alamat dan no tlfn saya,tadi dari kurir wa ke saya kalau barangnya sudah ada di Indonesia dan saya harus bayar 5 juta untuk beanya,tapi saya bilang tidak punya uang sebanyak itu,mereka terus wa saya dan mereka menurunkan beanya
    hampir saja saya percaya karena si pengirim mengirimkan video barang yang dia kirim ke saya meyakinkan bahwa barangnya ada,sangat menggiurkan karena di video itu ada mas,hp,dan uang sebesar 500juta.apakah saya juga kena tipu🙏

  • Lorena 12 November 2023

    Bagaiman dengan saya.. No tracking paket di krim..dan dia sruh bayar parcel setelah barang smpai
    Apakah itu penipuan

  • melani 11 November 2023

    apakah ini penipuan ?
    saya akan dapat paket dari thailand
    dia udah bayar semua transaksi
    tapi saya harus bayar biaya lokal juga kalo paket sudah sampai
    isi nya barang” mewah
    jadi takut kena tipu juga

    • rina 16 November 2023

      mba. mau tanya kenalannya lewat mana.

      masalhy saya juga sedamg dlm proses penipuan nih. saat in sy sedang ditgg uang tf. 3 juta .

      aq kenal di tiktok akhiry tukeran WA. gilanya. dia lgsg ke mall beli barang mahalm ditunjukan sm saya. wakah diam seolah2 dia yg beli. samp dia ke kantor pos pun. saya dikirim vidio nya

      baru semalam kirim. pagi ini saya di kabarn kurir . katay barg sudh samp di indo. dg hrs bauar 3 juta..

      saya merasa ini penipuan.
      sy wa org nyam saya bilg ga punya uang.
      dia kirim foto wajah. nangis kaatay klo saya nanti rugi. karena barg dia ga samp ke tangan saya. saya kekeuh dinsuruh bayar . uang 3 juta

      dan dia juga nunjukan resi pengoiiman . ad uang bayar 3 juta .buat penerima.

      apakah modus nya sama mba. dg sy alami . ini org nya mash terus berharap sy tf. biar pakety ke ambilm krn ad duit ponsterling. 30000 dolar ( london).

      balas ke aku ya mba di wa .0895385806489

  • Wati 9 November 2023

    saya barusan ada yg mau ngasih hadiah dari luar negri katanya dia otang mskaysia tinggal di anerika serikat dia ayah dari satu anak dan istrinya sudah meninggal dunia karena kecelakaan katanya , namanya Ahmad yusuf , dan sy disuruh bayar seharga 5 jt katanya pajak dan dia bilang dia sdh mengirimkan sy uang yg dimasukannya. kedalam kotak paket itu sebesar 30 jt utk ganti uang sy yg utk bayar pajak itu dan dia jg mengirim vidio dia di kantor pos luar negri itu dan dia jg mengirim vidio hadiah yg lagi di Peking dikantor pengiriman tersebut, sy bilang sy gk ada uang akhirnya di suruh 500 rb , sy bilang sy jg gk ada uang segitu , akhirnya sy diblokirnya . apakah itu jg penipuan? tapi sy dari awal memang sudah ragu dan sdh tidak percaya mengapa orang yg baru kenal 4 hari sudah mau mengirimkan hadiah sebesar itu , kalo kata dia dia mengirimkan hadiah itu karena dia lagi denang anaknya berulang tahun dan dia jg senang bisa kenal dengan sy , tapi sy tetap tak percaya karena tidak masuk akal.

    • yuli 19 November 2023

      ini sama yg sya alami barusan mbak,, dia ngakuny jga ank 1 istrinya mninggal kcelakaan…apakah ini orang yg sma? dia blnja d mall bli tas, kalung, hp, dll masa iya bru knal mau ngirim brg..cba mbak apa nama tiktoknya…wa k saya ya mbak sapa tau org yg sama.. 082391800734

  • Rosid 9 November 2023

    Sama seperti saya bang belva saya akan mendapatkan paket dari Syria mengatasnamakan anggota militer AS dan saya harus membayar sejumlah dana 7 juta apa benar ini penipuan apa bukan mohon bantuannya

  • Ika 9 November 2023

    Ini saya juga baru kemarin di kirim hadiah dari London tapi juga harus bayar 2 juta dulu bahkan dia juga kirim video proses pengiriman barang tersebut,uang segitu kan gak sedikit , apa ini termasuk penipuan juga?

    • Izza 9 November 2023

      Kok sama yaa…? Siapa nama kak.. jangan² kita ditipu orang yg sama?

      • Ani setiawan 14 November 2023

        Saya juga punya kenalan katanya seorang dokter dilondon dia ngirim hadiah buat saya, sanhat meyakinkan sekali ada video pas belanja dan packing maudikirim ke indonesia tp saya hrs byr bea cukai 3jt apakah ini modus yg sama?

  • Rifah 8 November 2023

    Saya ad kenln udh temen juga dr luar negri dia kt ny mw mengirim ke Indonesia tapi ada bayar biaya pengiriman gitu satu juta apai tu penipuan

  • Ismarwanto 7 November 2023

    Sy juga daoat paket dr syria dan alamat expedisi dari miami Usa, cukup fantastis nilainya, tapi ya itu pihak otoritas bandara menelepon dg no pribadi bukan no kantor … Dan ngasih no rekening bank dki syariah an pribdi ya tak biarin aja orang lg ga pegang duit

  • nike aurel 5 November 2023

    untuk mba inayati,nama orang yg mau kasi kamu hadiah siapanyg dr london?soalnya aku jg di deketin sma org london trs tbtb mau ngasi aku hadia dri sana katanya barang mewah dn ddlm nya ad uang,tp nnti hrus bayar 2jt buat biaya lokal,tkutr penipuan mnaan nyri uang 2jt ga gampang😭, orangnya duda anak 1 katanya istrinya udh mninggal

    • Aina 8 November 2023

      untuk mba nikel aurel, nama yang mendekati mba itu siapa ya? apakah namanya ahmed zikri? kalau iya sepertinya sama dengan saya

  • Siti Hartati 3 November 2023

    Apakah benar jika saya menerima barang dari luar negeri saya harus membayar dgn sejumlah uang

  • Sari 2 November 2023

    Apakah saya sedang mengalami kasus penipuan juga ya, saya dapat kenalan dari Inggris namanya micheal James dia mengaku dokter umum pada rumah sakit dan dia sedang berulang tahun lalu mengirim saya hadiah beserta uang yang ada dalam paket tersebut bahkan dia mengirim fidio saat dia di perusahaan pengiriman saya terlanjur mengirim alamat dan no telepon.

  • Dewi 2 November 2023

    Sya juga sudah dikirim kn alamat dan no telp saya dia mengirim paket tapi sya dsruh bayar 500 dlu

    • Septi 7 November 2023

      Terus mb sudah bayar belum? Saya juga sama mba di suruh bayar 3jt

  • faradilla 29 Oktober 2023

    untuk kasus seperti kk nya yg di atas bagaimana?

    • Fauzan 30 Oktober 2023

      Saya hampir saja tertipu dengan sesorang dari Inggris, katanya dia sedang sakit dan mau memberi bantuan ke masjid atau fakir miskin yang totalnya cukup fantastis, dan saya diminta menyalurkannya, dan katanya 30 persen utk saya, dan dia mengirim uang tsb lewat agen diplomatik yg dimasukan ke dalam koper, dgn foto dan resi yg lengkap, setelah koper sampai ke Indonesia pihak bandara minta uang bea cukai sebesar 3 jt, dan saya tidak sanggupi krn memang saya tidak punya uang, dan feeling saya ini adalah penipuan, akhirnya dia kecewa,…. Gpp daripada uang saya hilang

      • Anastasia 4 November 2023

        Saya juga baru di tipu saya sdah baya uang bea cukai nya 4 juta..awal dia minta 500 ratus rupiah TPI dia minta lagi 3 juta 500 ratus ribu dan sy minta untuk return kmbali paketnya ke Jerman malah sy di ancam akan di laporkan ke pihak polisi

      • Septi 7 November 2023

        Kamu sudah memberikan alamat kmu ke dia belum? Itu uangnya jadi di kirim ke beacukai ga?

  • Apoy Apoy 29 Oktober 2023

    Saya ragu dapat paket dari luar. Dia minta uang 7 juta katanya untuk pajak beacukai. Sarat nya dia minta 3 perangko dan wps. Ke saya.dan saya sudah negosiasi sama orang yang katanya pihak beacukai.katanya .pembayaran bisa di bayar melalui bank link. Separuh dulu nanti pas paket itu sampai.baru pelunasan nya saya dikasih waktu 2 Minggu untuk melunasi nya .apa dan saya sudah transfer 500 ke no rekening 1704593702.atss nama: Winda D, Bank DBS .ini no hp nya.085714941112
    Dia mengaku pihak beacukai di Bali. Paket nya sudah sampai di bandara Bali. Katanya kalau kita bayar setelah nya dulu pasket akan dikirim ke rumah anda.setelah itu baru bayar pelunasan nya. Saya mohon bantuan nya. Apakah ini modus penipuan

  • Arlia 17 Oktober 2023

    Saya juga baru saja mengalami y alamat rmh no TLP sudah saya kasih kan akan tetapi saya d haruskan membayar pajak sebesar 2jt agar barang saya sampei d rmh jangankan buat bayar pajak yg 2jt buat makan saja saya susah apa lagi harga bahan Poko naik suami saya tidak kerja saya pun tidak bagai mana ini

    • Maman 26 Oktober 2023

      Lalu bagaimana kelanjutannya?

    • faradilla 29 Oktober 2023

      aku baru ngalamin hal yg sama kaya mba arlia aku sudah kasih no tlp alamat rumah dan hari ini ada yg menghubungi aku kata nya dari expedisi aku disuru kayar 4jt aku bingung sekaligus takut yaallah gimana ini yg tau ini aku harus membayar nya atau tidak

      • Inayati 1 November 2023

        Saya dapat wa dari seseorang di London dan dia mau mengirimkan hadiah barang” mewah dan berkelas apa saya termasuk terkena penipuan

      • Septi 7 November 2023

        Kelanjutannya bagaimana ya kak? Saya juga sama sudah mengirimkan alamat saya

    • faradilla 29 Oktober 2023

      aku baru ngalamin hal yg sama kaya mba arlia dan hari ini ada yg menghubungi aku kata nya dari expedisi aku disuru kayar 4jt aku bingung sekaligus takut yaallah gimana ini yg tau ini aku harus membayar nya atau tidak

  • ipe 16 Oktober 2023

    untuk kedepannya semuanya kita harus lebih waspada dalam penipuan seperti apapun itu, jangan pernah mau mengirim uang jika kita tidak benar” mengenal org trsbt. semoga orang yang di cari cepat ketemu dan tertangkap.

    • Belva Tegsa 31 Oktober 2023

      Saya kemaren akan mendapatkan paket dari siriya yg mengatasnamakan anggota militer AS dan sudah di paketkan ke Jakarta dan setelah tiba di jakarta saya di telpon yang mengtas namakan bea cukai, dan jika paket itu ke tangan saya، saya harus mentransfer uang terlebih dahulu 10.jt ke kantor bea cukai agar barang dikirimkan ke alamat saya. Apakah itu termasuk penipuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *