Logistik

Apakah Penerima Paket dari Luar Negeri Harus Bayar?

pekerja gudang sedang mengelola paket dari luar negeri

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memungkinkan Anda untuk dapat mengirim atau menerima barang dari luar negeri dengan lebih mudah. Saat ini telah banyak jasa ekspedisi yang menawarkan jasa pengiriman baik dari maupun ke luar negeri dengan proses yang mudah dan waktu yang tidak terlalu lama. Meskipun barang dan ongkos kirim telah dibayar, apakah menerima paket dari luar negeri harus bayar?

Tidak sedikit orang Indonesia yang menerima paket dari China baik dari keluarga yang bekerja dari sana maupun karena membeli barang secara online. Saat ini melakukan pengiriman barang baik dari maupun ke luar negeri memang bisa dilakukan dengan lebih mudah. Hal ini juga yang membuat banyak orang mulai tertarik untuk berbelanja dari toko online di luar negeri.

Berbelanja online dari luar negeri secara langsung memang bisa memberikan banyak keuntungan. Selain harga yang lebih murah, kualitas barang yang dijual biasanya juga lebih terjamin. Meskipun begitu, Anda perlu mempertimbangkan biaya pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia dan biaya lain yang mungkin akan dibebankan nantinya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apakah ada biaya yang harus dibayar jika menerima paket dari luar negeri, yuk simak ulasan berikut ini!

Penerima Paket dari Luar Negeri Harus Bayar Pajak

Tidak sedikit orang yang masih bingung jika menerima paket dari luar negeri apakah harus ada biaya yang perlu dibayar atau tidak. Sebenarnya menerima paket dari luar negeri memang ada beberapa biaya yang perlu Anda keluarkan. Akan tetapi biaya tersebut sebenarnya termasuk dalam pajak. Jadi jika ada pertanyaan apakah paket dari luar negeri kena pajak, maka jawabannya adalah IYA.

Sebelum  membahas tentang pajak untuk paket dari luar negeri, perlu Anda ketahui, bahwa saat ini semakin marak modus penipuan dengan berkedok mendapatkan paket hadiah dari luar negeri.  Biasanya  seseorang akan menawarkan Anda hadiah yang berasal dari luar negeri namun sebelumnya Anda harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu. Jika menemukan hal bisa jadi Anda tengah mengalami ciri-ciri penipuan paket luar negeri.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Kirim Paket ke Luar Negeri, Gampang!

Pengiriman barang dari luar negeri berarti termasuk dalam import. Itu artinya jika Anda menerima paket dari luar negeri maka akan ada biaya bea cukai yang perlu dibayar. Hal ini juga telah dijelaskan dalam Peraturan Menteri Keuangan No. PMK 199/PMK.10/2019 tentang aturan pajak dan bea masuk barang impor. Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa barang kiriman dari luar negeri dengan harga lebih dari $3 akan dikenakan pungutan pajak.

Untuk menghindari penipuan pengiriman paket dari luar negeri, Anda juga perlu tahu besaran pajak yang dikenakan untuk barang import. Berikut rinciannya:

  • Kategori barang umum dikenakan pajak 17.5% dari nilai barang dan ongkos kirim ke Indonesia
  • Kategori tas dikenakan pajak 32.2% – 42% dari nilai barang dan ongkos kirim
  • Kategori sepatu dikenakan pajak 42.5% – 50% dari nilai total barang dan ongkos kirim
  • Kategori pakaian dikenakan pajak 32.5% – 45% dari nilai barang dan ongkos kirim

Cara Membayar Pajak Paket dari Luar Negeri

Selain harus tahu cara melacak paket dari luar negeri agar selamat sampai tujuan, Anda juga perlu tahu bagaimana cara membayar pajak untuk barang yang diterima dari luar negeri. Secara umum, untuk di Indonesia sendiri cara membayar pajak paket adalah melalui kantor pos Indonesia

jasa pengiriman barang internasional termurah

Untuk  membayar pajak barang impor adalah melalui Kantor Pos. Untuk jenis ini, sebelum paket masuk ke Indonesia bea cukai telah menetapkan biaya cukai terlebih dahulu. Selanjutnya paket dikirim ke kantor Pos untuk disampaikan ke penerima barang.

Pada tahap ini, biasanya petugas pos akan mengirimkan contoh bukti pengiriman paket dari luar negeri atau surat penagihan kepada penerima paket. Selanjutnya penerima paket tinggal datang ke kantor pos terdekat untuk melakukan pembayaran dan sekaligus pengambilan paket yang telah diterima.

Sebenarnya ada cara lain untuk membayar pajak pengiriman barang dari luar negeri yaitu dengan melalui ekspedisi luar negeri. Akan tetapi cara ini biasanya hanya digunakan oleh perusahaan yang melakukan import dalam jumlah cukup besar.

Modus Penipuan Pengiriman Paket dari Luar Negeri

Beberapa waktu belakangan ini sepertinya semakin marak modus penipuan pengiriman paket dari luar negeri. Biasanya modus ini menyasar untuk orang-orang yang kerap menggunakan media sosial. 

Baca juga: Berapa Lama Paket dari China ke Indonesia? Yuk, Cari Tahu!

Pelaku penipuan akan berpura-pura bahwa target mendapatkan hadiah berupa barang mewah dengan harga cukup mahal yang dikirim dari luar negeri. Untuk menyakinkan korban, pelaku bekerja sama dengan orang lain yang bertugas sebagai kurir dan meminta korban untuk meminta membayar pajak barang mewah dari luar negeri yang telah Anda menangkan tersebut.

Pastikan Anda jangan sampai tergoda dengan penawaran tersebut. Karena jika sampai tergoda dan mentransfer uang, maka sudah pasti pelaku akan langsung menghilang dan Anda juga kehilangan uang tersebut. Jadi sebelum percaya pastikan dulu pelaku dapat menunjukkan bukti barang keluar dari gudang bea cukai dengan surat penagihan pajak yang resmi. Jika tidak bisa menunjukkan, sudah pasti itu merupakan modus penipuan.

Modus Penipuan dengan Menggunakan APK Melalui WhatsApp

Saat ini, siapa yang tidak menggunakan WhatsApp untuk komunikasi sehari-hari? Nah, ternyata penipu juga memanfaatkan platform ini untuk menipu para korbannya. Caranya adalah dengan berpura-pura menjadi kurir paket. Dalam pesan WhatsApp, pelaku akan mengirim aplikasi, dan jika Anda berhasil mendownloadnya, maka seluruh data penting Anda terkait dengan perbankan akan bocor. Modus penipuan ini dinamakan dengan sniffling, yang bertujuan untuk mencuri data serta informasi perbankan, kartu kredit, maupun password email Anda. Agar Anda terhindar dari modus penipuan berkedok kurir ini, apabila Anda menemukan ada kiriman file dengan ekstensi apk. dari nomor tidak dikenal, sebaiknya Anda abaikan atau sekalian blok jika perlu. Anda bisa cek apakah nomor tersebut penipu atau bukan melalui aplikasi seperti Get Contact dan True Caller.

1,547 Comments

  • Nabila 15 Desember 2023

    Saya berkenalan dengan seorang laki laki dari London, dia bercerita bahwa dia seorang pilot penerbangan di British Airways london, dengan setatus duda anak dua, kedua putri kecilnya kehilangan ibunya karna kecelakaan mobil,.
    Trus dia bilang kedua putrinya menganggap aku ibunya, mereka berdua memberiku hadiah tas mahal, satu set emas, dan hijab. Dan uang senilai 250 juta, jika di nominalkan di Indonesia.

    Dan akan di kirimkan di kantor pos, tapi dia minta untuk mengirimkan uang 2 juta untuk pengiriman barangnya.
    Trus saya gk bisa mngadakan uang sebanyak itu, dia merasa kecewa dan marah, seperti memaksa.
    Gini ya klo emng dia mau memberi dengan tulus, dan berniat mnjadikan saya istrinya, harusnya dia tidak memaksa saya untuk mengirimkan uang tersebut.
    Semahal apapun keuntungan dengan level tinggi dari paket itu.
    Saya tidak akan mengambilnya. Jika berhubungan ujungnya saya juga yang kluar uang.
    Lagi pula saya tidak meminta, sempat saya menolak, tapi dia seakan kecewalah apalah.

  • Han 15 Desember 2023

    Hati-hati jangan baper kalau kenalan sama orang luar.

  • Han 15 Desember 2023

    Hati-hati modus penipuan. Dia orang UK. Nama sering berubah-ubah. Dia akan mengajak kenalan seolah-olah tertarik pada kita. Dia akan minta nomor WA. Jangan pernah menceritakan masalah pribadi atau kirim foto. Jangan mudah percaya dengan orang asing melalui medsos ya. Nanti dia tahu-tahu seolah beli barang dan kita diminta bayar bea cukai. Barang katanya datang dlm waktu 2 hari. Nanti ada org Indonesia yg pura2 nanyain tagihan bea cukai. Abaikan saja dan block nomornya ya. Gak usah takut. Yang benar tu bayar bea cukai ke kantor pos atau transfer ada di website resminya. Hati-hati jangan baper gaesss.

  • Aniara 13 Desember 2023

    Mba ginama cara nglaporinnya aku baru aja mengalami hal yang serupa pliss tolong jawabb aku mohonnn 😭

  • Maria 13 Desember 2023

    Saya sekarang baru minta biaya perijinan buat barang yang dikirim sebesar 2 juta melalui transfer tapi Saya tidak mau

  • shianidanida 8 Desember 2023

    dan sampai saat ini saya bingung, dan dia masih menghubungi saya dengan mengatakan itu nyata, sya menyesal karena sudah mengirim barang dan tidak d ambil, sya menjawab sya jga tidak memintanya bukan, karena saya benar benar tidak punya uang jadi saya tidak melakukan pembayaran itu mohon masukannya teman teman.

    • Nita 17 Desember 2023

      Sama aku juga…. Dia mengirimkan foto barang mewah dan lucu nya sehari sudah ada di bandara Indonesia dan meminta tebusan 2juta rupiah.. Tapi ketika saya meminta barcode dan code dari bea cukai Indonesia tidak ada
      Ini penipuan baru

  • shianidanida 8 Desember 2023

    saya juga baru kenal orang london bru 2 hari kenal,,dan saat ini saya msih bingung dia vc tlvon jga, dia membeli barang barang mewah untuk d hadiahkan kesaya dan d dalamnya terdapat uang, I phone, perhiasan, spatu dan lain lain dan juga uang, tpi jika barang sampai saya harus membayar 3 jta untuk pngambilan, agar dapat d kirim krmh saya, masak iya london Indonesia paket shari sampai, dan ada seseorang yang mengaku sbagai petugas bandara, katanya saya dapat paket, dn hrus membayar dlu agar bsa d krim ke dpan rmh sya. apa ini juga modus penipuan.

    • deven saputro 13 Desember 2023

      itu sama dengan modus yang baru saja saya kena juga
      saya kenal dengan orang dari suriah dia juga mengirimkan uang banyak dan orang bandara meminta sejumlah uang teteapi dia tidak bisa menunjukan bukti tersebut
      jangan sampai kena modus ini
      apakah aku boleh tau identitas orang luar itu kalau memang sama saya akan menyebarkan brita itu di sosmed biar tidak ada yang terkena lagi penipuan sejenis ini
      dan pesan saya jangan sampai mengirim uang dengan cara trasnfer karena kalau pengiriman dari luar negri sekarang bisa di bayar ditempat dan kita bisa melihat barang tersebut terlebih dahulu
      karena saya mempunyai sodara yang bekerja di bandara maka saya menyelidiki semua itu

    • Dimensi 16 Desember 2023

      Kok sama,ini barusan aku kak,makanya aku lihat” di google dulu..
      Hadiahnya juga sama kayak kakak,apa ini penipuan ya kak?

    • Nita 17 Desember 2023

      Baiklah saya juga demikian…
      Tapi saya tidak mempercayai itu

  • Ani Julia 7 Desember 2023

    Singkat nya ini yg saya alami saat ini Saya baru saja berkenalan dengan seorang pria dari luar negeri dia mengaku orang Medan dan saat ini tinggal di London namanya Mohammad Ahmed, dia baru saja mengirimkan video dan foto bahwa Dia sedang diperusahaan pengiriman Fedex dia bilang ingin mengirim sejumlah uang yang nominalnya sangat besar tp saya ragu untuk menerima Nya ditambah saya baru mengenal dia beberapa hari saja masa dia sudah berani mengirimkan sejumlah uang yang nominalnya sangat besar kepada seseorang yang baru dia kenal sangat tidak masuk akal bukan dan sulit dipercaya,dia mengatakan untuk menerima paket itu saya harus bayar lagi sejumlah uang 6 JT darimana saya dapat uang sebanyak itu ini lagi akhir bulan hidup sedang sulit2nya untuk sehari hari saja tidak ada saya harus bayar dengan apa, dan ini bukan pertama kalinya saya mengalami ini ini kedua kalinya saya dijanjikan dikirimkan paket dari luar negeri oleh seseorang yg dulu saya sempat mau dikirimin paket berupa barang2 mewah dan saya harus membayar 7 JT untuk menebus paket itu tp saya tidak menebus nya dan berakhir saya diancam dilaporkan ke FBI dan Diancam akan dicelakai dan dibunuh, jadi saya bingung harus bagaimana saya minta saran dan pendapat apakah itu benar bukan modus penipuan atau salah satu modus penipuan sejujurnya saya ragu untuk mempercayai nya saya harus bagaimana menyikapi nya sekarang ini sedang akhir bulan hidup sedang sulit2nya dan saya disuruh bayar sejumlah uang 6 JT darimana saya dapatkan uang itu

    • EtZ 14 Desember 2023

      Sama mb Mohamad Ahmed. Ngaku orang Jakarta kerja di London. Duda anak 1. Istri meninggal. Sy sdh kirim alamat. Sy berasa penipuan Dan kmd sy blokir nomornya

  • Meli sinaga 6 Desember 2023

    Hari ini juga saya mengalami seperti itu
    Saya diminta tf 5jt
    Trus karna saya bilang tf nya besok aja mereka malah bilang barangnya akan disita

  • Dwi murni fatimah 5 Desember 2023

    Belom mb baru malam ini paket nya dikirim KK boleh saya tau KK yang kirim barang dari luar nama nya siapa

  • Nurdilah 5 Desember 2023

    Kk mau tanya, apakah boleh kirim uang lewat paket, sementara paket itu dr luar negri, adik sy dpt paket dr temannya yg di luar negri dan didalamnya terdpt sejumlah uang, dia dpt email yg harus bayar bea cukai 7jt, dan di email lg byr denda 5jt, trs di email lg byr 15jt buat kerusakan mobil yg mau antar paket, trs di email lg srh byr 25jt buat penukaran uangnya, stlh semua terbyr sekarang dimintai lg 4jt katanya paket di tahan polisi, dan semua dana itu masuk ke nama orang pribadi, apakah memang itu prosedurnya?.. lalu apakah itu termasuk pemerasan yg dilakukan oleh pihak ekspedisi karna mereka sdh th bahwa dlm paket tersebut ada uangnya… tolong di jawab ya kk, kasihan adik sy sdh banyak keluar uang, dan pihak ekspedisi selalu mengancam akan dilaporkan ke pihak berwajib….

  • Wong sugeh 4 Desember 2023

    Saya baru semalm dikirim i paket katanya dr UK sy bru kenl dg seseorang, dy mngirim sy hadia namun ntik sblm paket tiba disuruh bayr sedikit, klw srh byr paket kykny gk deh mndgn g sy ambil …

  • Nuri 30 November 2023

    Kalau saya ada informasi bahwa paket sudab sampai di indonesia dan harus bayar. Tapi ke norek pribadi buakan bea cukai. Awalnya curiga. Tp mereka memberikan keyakinan bahwa itu nomor yang harus dibayarkan. Saya bayarkan tp sekarang malah suruh bayar lagi. Karena pada paket saya terdapat uang. Disuruh ambil saja uangnya malah ngancam akan dipenjara. Apakah itu penipu juga

  • Nuri 30 November 2023

    Ya Allah, kalau saya bagaimana ini nasibnya. Sudah mengirimkan uang saya kira barangnya akan dikirim tp kenapa malah jadi harus bayar lagi mana banyak . 25 juta uang darimana . Sekarang akhir bulan

    • Widia 7 Desember 2023

      Asataga saya juga udh ditipu lho untung nya saya langsung hubungi bea cuka nama pengiriman barang itu Jhon mark dia dri London berstatus dua dan punya 2 orang anak,yang buat aku percaya pernah vc itu anak nya emang bnr,ketika dia mu ngirim hadiah masak barang nya udh sampai indo aku harus bayar 8 juta,puji Tuhan untung saya cepat melaporkan sama bea cuka yg anehnya org luar negeri ada teman kerja sama nya di indo astaga untung belum aku transfer

      • Aniara 13 Desember 2023

        Bagaimana cara melaporkan nya kak pliss jawabb aku baru aja kenalan sama orang luar negeri namanya Zhang di ngaku kerja di polandia jadi software engineer trs dia tiba” pengen aku jadi pacarnya abis itu dia mau ngirimin aku hadiah i phone tas sepatu , trs mau dikirim ke indo katanya sehari sampai tapi aku disuruh bayar 5 jt buat pajak atau apalah itu aku bingung banget harus apa , pliss kak tolong aku 🙏🙏🙏

        • Zara 7 Januari 2024

          Eh kak sama dong namanya Kelvin Zhou nggak?

      • putu sujani 31 Desember 2023

        kak cara lapor ke bea cukai nya gimna ya? kita langsung ke gedung bea cukai nya atau lewat telfon saja? tolong dong kak, saya juga lagi bimbang

    • Ani Julia 7 Desember 2023

      Itu yg saya alami saat ini saya berkenalan dengan orang luar negeri dia bilang namanya Muhammad Ahmed dia mengaku orang Medan tp saat ini tinggal di London, dia bilang saat ini dia mengirimkan uang dengan nominal yang sangat besar dan dia baru saja mengirimkan foto dan video dia sedang berada di kantor pengiriman Fedex,dia bilang saya harus menyiapkan uang sekitar 6 JT untuk membayar paketnya, sejujurnya saya ragu untuk mempercayai nya karena saya takut ini modus penipuan, mana saat ini saya tidak mempunyai uang sebanyak itu, utk bekal sehari hari saja sangat sulit mana diakhir bulan lagi.dan Saya rasanya ragu menerima nya karena saya baru berkenalan beberapa hari dengan dia tp Dia sudah berani mengirimkan uang sebanyak itu pada saya bukankah itu sangat sulit dipercaya.saya butuh saran dan pendapat apakah itu modus penipuan atau bukan karena saya takut ini modus penipuan dan apa yang harus saya lakukan saat ini

  • Dea salim 29 November 2023

    Sy juga baru kenal org thailand tp tinggal di england, dia berani kasih foto dia sama anaknya, dan kirim foto ke seharian dia,terus dia mau kirim cincin tunangan berikut kado natal dan uang di dlm nya itu penipuan ga ya ,kalo mau kirim uang kenapa ga langsung ke rek bank ya…sy jd takut setelah baca komenan …dia juga berani tlp sy..harusnya sy gimana mohon masukan..thx

  • Marni wijaya 28 November 2023

    Sama sy jg kmren begitu baru 2 hari kenal ditik tok dg nama Muhammad hakim,ktanya org Malaysia kerja diprancis,kerja sng pilot kasih hadiah brg2 mewah didlmnya ada uang 20.000 dolar,suruh byr bea cukai skitar 2 juta,sy gak mau mau cas aja,dia marah2 & ngancam2 sy mau dilaporkan polisi, FBI segala

    • Dila 30 November 2023

      Bagaimana selanjutnya mbak ?
      Apakah barang tersebut dikirim oleh dia ?

  • Lestari 25 November 2023

    Saya sedang binggung saya baru berkenalan dengan seorang laki2 mengirimkan saya barang2 mewah berupa tas sepatu dan yang lain tapi perusahaan memintak biaya pengiriman sebanyak 2 jt apakah itu betuul

    • Dwi murni fatimah 5 Desember 2023

      Mb ko sama kaya saya kiriman nya itu kalo boleh tau yang ngirim atas nama siapa mb

    • Etri 11 Desember 2023

      terus bagaimana mbk ? apakah barangnya sampai ke mbk ?

  • Masropah 22 November 2023

    Wahh sama kaya saya ituu.. Baruu bnget ini org minta pembayaran 15 juta..rabu tgl 22-11-2024.Aje gile.. DKira w gudang duit kali.. Untung saya baca D gogle.. Saya langsung blok.. Ada dua ini org asing.. Alesannya bnyak bnget.. Dkira saya bego kali ya..

    • Dila 30 November 2023

      Jadi pembayaran mereka mintanya transfer y mbak ?

  • Susi 21 November 2023

    Saya juga hampir kena tipu dia minta transfer 1 juta … Baru hari ini dia kirim uang 30.000dolar iphon sama tas… Aq cuma mikir masak cuma kenal di fb kok mau kasih uang banyak… Dia pakai nama abdul hasan tinggal di Polandia dari dia bekerja sebagai dokter spesialis wajah

  • ASTUTIK DARI LOMBOK NTB 19 November 2023

    Assalamualaikum semua Saya mau berbagi cerita dan berbagi informasi tentang pengalaman saya… Saya mempunyai Kenalan Sama orang luar negeri dan saya berkenalan di Tiktok nama Tiktok nya Doctor wangwei Saya dikirim kan paket pada tanggal 11-11-2023 untuk memberikan saya Hadiah tapi saya beranggapan bahwa itu bukan penipuan, lanjut cerita terus Saya mendapatkan SMS dari FASTER COURIER SERVICE yang memberi tahu saya bahwa paket itu sudah sampai di Indonesia( jakarta) dan petugas itu mengatakan bahwa saya akan membayar 2 juta dan setelah itu dia mengatakan bahwa di dalam paket itu ada mata uang asing karena kita dilarang dia menyuruh saya untuk membayar setelah itu Dia mengatakan Saya harus membayar saya melakukan pembayaran 3 juta dan setelah itu lagi dia mengatakan bahwa Dia akan menukarkan uang dolar itu dalam mata uang rupiah dan Saya membayar lagi dengan uang 3 juta rupiah dan setelah itu kurir tersebut mengirimkan saya pesan bahwa paket tersebut akan diantar ke alamat rumah saya, akan tetapi dia ditangkap Dpo dan FBI setelah itu Dia menyuruh saya membayar 5 juta dia mengatakan bahwa itu adalah pembayaran terakhir tapi saya tidak mempunyai uang untuk membayar nya.. sekarang Saya masih dalam kebingungan tolong bantu saya untuk mendapatkan hak saya kembali karena Saya Sangat merasa dirugikan disini 😭😭😭😭

    • Nengsih 22 November 2023

      Kaka sudah bayar apa belum

    • Maria 13 Desember 2023

      Cuekin aja kak lain kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *