Logistik

Apakah Penerima Paket dari Luar Negeri Harus Bayar?

pekerja gudang sedang mengelola paket dari luar negeri

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memungkinkan Anda untuk dapat mengirim atau menerima barang dari luar negeri dengan lebih mudah. Saat ini telah banyak jasa ekspedisi yang menawarkan jasa pengiriman baik dari maupun ke luar negeri dengan proses yang mudah dan waktu yang tidak terlalu lama. Meskipun barang dan ongkos kirim telah dibayar, apakah menerima paket dari luar negeri harus bayar?

Tidak sedikit orang Indonesia yang menerima paket dari China baik dari keluarga yang bekerja dari sana maupun karena membeli barang secara online. Saat ini melakukan pengiriman barang baik dari maupun ke luar negeri memang bisa dilakukan dengan lebih mudah. Hal ini juga yang membuat banyak orang mulai tertarik untuk berbelanja dari toko online di luar negeri.

Berbelanja online dari luar negeri secara langsung memang bisa memberikan banyak keuntungan. Selain harga yang lebih murah, kualitas barang yang dijual biasanya juga lebih terjamin. Meskipun begitu, Anda perlu mempertimbangkan biaya pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia dan biaya lain yang mungkin akan dibebankan nantinya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apakah ada biaya yang harus dibayar jika menerima paket dari luar negeri, yuk simak ulasan berikut ini!

Penerima Paket dari Luar Negeri Harus Bayar Pajak

Tidak sedikit orang yang masih bingung jika menerima paket dari luar negeri apakah harus ada biaya yang perlu dibayar atau tidak. Sebenarnya menerima paket dari luar negeri memang ada beberapa biaya yang perlu Anda keluarkan. Akan tetapi biaya tersebut sebenarnya termasuk dalam pajak. Jadi jika ada pertanyaan apakah paket dari luar negeri kena pajak, maka jawabannya adalah IYA.

Sebelum  membahas tentang pajak untuk paket dari luar negeri, perlu Anda ketahui, bahwa saat ini semakin marak modus penipuan dengan berkedok mendapatkan paket hadiah dari luar negeri.  Biasanya  seseorang akan menawarkan Anda hadiah yang berasal dari luar negeri namun sebelumnya Anda harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu. Jika menemukan hal bisa jadi Anda tengah mengalami ciri-ciri penipuan paket luar negeri.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Kirim Paket ke Luar Negeri, Gampang!

Pengiriman barang dari luar negeri berarti termasuk dalam import. Itu artinya jika Anda menerima paket dari luar negeri maka akan ada biaya bea cukai yang perlu dibayar. Hal ini juga telah dijelaskan dalam Peraturan Menteri Keuangan No. PMK 199/PMK.10/2019 tentang aturan pajak dan bea masuk barang impor. Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa barang kiriman dari luar negeri dengan harga lebih dari $3 akan dikenakan pungutan pajak.

Untuk menghindari penipuan pengiriman paket dari luar negeri, Anda juga perlu tahu besaran pajak yang dikenakan untuk barang import. Berikut rinciannya:

  • Kategori barang umum dikenakan pajak 17.5% dari nilai barang dan ongkos kirim ke Indonesia
  • Kategori tas dikenakan pajak 32.2% – 42% dari nilai barang dan ongkos kirim
  • Kategori sepatu dikenakan pajak 42.5% – 50% dari nilai total barang dan ongkos kirim
  • Kategori pakaian dikenakan pajak 32.5% – 45% dari nilai barang dan ongkos kirim

Cara Membayar Pajak Paket dari Luar Negeri

Selain harus tahu cara melacak paket dari luar negeri agar selamat sampai tujuan, Anda juga perlu tahu bagaimana cara membayar pajak untuk barang yang diterima dari luar negeri. Secara umum, untuk di Indonesia sendiri cara membayar pajak paket adalah melalui kantor pos Indonesia

jasa pengiriman barang internasional termurah

Untuk  membayar pajak barang impor adalah melalui Kantor Pos. Untuk jenis ini, sebelum paket masuk ke Indonesia bea cukai telah menetapkan biaya cukai terlebih dahulu. Selanjutnya paket dikirim ke kantor Pos untuk disampaikan ke penerima barang.

Pada tahap ini, biasanya petugas pos akan mengirimkan contoh bukti pengiriman paket dari luar negeri atau surat penagihan kepada penerima paket. Selanjutnya penerima paket tinggal datang ke kantor pos terdekat untuk melakukan pembayaran dan sekaligus pengambilan paket yang telah diterima.

Sebenarnya ada cara lain untuk membayar pajak pengiriman barang dari luar negeri yaitu dengan melalui ekspedisi luar negeri. Akan tetapi cara ini biasanya hanya digunakan oleh perusahaan yang melakukan import dalam jumlah cukup besar.

Modus Penipuan Pengiriman Paket dari Luar Negeri

Beberapa waktu belakangan ini sepertinya semakin marak modus penipuan pengiriman paket dari luar negeri. Biasanya modus ini menyasar untuk orang-orang yang kerap menggunakan media sosial. 

Baca juga: Berapa Lama Paket dari China ke Indonesia? Yuk, Cari Tahu!

Pelaku penipuan akan berpura-pura bahwa target mendapatkan hadiah berupa barang mewah dengan harga cukup mahal yang dikirim dari luar negeri. Untuk menyakinkan korban, pelaku bekerja sama dengan orang lain yang bertugas sebagai kurir dan meminta korban untuk meminta membayar pajak barang mewah dari luar negeri yang telah Anda menangkan tersebut.

Pastikan Anda jangan sampai tergoda dengan penawaran tersebut. Karena jika sampai tergoda dan mentransfer uang, maka sudah pasti pelaku akan langsung menghilang dan Anda juga kehilangan uang tersebut. Jadi sebelum percaya pastikan dulu pelaku dapat menunjukkan bukti barang keluar dari gudang bea cukai dengan surat penagihan pajak yang resmi. Jika tidak bisa menunjukkan, sudah pasti itu merupakan modus penipuan.

Modus Penipuan dengan Menggunakan APK Melalui WhatsApp

Saat ini, siapa yang tidak menggunakan WhatsApp untuk komunikasi sehari-hari? Nah, ternyata penipu juga memanfaatkan platform ini untuk menipu para korbannya. Caranya adalah dengan berpura-pura menjadi kurir paket. Dalam pesan WhatsApp, pelaku akan mengirim aplikasi, dan jika Anda berhasil mendownloadnya, maka seluruh data penting Anda terkait dengan perbankan akan bocor. Modus penipuan ini dinamakan dengan sniffling, yang bertujuan untuk mencuri data serta informasi perbankan, kartu kredit, maupun password email Anda. Agar Anda terhindar dari modus penipuan berkedok kurir ini, apabila Anda menemukan ada kiriman file dengan ekstensi apk. dari nomor tidak dikenal, sebaiknya Anda abaikan atau sekalian blok jika perlu. Anda bisa cek apakah nomor tersebut penipu atau bukan melalui aplikasi seperti Get Contact dan True Caller.

1,547 Comments

  • Nely sucianti. 6 Januari 2024

    Saya juga sama kenal sama orang luar negri di medsos…dan sekarang dia mengirimkan paket untuk saya berupa barang seperti tas mewah , hp iphon,parfum, dan sejumlah uang…tapi saya harus bayar uang sebesar 3juta..dan dia bilang saya harus mengikuti intruksi dari pihak pengiriman…dan sampai saat ini belum ada ini belum ada intruksi dari pihak terkait…apakah saya juga mengalami penipuan….

    • Isna 12 Januari 2024

      gimana mba sudah ada info dr pihak pengiriman ?

  • rita 6 Januari 2024

    Saya berkenalan sama orang London , orang tersebut membelikan saya baju,tas, sepatu, handphone,disisi lain saya di suruh bayar pengiriman karena perusahaan disana meminta kepada penerima karena orang tersebut tidak punya mata uang Indonesia, sehingga saya suruh bayar..tolong bantuannya dan arahannya

  • Enggi 5 Januari 2024

    Saya punya teman di London kenalan lewat FB namanya Wang le

    Berhubung kemarin natal dia berniat mengirimkan hadiah dan sejumlah uang didalamnya.
    Paket ternyata sampe kurang dr 2 hari dan pihak ekspedisi meminta biaya kirim dan biaya izinnya. Sebesar 1 juta.
    Nah saya bilang gak ada uang, eh malah minta 500 ribu dulu nanti setelah paket sampe dibayar sisanya dan paketnya sampe dalam waktu 35 menit katanya. Mustahil kan paket sampe sesingkat itu dr jakarta ke lokasi saya sangat jauh 🤣🤣

    Ada yang ngalamin hal sama gak?

  • Enggi 5 Januari 2024

    Saya punya teman di London kenalan lewat FB namanya Wang le

    Berhubung kemarin natal dia berniat mengirimkan hadiah dan sejumlah uang didalamnya.
    Paket ternyata sampe kurang dr 2 hari dan pihak ekspedisi meminta biaya kirim dan biaya izinnya. Sebesar 1 juta.
    Nah saya bilang gak ada uang, eh malah minta 500 ribu dulu nanti setelah paket sampe dibayar sisanya dan paketnya sampe dalam waktu 35 menit katanya. Mustahil kan paket sampe sesingkat itu dr jakarta ke lokasi saya sangat jauh 🤣🤣

  • Iis kurniati 3 Januari 2024

    Saya mendapat kan paket berupa barang dari london tapi aku harus membayar pajak kirim 2 juta benar atau salah

  • Yadi gunaedi 3 Januari 2024

    Maaf teman”mau tanya, saya juga mau dapat kiriman paket dari luar negri tp katanya harus bayar pajak bea cukai untuk mendapatkan paket kotak trsb biaya pajak tersebut sebesar $1000=kira” 15 jt lah biaya,sedangkan saya tanya sama mereka tanda bukti pengiriman barang tidak da, bagaimana 🙏🙏🙏 pencerahan nya, kata nya besok pihak bea cukai akan tlp hub saya,,

  • Ema 1 Januari 2024

    Saya baru mengalami persis seperti mbak ani ini dia dari vietnam dan saya kehilangan uang 15 juta krn di ancem sama FBI

    Dan dia minta 20 juta lagi saya blok telegramnya

    • Rica 6 Januari 2024

      Orang yang saya kenal katanya juga dari Vietnam yang bekerja di Inggris,. Apakah aku akan tertipu dg orang ini ya,. Haruskah aku blokir,. Jika aku blokir,. Gmn nanti jika aku di hubungi oleh kurir itu,.

  • Nurmaya listia 31 Desember 2023

    Saya baru saja mendapatkan hadiah banyak tas dan hp iPhone dr Jerman dia mengirim saya Vidio lagi di office post kata nya mau mengirim barang orang nya baru saya kenal..gak tau gimana nanti bener apa tidak nya barang dikirim takut nya sama kaya yang lain cuman modus

    • Abi 7 Januari 2024

      Udah nyampe belum mba?

    • Isna 12 Januari 2024

      wkwkwkw sama lagi kaya aku

  • Linda setiawati 30 Desember 2023

    Iya sama aku juga baru kenal sama orang inggris namanya ahmed hasann..katanya dia mengirimkan paket uang.perhiasan dan ponsel..katanya saya harus bayar biaya pngiriman sebesar 3 jt.. ampuunn uang dari mana coba…tp saya bilang sama dia tidak di kirim paket nya saya tidak butuh..eh dia malah marah..

  • Saya apris bintan 30 Desember 2023

    Saya ada paket dari luar negeri london mau dikirim sama saya Diindonesia
    Dengan bbrpa barang yg cukup mahal harganya.dgn pakai jasa global express.barang katanya sudah tiba Diindonesia.tp blom bisa dianter kealamt tujuan. Karna harus bayar pajak dari penerima.apakah itu benar?mohon penjelasan nya. Trimksih

  • Pipin 23 Desember 2023

    Kok ceritanya sama kaya saya hari ini, orang baru kenal lewat wa mau kirim barang” Mewah dan uang dolar sebanyak 200.000 dan akan dipaketin 1 hari sampai. Gak masuk akal bgt. Untung aku cari” Lewat geogle ternyata ceritanya sama semua. Berarti kan penipuan

  • Heni 21 Desember 2023

    Saya juga punya pengalaman yg sama dengan mbak Dea Salim berkenalan dengan orang Thailand tinggal di England dan punya 1 anak,kemarin menunjukkan video sedang melakukan pengiriman hadiah kepada saya,tapi saya harus membayar di bea cukai sebesar 15 juta kl barang sampai dan didalam hadiah2 tsb ada juga uang utk membayar pajak bea cukai..trus saya bilang kl saya tidak ada uang bgmna kl saya dipinjami dl TF lewat ATM saya dijawab ok tapi tidak TF sampai sekarang…kl sampai barang datang dan saya tidak bisa bayar pajaknya apa yg harus dilakukan oleh teman-teman?

    • Abi 7 Januari 2024

      Gimana skrng?

  • Yeyen 21 Desember 2023

    Saya jg br berkenalan dgn pria bernama azril Muhammad dia jg akan mengirimkan saya paket berisi brng2 mewah,sy dah blng klo sy g pnya uang untuk byr pjk beacukai,tp dia mksa bngt akhrnya sy blokir sj no ny,yg sy bgg nti klo ada tlp dr pkt expedisi gmn?mohon sarannya

    • Abi 7 Januari 2024

      Udah nyampe belum barangnya?

  • Meystria Awairaro 21 Desember 2023

    Saya juga pernah berkenalan dengan seorang pilot Anthony dari Jerman, cuma kenalan lewat Facebook, dan dia bilang dia akan datang ke Indonesia untuk meminang saya, jadi dia ada mengirim paket untuk saya dari Jerman ke Indonesia selama 38 jam, akan tiba di Indonesia, dan setelah paket tersebut tiba di Jakarta, saya di hubungi dari perusahaan pengiriman CARGO AIRLINE (UPS) bahwa paket yang di kirim tuan pilot Anthony telah tiba di Jakarta, jadi saya harus membayar biaya pemindahan dan pajak bea cukai dan menurut pemeriksaan ada terdapat uang asing jadi harus bayar lagi OJK apakah ini penipuan tolong sarannya

  • Nn 20 Desember 2023

    Ini saya sedang mengalamj, berkenalan dengan seseorang lewat DM dia mengaku bekerja di london pergi ke paris ada perjannkan kontrak, membelikan oleh-oleh yang sangat banyak, dalam waktu semalam pagi-pagi sudah sampai dan saya ditelepon jasa paket 5juta tadinya saya mau transfer uang lagi pas-pasan mau diusahakan hutang, alhamdulillah istighfar bnyak2 browsing google,ternyata ada kisah sama. Ini fix penipuan. Langsung saya blokir nomernya

  • Amel 17 Desember 2023

    Kakak jangan percya itu adalah salah satu modus penipuan banyak orang, jangan mudah tergiur ya kakak,, makanya kita harus pandai” dalam bermain medsos karna penipuan seperti itu sudah sangat banyak zaman sekarang

  • Kadek anik 17 Desember 2023

    Saya mendapatkan bukti pengiriman barang dari luar negri SM tmn yg baru saya kenal, apakah dengan ada buktinya pengiriman itu bisa dipercaya?

  • Yesni Makidong 16 Desember 2023

    Saya sedang binggung saya baru berkenalan dengan seorang laki2 dari London mengirimkan saya barang2 mewah berupa tas sepatu jam baju dan sejumlah uang. tapi perusahaan memintak biaya pengiriman/bea cukai sebanyak 1juta kemudian saya minta di kurangi mereka minta saya membayar 500 ribu saja. apakah itu betuul? Mohon penjelasannya 🙏🙏

  • Dimensi 16 Desember 2023

    Ya allah kok sama ya sama saya,ini baru tgl 16 ini,apa aku harus bayar?
    Tapi kan aku gak minta,terus dah tak kasih alamatku,kalau gak aku bayar aku akan di penjara..
    Gimana ini?
    Kan aku gak minta ya,dia yang ngasih

  • Nabila 15 Desember 2023

    Astaga, kayaknya, kita kita ini hanya satu pelaku.
    Namnya muhammad Ahmed/Ahmed muhammad.

    Dia juga yng menipu saya, tapi sayang gagal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *