Bisnis

Inilah Cara Membuat Analisis SWOT dan Strateginya

Bagi pebisnis, perlu dilakukan rencana dan peta jalan yang strategis. Salah satu caranya adalah dengan menentukan SWOT, yang merupakan singkatan dari Strength, Weakness, Opportunity dan Threat yang berarti kekuatan, kelemahan, kesempatan serta  ancaman. Mungkin terdengar sulit untuk menentukan SWOT, namun kami akan mengulas cara membuat analisis SWOT serta strateginya. Yuk simak! Cara Membuat Analisis SWOT […]

Read More
Bisnis

Mengenal Apa itu Analisis Bisnis dan Manfaatnya

ungkin Anda pernah mendengar istilah analisis bisnis, atau business analysis. Untuk Anda yang seorang pebisnis, analisis bisnis ini perlu dilakukan untuk mengetahui apa yang harus diubah dari organisasi suatu perusahaan, dan untuk menghadapi beragam masalah yang dapat terjadi di lingkungan organisasi. Nah, apa saja jenis analisis bisnis dan manfaatnya? Yuk simak artikel di bawah ini! […]

Read More
Bisnis

Hal-hal Mengenai Strategi Distribusi yang Perlu Diketahui

Dalam dunia bisnis, tentunya perusahaan ingin produk sampai di tangan pelanggan dengan tepat waktu. Nah, kuncinya adalah di strategi distribusi produk. Setiap perusahaan mungkin dapat memiliki strategi distribusi yang berbeda-beda, tergantung pada produk yang dimilikinya. Oleh sebab itu, bisnis perlu mengetahui strategi distribusi serta distributor yang tepat agar barang-barang bisa sampai ke pelanggan akhir secara […]

Read More
Bisnis

Memahami Persediaan Barang Dagang Dalam Bisnis

Memiliki persediaan barang dagang yang rapi dan baik menjadi prioritas bagi sebuah bisnis, baik itu perusahaan berskala besar seperti supermarket, ataupun toko sembako yang berskala kecil. Dengan persediaan barang dagang yang bagus, perusahaan atau toko sembako akan memiliki stock yang sesuai dengan kebutuhan, dan tidak berlebihan (overstock).  Lantas, apa manfaat, jenis, dan strategi dalam pengelolaan […]

Read More
Bisnis Digital Marketing

Serba-serbi Mengenai Hashtag Instagram dan Kegunaannya

Instagram adalah salah satu platform berbagi foto dan video, yang cukup terkenal di Indonesia. Melansir dari laman Data Indonesia, pengguna Instagram sudah mencapai 109,3 juta per April 2023. Sungguh angka yang tidak sedikit ya? Nah, dengan melihat data tersebut, Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk melakukan promosi di Instagram. Salah satunya adalah melalui hashtag Instagram.  […]

Read More
Bisnis

Pahami Apa itu Bisnis Ritel dan Tujuannya

Bagi Anda yang sering berbelanja kebutuhan sehari-hari untuk rumah tangga, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bisnis ritel. Contoh bisnis ritel di Indonesia sangatlah banyak, termasuk minimarket, dan supermarket yang sudah bisa dijangkau dimana saja. Untuk contoh skala bisnis ritel yang kecil, yaitu toko sembako, warung sayur dan juga toko kelontong.  Lalu […]

Read More
Bisnis

Cara Menghitung Biaya Produksi, Ternyata Rumusnya Mudah!

Biaya produksi merupakan cost yang harus dikeluarkan bisnis ketika memproduksi produk atau menyediakan layanan. Biaya ini juga mencakup berbagai biaya, misalkan saja produsen memiliki biaya produksi yang berhubungan dengan bahan baku serta tenaga kerja yang dibutuhkan. Setelah produk tersebut sudah jadi, perusahaan akan mencatat nilai produk sebagai sebuah aset dalam laporan keuangannya sampai dengan produk […]

Read More
Bisnis

Pahami Mengenai Perang Harga dan Strateginya

Dalam dunia bisnis, pastinya ada persaingan ketat yang harus dihadapi oleh seller. Namun, jika tahu cara menghadapinya, pastinya bisnis akan bertahan lebih lama. Untuk Anda yang bergelut dalam bisnis online, tentunya Anda perlu mengetahui strategi perang harga. Untuk memahami mengenai lebih lanjut mengenai perang harga, yuk simak ulasan berikut ini mengenai perang harga.  Apa itu […]

Read More
Bisnis Digital Marketing

Rebranding: Pengertian, Jenis, Tujuan dan Alasan Bisnis Melakukannya

Bagi bisnis yang sudah berdiri lama, mungkin rebranding perlu dilakukan agar tetap sesuai dengan perkembangan zaman. Misalkan saja pembaruan logo, warna merek sampai dengan nama usaha. Hal ini dilakukan agar citra perusahaan terlihat ‘fresh’ dan sesuai untuk target pasar. Namun, rebranding tentunya harus direncanakan dengan matang, sebab kalau tidak perusahaan mungkin bisa menanggung risiko yang […]

Read More
Bisnis Digital Marketing

Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Target Pasar

Sebelum meluncurkan sebuah produk atau layanan, tentunya perlu diawali dengan berbagai persiapan. Salah satunya adalah dengan melakukan riset target pasar. Mereka lah yang nantinya akan membeli atau menggunakan layanan Anda. Oleh sebab itu, melakukan riset mengenai target pasar sangat penting dalam bisnis. Misalkan saja, Anda menjual produk seperti skincare, pastinya yang akan menjadi target pasar […]

Read More