Logistik

Cara Cepat Menghitung Ongkir Berdasarkan Jarak Pengiriman

cara menghitung ongkir berdasarkan jarak

Cara menghitung ongkir berdasarkan jarak maupun yang lainnya memang memiliki strategi yang berbeda-beda. Sehingga nantinya, Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan. Dengan begitu, keuntungan yang dapatkan akan jauh lebih optimal.

Cara Menghitung Ongkos Kirim

Cara menghitung ongkos kirim perlu dilakukan, sebelum akhirnya  menyerahkannya kepada jasa ekspedisi. Dengan menghitungnya, dapat dapat mengetahui perkiraan dari ongkir yang perlu dibayangkan. Terutama jika memang Anda berjualan secara online. Hal seperti ini terlihat diperhatikan dengan baik. Untuk informasi selengkapnya, silahkan simK informasi berikut ini!

Baca Juga : Cara Menentukan Biaya Jastip yang Menguntungkan dan Berkelanjutan

1. Cara Menghitung Ongkir Berdasarkan Berat Barang Kiriman 

Apabila Anda ingin mengirimkan barang sesuai dengan beratnya, maka langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu menimbang produk tersebut terlebih dahulu. Sebelum akhirnya, nanti Anda mengetahui harga dari ongkir produk tersebut. Pasalnya, perusahaan ekspedisi  memberikan harga kepada konsumennya setelah mengetahui besarnya berat dari barang kiriman. Ini juga bisa digunakan untuk cara menghitung ongkir COD!

  • Rumus

Ongkir = Berat Barang X Tarif/Kg

  • Contoh perhitungan:

Jasa ekspedisi A mematok harga Rp 4.000/ Kg untuk pengiriman Bandung ke Boyolali dengan berat pengiriman 100 Kg. Sehingga untuk ongkos kirim yang perlu Anda bayar yaitu Rp 400.000.

2. Menghitung Ongkos Kirim Berdasarkan Jarak

Selain berat, harga ongkir pun dipengaruhi berdasarkan jarak yang ditempuh pengiriman barang. Semakin jauh lokasi tujuan dari tempat pengiriman, maka harganya pun akan semakin tinggi.  Biasanya, harga berdasarkan jarak itu berkisar sekitar Rp 2.500 sampai dengan Rp 10.000.

Sementara, tarif harga mulai dari 15.000, tetapi cara menghitung ongkir berdasarkan jarak dengan Google Maps tersebut berbeda-beda tergantung dari kebijakan tiap  jasa ekspedisi. Untuk lebih detailnya, Anda dapat melihat tarifnya melalui website resminya. Anda juga dapat menghitung perkiraan harga ongkir melalui rumus berikut!

  • Rumus:

Ongkos Kirim = Jarak Pengiriman x Tarif/Km

  • Contoh perhitungannya:

Apabila harga ongkir Rp 5.000/ Km dan pengiriman barang ke lokasi konsumen atau penerima yaitu 10 Km. Maka, Anda dapat menjumlahkannya dengan cara mengalikan nominal tersebut sesuai dengan rumus. Sehingga, 50.000 x 10= 50.000. Dengan begitu, harga yang perlu Anda bayar adalah Rp 50.000.

cod

3. Cara Menghitung Ongkir Berdasarkan Volume

Ongkos kirim juga tidak hanya dipengaruhi oleh jarak dan berat, tetapi juga volume barang yang hendak dikirim. Biasanya barang yang menggunakan biaya ini yaitu memiliki ukuran besar, tetapi ringan.

  • Rumus:

Pengiriman Via Darat & Laut : P X L X T (dalam cm)/4000 = Kg X Tarif/Kg = Ongkos Kirim

Pengiriman Via Udara : P X L X T (dalam cm)/6000 = Kg X Tarif /Kg = Ongkos Kirim

  • Contoh perhitungannya:

Andi mengirimkan barang ke Makassar  dengan tinggi 60 cm, panjang 60 cm, dan lebar 60 cm. Dimana pengiriman ini akan menggunakan angkutan jalur darat dengan biaya Rp 3000/ Kg. Dengan begitu perhitungan nya adalah,

60 x 60 x 60/ 4000=  54 Kg. Maka, 54 Kg x 3.000/ Kg= 162.000.

4. Menghitung Ongkir sesuai dengan Jenis layanan

Anda juga dapat menghitung ongkos kirim sesuai dengan jenis layanan yang Anda ambil. Biasanya jasa ekspedisi  memiliki beberapa layanan. Dari mulai instan, sameday, express, ekonomi, maupun Reguler. Alasan utama mengapa tiap layanan berbeda, itu terletak dari kecepatan pengiriman barang ke lokasi.

Semakin cepat layanan yang Anda pilih, maka harganya juga semakin tinggi. Sehingga Anda dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, Anda mengirimkan barang ke Solo dan tidak terlalu terburu-buru untuk sampai ke lokasi. Maka, Anda dapat memilih jasa layanan ekonomi atau reguler. Berbeda dengan menemukan cara menentukan ongkos kirim makanan, maka membutuhkan waktu cepat untuk sampai. Apabila seperti itu, Anda dapat menggunakan layanan Express, sameday, maupun instan.

Faktor Penyebab Biaya Ongkir 

Setiap pengiriman itu harganya berbeda-beda, tergantung dari  ketentuan jasa ekspedisi yang dituju. Selain itu, ada pula beberapa faktor yang mempengaruhinya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya!

Baca Juga : Cara Menghitung Diskon dengan Tepat dan Efisien Agar Tidak Rugi

  • Kepadatan barang ( mencakup berat dan volume dari barang yang akan dikirim)
  • Jenis transportasi yang digunakan.
  • Resiko barang, apakah mudah rusak atau tidak. Misalnya, barang yang mudah pecah akan dikenakan biaya tambahan saat pengiriman karena memiliki resiko yang lumayan tinggi daripada biasanya.
  • Jarak tempuh
  • Volume barang yang hendak akan ada kirimkan ke lokasi tujuan.

Cara menentukan ongkir jualan online yaitu dapat menggunakan beberapa rumus. Dari mulai rumus perhitungan sesuai dengan berat, jarak tempuh, sampai akhirnya volume dari barang yang hendak Anda kirimkan. Selain itu, setiap perusahaan ekspedisi memiliki kebijakan harga tersendiri. Maka pastikan, Anda membaca informasi  mengenai kebijakan yang berlaku dalam website tersebut dengan detail.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *