Bisnis

Cara Efektif Jualan di TikTok Shop untuk Pemilik Usaha

cara jualan di tiktok shop

Cara jualan di tiktok shop menjadi salah hal yang perlu Anda ketahui, terutama jika ingin meningkatkan awareness dari bisnis atau produk. Hal ini karena Tiktok menjadi salah satu platform yang banyak digunakan oleh orang Indonesia. Khususnya anak muda atau remaja. Sehingga jika produk Anda memang diperuntukan bagi anak muda atau usia 20 tahunan, maka media ini cocok untuk dijadikan sarana promosi.

Cara membuat Akun Tiktok Shop

Jika Anda sudah memutuskan untuk jualan di tiktok shop, maka saatnya sekarang untuk melakukannya dengan serius. Akan tetapi, sebelum Anda melakukan hal tersebut, sebaiknya Anda untuk membuat akun toko terlebih dahulu. Dimana cara memulai jualan di tiktok shop memang agak berbeda, dibandingkan dengan membuat untuk pribadi.

Baca Juga : Tips dan Cara Iklan di TikTok yang Efektif, Yuk Intip!

1.     Membuka website seller tiktok

Hal yang perlu Anda lakukan pertama kali untuk cara jualan online di tiktok shop yaitu dengan membuka website resmi dari seller tiktok. Pasalnya, nanti Anda akan mendaftarkan akun toko melalui situs ini. Untuk lebih jauhnya, simak ulasan berikut ini dulu yuk!

  • ·  Anda dapat langsung membuka Chorme dan menuliskan seller-id.tiktok.com pada tab pencarian.
  • ·  Setelah itu, nantinya Anda akan dibawa ke pilihan menu.
  • ·  Klik “ Sign Up’’ dan pilihlah tab daftar sebagai Seller Tiktok
  • ·  Kemudian, nantinya Anda akan diminta untuk mengisi data-data yang dibutuhkan. Pasalnya, semua informasi tersebut dengan detail dan lengkap. Seperti halnya alamat email, lokasi bisnis, nomor ponsel, nomor KTP, dan lain sebagainya.
  • ·  Apabila semua sudah terisi, nanti Anda tinggal mengupload foto KTP untuk memverifikasi bahwa informasi yang Anda masukan memang benar.
  • ·  Setelah itu, nantinya Anda perlu melengkapi beberapa data produk. Seperti halnya foto, meta deskripsi, rekening bank, dan lain sebagianya.
  • ·  Akun Anda telah berhasil dibuat dan telah siap untuk berjualan.

2.     Menyiapkan profil bisnis

Setelah Anda berhasil membuat akun toko di TikTok, maka langkah selanjutnya dalam melakukan cara sukses jualan di tiktok shop yaitu membuat profil bisnis yang menari. Sehingga konsumen dapat tertarik untuk belanja di toko Anda. Untuk melakukan hal tersebut, Anda dapat melakukan beberapa tahapan berikut ini!

  • ·  Memilih gambar atau logo dengan kualitas gambar yang tinggi
  • ·  Membuat deskripsi toko secara detail dan lengkap, dimana hal tersebut menggambarkan citra perusahaan dan produk yang Anda jual. Meskipun begitu, buatlah dengan singkat dan enak dibaca.
  • ·  Usahakan untuk membuat profil toko tampak profesional sehingga dapat membuat orang yang melihatnya dapat percaya.

3.     Membuat deskripsi produk

Setelah Anda membuat deskripsi toko, maka sekarang saatnya  untuk membuat deskripsi produk yang Anda jual. Hal ini dilakukan supaya calon konsumen  dapat mengetahui manfaat dari produk yang ditawarkan. Akan tetapi, lebih penting lagi informasi tersebut dikemas dengan soft selling dan memberikan kesan bahwa produk tersebut merupakan solusi atas permasalahan yang dihadapinya.  Hal ini berlaku untuk cara jualan di tiktok tanpa stok barang maupun menyetok barang banyak.

cod

Tips Jualan di Tiktok Shop yang efektif 

Apabila Anda telah berhasil membuat akun tiktok, maka sekarang saatnya untuk menemukan cara jualan di tiktok keranjang kuning. Lalu apa saja yang perlu Anda lakukan untuk berjualan di TikTok. Untuk lebih jauhnya simak ulasan berikut ini!

1. Memahami target market

Hal pertama untuk cara menjual produk orang lain di tiktok yaitu bisa berjualan yaitu dengan memahami target market yang disasar. Dari segi umur, budaya yang diikuti, dan lain sebagianya. Pasalnya, dalam membuat konten, menentukan kemasa, dan lain sebagianya informasi ini akan sangat membantu.

2.     Membuat konten yang menarik

Buatlah konten-konten yang sesuai dengan target market Anda. meliputi ide konten, visualisasi, sampai dengan gaya bahasa. Hal ini dapat membantu target market enjoy dan betah untuk memahami informasi yang tersedia. Anda juga dapat memanfaatkan hal yang sedang viral dengan catatan bahwa itu dibuat masih relevan dengan produk dan tujuan Anda.

3.     Manfaatkan Fitur Live Tiktok

Aplikasi ini memiliki fitur untuk live dan memungkinkan untuk banyak orang berkunjung saat Anda live. Tentunya jualan di tiktok live menjadi salah satu kesempatan untuk Anda dapat memasarkan produk dengan jangkauan yg jauh lebih luas. Selain itu, perhatikan juga durasi dalam  cara jualan di tiktok live. Dimana durasi yang disarankan yaitu sekitar 1 hingga dengan 2 jam.

4.     Manfaatkan Affiliate dan TikTok Ads

Untuk dapat memaksimlakn performa dari toko Anda, maka cobalh untuk memaksimalkan fitur affiliate dan ads.  Selain itu, jika Anda memang tidak memiliki produk, maka dapat berjualan dengan menawarkan program affiliate sehingga hal ini dapat menjadi cara jualan di tiktok shop tanpa modal.  Selain itu, sebelum itu sebaiknya Anda dapat mempelajarinya dengan lebih teliti. Sehingga nantinya saat menggunakan ads, kontennya akan sampai sesuai dengan target market yang dituju.

Baca Juga : Apa Itu Social Commerce? Manfaat dan Contoh Platform Social Commerce

5.     Menganalisa performa

Tidak hanya memasarkannya saja, tetapi menganalisa performa dari Toko Anda itu juga sangat penting. Pasalnya, disana Anda dapat mengetahui mana yang perlu diperbaiki dan mana yang akan ditingkatkan  melalui fitur ini sendiri, nantinya Anda dapat melihat impresi, komentar, jumlah suka, dan lain sebagainya.  Hal ini pun perlu Anda lakukan mengingat TikTok Shop telah bekerjasama dengan Tokopedia. Sehingga cara jualan di tiktok shop Tokopedia sangatlah penting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *