Bisnis

6 Cara Memulai Bisnis Logistik, Masih Menjanjikan di 2023!

bisnis logistik

Bisnis logistik adalah industri yang mengelola perpindahan barang dari asal ke tujuan akhir, yang umumnya adalah pelanggan atau tempat konsumsi tertentu, guna memenuhi permintaan yang spesifik.

Industri logistik adalah sektor yang mengalami pertumbuhan signifikan. Pertumbuhan ini tidak terlepas dari perubahan tren dan gaya hidup masyarakat yang semakin cenderung memanfaatkan teknologi informasi dalam memenuhi kebutuhan mereka. Sebagai contoh bisnis logistik, pesanan dan pembelian barang melalui platform daring telah menjadi hal umum, yang secara otomatis memerlukan peran penting dari layanan logistik dalam proses pengantaran.

Apa yang dimaksud dengan Bisnis Logistik?

Sebelum membahas mengenai cara memulai bisnis logistik, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu bisnis logistik. Bisnis logistik adalah kegiatan yang mengedepankan manajemen pergerakan barang dari lokasi asal ke tujuan dengan niatan untuk memenuhi keinginan pelanggan serta memelihara kelancaran pasokan produk dengan efisiensi. Dalam hal ini, terlibat beragam tindakan proses bisnis logistik seperti transportasi, penyimpanan, pengepakan, distribusi, serta pengawasan dan penyelarasan keseluruhan proses guna memastikan barang tiba tepat waktu dan dalam kondisi yang optimal kepada konsumen atau pihak yang dituju.

Baca Juga : 50 Rekomendasi Nama Toko Islami Agar Usaha Semakin Berkah

Cara Memulai Bisnis Logistik

Berikut adalah tips dalam cara membuka usaha logistik, yaitu antara lain:

1. Tentukan Jangkauan Usaha Logistik Anda

Dalam industri logistik, terlibat dalam kegiatan pengiriman barang yang memiliki cakupan yang beragam dari berbagai lokasi dan wilayah. Namun, tidak semua pelaku bisnis dalam sektor ini memiliki kapasitas untuk mengirimkan paket ke setiap lokasi. Oleh karena itu, langkah awal yang penting adalah menetapkan batasan jangkauan pengiriman kargo yang dapat Anda lakukan.

Daerah yang paling terdekat yang bisa dijangkau adalah pengiriman dalam satu kota, diikuti oleh pengiriman antar kota di dalam satu provinsi. Jika perusahaan logistik Anda memiliki sumber daya yang memadai, Anda dapat memperluas jangkauan pengiriman hingga mencakup antar provinsi yang masih berada dalam satu pulau.

2. Ketahui Bentuk Usaha Apa yang Anda Miliki

Langkah selanjutnya dalam memulai bisnis logistik adalah menentukan bentuk perusahaan jasa pengiriman paket yang akan Anda dirikan. Pilihan ini akan tergantung pada jumlah sumber daya yang Anda miliki, seperti modal finansial, kendaraan, dan karyawan yang akan Anda rekrut. Setiap jenis badan usaha logistik memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

3. Buat Rencana Kegiatan Operasional Bisnis Anda

Salah satu langkah tambahan yang layak dicoba dalam memulai bisnis logistik adalah mengembangkan rencana bisnis atau Standar Prosedur Operasional (SOP). Rencana ini berfungsi untuk mengatur penugasan khusus dalam tugas-tugas serta menetapkan tujuan pengiriman yang spesifik untuk setiap paket barang yang diterima. 

Jika bisnis logistik Anda beroperasi dengan jadwal yang tidak setiap hari, penting untuk menyusun jadwal pengiriman pada hari-hari tertentu. Langkah ini membantu dalam menetapkan target harian atau mingguan yang harus dicapai. Selain itu, Anda juga dapat menentukan pegawai yang akan bertanggung jawab atas pengiriman paket pada hari-hari tertentu.

banner Agen Retail

4. Hitung Modal Usaha yang Anda Perlukan

Cara memulai bisnis logistik adalah dengan menghitung modal usaha yang diperlukan. Aspek modal usaha penting dan tidak boleh dilupakan. Ini mencakup berbagai biaya seperti pengeluaran untuk kendaraan, biaya sewa tempat, serta biaya perizinan usaha, semuanya harus dianalisis secara teliti dan tercatat dalam catatan keuangan Anda.

Pastikan untuk memisahkan biaya peralatan kantor seperti alat pengukur barang, perlengkapan kantor, dan komputer dari biaya sewa tempat usaha. Selain itu, pastikan juga Anda memiliki dana cadangan yang dapat digunakan dalam situasi darurat untuk menjaga kelangsungan bisnis Anda jika menghadapi situasi yang tidak terduga.

5. Daftarkan Bisnis Anda Untuk Mendapatkan Izin Resmi

Langkah berikutnya dalam memulai bisnis logistik adalah melakukan pendaftaran entitas bisnis Anda kepada otoritas yang berwenang. Setiap perusahaan harus memiliki surat izin resmi untuk dapat menjalankan operasinya. Dalam dunia bisnis, istilah yang umum adalah Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP. Pada tahun 2007, Kementerian Perdagangan Indonesia mengeluarkan peraturan terkait penerbitan SIUP dengan Nomor 36/M-DAG/PER/9/2007, yang nantinya mengalami beberapa revisi.

SIUP ini berbentuk formulir yang memuat informasi seperti nama perusahaan, nomor identifikasi perusahaan, dan alamat kantor pusat. Selain itu, Anda juga harus memberikan data-data penting seperti fotokopi NPWP, fotokopi KTP, dan salinan akta pendirian perusahaan.

6. Utamakan Pelayanan yang Profesional kepada Konsumen

Langkah terakhir dalam memulai bisnis logistik adalah memberikan pelayanan terunggul kepada pelanggan untuk membangun kepercayaan dan mendapatkan rekomendasi dari mereka. Pelayanan ini mencakup pengiriman barang sesuai jadwal, menjaga kualitas barang yang diangkut, dan mengedepankan keamanan yang ketat selama proses pengantaran.

Selain itu, penting juga untuk memastikan bahwa paket kiriman tidak mengalami kerusakan atau lecet sama sekali selama perjalanan. Anda dapat mengatasi hal ini dengan menggunakan tempat penyimpanan yang tahan terhadap cuaca, suhu, dan benturan, sehingga paket tetap terjaga dalam kondisi yang baik.

Baca Juga : 5 Manfaat Bisnis Online di Era Digital, Ladang Cuan Terbaik!

Memulai Bisnis Logistik bersama SAP Express

Untuk Anda yang sedang mencari mitra usaha ekspedisi, Anda bisa memulai bisnis bersama SAP Express. Peluang besar ada dalam mendirikan bisnis layanan pengiriman barang karena meningkatnya transaksi jual-beli online yang memicu permintaan yang semakin tinggi terhadap layanan ekspedisi.

Hanya mulai dengan 350 ribu rupiah saja sekali bayar, Anda bisa memiliki usaha ekspedisi rumahan. Saat ini, industri ritel pengiriman memiliki potensi yang sangat besar, terutama dengan keunggulan yang dimiliki oleh SAP Express yang menawarkan jangkauan layanan COD yang paling luas ke seluruh penjuru Indonesia. Gabung bersama mitra agen ritel SAP Express dan nikmati manfaatnya!

Demikian ulasan kali ini mengenai cara memulai bisnis logistik yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Bisnis logistik memiliki potensi besar dan terus menjanjikan di tengah perkembangan transaksi jual beli online yang semakin meluas. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat untuk bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *