Bisnis

Cara Retur Barang di Tokopedia untuk Pengalaman Berbelanja yang Lebih Baik

cara retur barang di tokopedia

Cara retur barang di Tokopedia sebenarnya cukup mudah, Anda hanya perlu mengikuti beberapa instruksi sesuai dengan arahan yang diberikan oleh marketplace tersebut.

Biasanya, layanan ini digunakan oleh pembeli atau konsumen karena terdapat ketidaksesuaian dengan barang. Dimana barang yang konsumen lihat di marketplace tidaklah sama dengan yang dikirim. Namun, bisa juga karena terjadinya kerusakan pada barang tersebut.

Bagaimana Cara Retur Barang Di Tokopedia?

Cara retur barang di tokopedia gratis ongkir bisa saja Anda dapatkan, apabila metode yang Anda lakukan tepat. Namun, sebelum mengajukan refund atau pengembalian barang, sebaiknya Anda untuk mendiskusikannya terlebih dahulu kepada penjual.

Baca Juga : Strategi Cara Jualan di Tokopedia yang Efektif untuk Pemula

  • Jika Anda dan penjual telah setuju mengajukan retur, maka nantinya pelanggan dapat mengirimkan barang sesuai dengan alamat yang diberikan oleh penjual
  • Kemudian, nantinya dokumentasikan pengemasan maupun kondisi paket sebelum mengirimkan kepada penjual. Guna menghindari kendala atau hal lainnya yang tidak diinginkan
  • Lampirkan nomor invoice yang mengalami kendala di luar paket
  • Apabila Anda menggunakan asuransi pengiriman, maka dapat memilih pengiriman Tokopedia
  • Sehingga nantinya dapat langsung request untuk pick up di pusat Resolusi
  • Namun, jika tidak, Anda dapat langsung datang ke agen atau jasa pengiriman yang bekerjasama dengan Tokopedia. Seperti halnya Sicepat, SAP Express, dan lain sebagianya.
  • Untuk menggunakan cara tukar barang di Tokopedia ini, pastikan untuk tidak menggunakan layanan COD

Proses Retur Barang di Tokopedia

Proses ini sendiri dapat dibedakan menjadi dua kategori, yaitu karena barang yang dikirim penjual tidaklah sesuai dengan yang terupload di marketplace. Namun, bisa juga karena produk mengalami kerusakan saat diterima oleh pembeli. Lalu cara retur barang di tokopedia, simak ini!

1. Pengembalian Dana karena Barang Tidak Sesuai

Cara ini dapat Anda praktikan saat menerima barang yang tidak sesuai dengan karakteristik maupun pesanan. Misalnya, Anda memesan baju berwarna merah bata, tetapi yang datang ternyata warna pink. Untuk cara retur barang tidak sesuai di Tokopedia dapat menggunakan cara berikut ini!

  • Masuk ke dalam  aplikasi Tokopedia atau website
  • Pilih kategori ‘’ Pesan sudah diterima (sebagian atau semua)
  • Kemudian, pilihlah masalah yang bertuliskan ‘’ Produk tidak sesuai deskripsi”
  • Setelah itu, pilihlah jenis maupun jumlah produk yang terkendala, lalu Klik ‘’ Simpan’’
  • Lalu, isilah kolom alasan Anda complain (minimal 30 karakter) dan  lampirkan video maupun foto untuk menunjang data pada kolom ‘’ Bukti’’.
  • Setelah itu, klik simpan
  • Kemudian, pastikan keseluruhan informasi yang tercantum dan bukti telah lengkap.
  • Lalu cara retur barang di Tokopedia selanjutnya, yaitu “Ajukan Komplain’’
  • Pengajuan telah selesai dilakukan

2. Cara Mengajukan Pengembalian Dana karena Barang Rusak

Untuk mendapatkan dana kembali dari barang yang rusak saat diterima yaitu dengan melakukan pengajuan. Dimana cara retur barang di tokopedia yang sudah diterima memang agak berbeda dengan cara sebelumnya. Untuk lebih jauh, simak ulasan berikut ini dulu yuk!

  • Setelah berada pada halaman atau aplikasi Tokopedia, hal yang perlu Anda lakukan adalah memiliki kategori yang bertuliskan  “Pesanan sudah diterima (semua atau sebagian)”
  • Kemudian, pilih masalah yang bertuliskan  “Produk rusak”.
  • Lalu, pilih jenis sekaligus jumlah produk yang memang mengalami kendala
  • Setelah itu, klik ‘’Simpan’’
  • Islaha deskripsi dengan alasan pengajuan komplain dan lampirkan dokumentasi yang membuktikan  pengajuan komplain tersebut. Seperti halnya video maupun foto kemasan maupun produk yang rusak.  Sehingga nantinya penjual dapat dengan mudah mengetahui kendalanya seperti apa.
  • Cara retur barang rusak di Tokopedia selanjutnya yaitu memastikan semua informasi yang disampaikan oleh Anda lengkap dan benar.
  • Jika sudah yakin, maka klik ‘’Ajukan Komplain’’
  • Kemudian, Anda tinggal menunggu respon dari penjual

Note: Pastikan deskripsi diisi dengan minimal 30 karakter

cod

Cara Refund Barang di Tokopedia yang Gratis Ongkir

Ada beberapa pengalaman retur barang Tokopedia untuk gratis ongkir dengan melakukan beberapa tahapan dibawah ini. Untuk informasi lebih jauhnya, simak ulasan berikut ini!

1.      Cara Klaim Ongkir Refund

Bagi Anda yang ingin melakukan refund barang melalui Tokopedia, tetapi tidak ingin mengeluarkan ongkos kirim, maka dapat mengklaim ongkir ini dengan mengajukan komplain kepada penjual. Untuk caranya sendiri, ikuti beberapa langkah ini!

  • Kirimkan barang yang hendak dikembalikan kepada layanan kurir terdekat
  • Kemudian isilah data pengirim dan klik ‘’ Simpan’’
  • Selanjutnya pilih ‘’Lanjut Konfirmasi’’
  • Pengiriman Anda telah berhasil dikonfirmasi
  • Setelah itu, klik ‘’ Klaim Ongkir’’
  • Kemudian tunggulah sampai barang diterima kembali oleh penjual
  • Jika, penjual sudah mengkonfirmasi penerimaan barang, Anda dapat mengecek status nya dengan cara mengklik ‘’ Selengkapnya’’
  • Klaim ongkir Anda telah berhasil diajukan

Note: Konsumen telah menggunakan asuransi pengiriman

2.      Cara Klaim Ongkir Return Tukar

 Jika Anda ingin melakukan retur barang, maka dapat menggunakan cara berikut ini! sehingga ongkos kirim dari tukar barang yang Anda pesan dapat dilakukan tanpa membayar ongkir. Sebenarnya, cara retur barang di shopee yang sudah diterima hampir mirip dengan retur barang di Tokopedia.

  Cara pertama

  • Pembeli mengirimkan  barang ke penjual
  • Masuk ke dalam  halaman “Konfirmasi No. Resi” dan isilah semua data pengiriman
  • Klik ’Simpan’’
  • Isi semua data pengiriman untuk dapat mengkonfirmasi No. Resi di Marketplace tersebut
  • Kemudian, pilih ‘’Lanjut konfirmasi’’
  • Setelah itu, pilihlah ‘’klaim ongkir’’
  • Pengiriman berhasil di konfirmasi
  • Jika Anda menggunakan Asuransi pengiriman, maka Anda dapat melakukan klaim ongkos kirim dengan mengklik “Klaim Ongkir”
  • Tunggulah beberapa saat sampai klaim tersebut berhasil
  • Setelah itu, status akan berubah jika penjual sudah konfirmasi penerimaan barang menjadi “ Verifikasi Dokumen”
  • Anda dapat mengecek status terkini dengan mengklik “ Selengkapnya”
  • Konfirmasi pengajuan tersebut
  • Pengajuan selesai

Baca Juga : Inilah Kurir Rekomendasi Tokopedia Solusi Terpercaya untuk Pengiriman Barang Anda

Cara kedua

  • Klik ‘’Upload foto KTP’’ untuk dapat mengajukan ongkir retur barang
  • Penjual mengirimkan barang yang diganti.
  • Pada halaman Konfirmasi No. Resi, isi data pengiriman Anda kemudian klik “Simpan”.
  • Selanjutnya klik “Lanjut Konfirmasi”.
  • Pengiriman Anda berhasil dikonfirmasi.
  • Apabila Anda menggunakan Asuransi Pengiriman, lakukan klaim ongkir dengan klik “Klaim Ongkir”.
  • Klaim ongkir berhasil diajukan
  • Jika Anda sudah mengkonfirmasi penerimaan barang, nantinya setatus akan berubah menjadi,” Verifikasi Dokumen”
  • Setelah itu, pilihlah “selengkapnya”
  • Pengajuan Klaim Anda selesai.

Biaya Retur Barang dan Siapa yang Tanggung

Untuk masalah biaya sebenarnya hal tersebut tergantung , bisa pembeli atau penjual yang menanggungnya. Untuk informasi lengkapnya simka uraian berikut ini!

  1. Jika Anda melakukan transaksi di official Store dan menggunakan asuransi, maka penjual yang akan menanggung biaya ongkos kirim untuk retur barang
  2. Apabila Anda Melakukan transaksi dengan tidak menggunakan asuransi pengiriman, maka biaya ongkir retur ditanggung oleh salah satu pihak. Dimana hal tersebut sesuai dengan kesepakatan penjual maupun pembeli sesuai kesepakatan admin.
  3. Jika ada selisih ongkir, Anda sebagai seorang pembeli dapat melakukan pengajuan pengembalian selisih ongkir.

Untuk pengembalian barang dijemput Tokopedia itu dapat dilakukan apabila memenuhi syarat maupun ketentuan yang berlaku. Misalnya, menggunakan asuransi pengiriman dari Tokopedia  dan menggunakan fitur Dijemput Tokopedia yang dapat Anda temukan di Pusat Resolusi pembeli atau penjual. Selain itu, alamat pengirim maupun pembeli masih terjangkau oleh kurir yang telah bekerjasama dengan Tokopedia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *