Bisnis Digital Marketing Marketing

5 Cara Riset Produk Terlaris Melalui Internet

cara riset produk

Sebelum menerapkan strategi untuk berbisnis online, Anda sebaiknya memahami cara riset produk yang jitu, agar produk jualannya laku secara signifikan. Perlu Anda pahami bahwa mencari produk tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan karena akan membuat produk gak laku menjadi sangat besar.

Namun, sebelum Anda mengetahui cara untuk mendapatkan produk berkualitas, sebaiknya pahami dulu mengenai riset produk itu sendiri.

Apa Itu Riset Produk? 

Riset produk adalah proses sistematis untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi informasi terkait dengan produk yang sedang dikembangkan atau yang sudah ada di pasaran. 

Baca Juga : Cara Membuat Kode Produksi Serta Fungsinya pada Kemasan

Tujuan dari riset produk adalah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan pelanggan, tren pasar, dan persaingan. Dengan memahami cara riset produk terlaris, maka perusahaan dapat membuat keputusan yang informasional dan strategis terkait dengan produknya.

Melalui riset produk yang cermat, perusahaan dapat mengurangi risiko kegagalan produk, meningkatkan daya saing, dan menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Riset produk merupakan bagian integral dari pengelolaan produk dan strategi pemasaran yang sukses.

Cara Riset Produk Terlaris Melalui Internet

1. Google Trends

Cara menggunakan google trends untuk riset produk sangatlah simpel sehingga bisa dipelajari dengan cepat oleh para pemula.

Berikut adalah langkah-langkah cara melakukan riset produk menggunakan Google Trends:

  • Buka situs Google Trends di https://trends.google.com.
  • Di bagian atas halaman, pilih lokasi atau negara yang relevan dengan target pasar Anda. 
  • Anda juga dapat memilih rentang waktu tertentu untuk melihat tren yang lebih spesifik.
  • Masukkan kata kunci atau topik terkait dengan produk atau industri yang ingin Anda riset. 
  • Google Trends akan memberikan data tentang sejauh mana kata kunci tersebut dicari seiring waktu.
  • Lihat grafik tren pencarian untuk memahami perubahan popularitas suatu kata kunci atau topik seiring waktu. 
  • Pilih “Tren Terkini” untuk melihat data terbaru.
  • Gunakan filter di sebelah grafik untuk menyaring berdasarkan kategori, jenis pencarian (web, gambar, berita, YouTube), dan sumber berita.
  • Jika Anda memiliki beberapa kata kunci atau topik, gunakan opsi “Bandingkan” untuk membandingkan tren pencarian mereka.
  • Di bawah grafik, lihat bagian “Pertanyaan Terkait” untuk mengetahui pertanyaan yang sering diajukan terkait dengan kata kunci Anda. 
  • Gunakan opsi “Lokasi” untuk melihat tren pencarian berdasarkan wilayah tertentu. 
  • Jika Anda ingin tetap diperbarui tentang tren tertentu, Anda dapat mengatur notifikasi melalui opsi “Notifikasi”.
  • Gunakan opsi “Eksplorasi” untuk membandingkan beberapa produk atau kata kunci sekaligus dan melihat tren pencarian mereka.
  • Jika diperlukan, Anda dapat mengunduh data tren pencarian dalam format CSV untuk analisis lebih lanjut.

Google Trends dapat memberikan wawasan yang berharga tentang minat pengguna terhadap produk atau topik tertentu. Selain itu, Anda dapat menggunakan fitur-fitur seperti “Berita Terkini” dan “Pencarian Terkait” untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. 

2. Tokopedia

Sama dengan Google Trend, cara riset produk terlaris di Tokopedia juga bisa dilakukan dengan proses yang mudah dan cepat. Untuk melakukan riset produk terlaris di Tokopedia, Anda dapat menggunakan beberapa cara dan fitur yang disediakan.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Buka situs Tokopedia dan jelajahi kategori produk yang sesuai dengan bisnis atau minat Anda. 
  • Temukan tombol atau filter “Best Seller” di halaman kategori.
  • Lihat produk-produk terlaris di kategori tersebut. 
  • Gunakan fitur filter Tokopedia untuk menyaring produk berdasarkan kriteria tertentu seperti harga, penilaian pelanggan, atau merek.
  • Baca ulasan pelanggan untuk produk terlaris. 
  • Tokopedia juga menyediakan daftar “Hot List” yang menampilkan produk yang sedang tren atau laku keras.
  • Perhatikan harga produk terlaris dan apakah ada penawaran khusus atau diskon tertentu yang membuatnya menarik bagi pelanggan.
  • Tinjau seberapa lama produk tertentu telah menjadi produk terlaris.
  • Lihat produk sejenis atau komplementer yang sering dibeli bersamaan dengan produk terlaris. 

Dengan menggunakan langkah-langkah ini, Anda dapat mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang produk terlaris di Tokopedia. Selain itu, Anda bisa mendapatkan wawasan untuk pengembangan produk atau strategi pemasaran.

Bisnis online

3. Facebook

Cara riset produk terlaris di facebook melibatkan penggunaan berbagai fitur dan metode untuk mengidentifikasi tren, minat, dan preferensi pengguna. 

Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan riset produk terlaris di Facebook:

  • Jika Anda memiliki halaman bisnis di Facebook, Anda dapat menggunakan fitur Facebook Insights untuk memahami demografis.
  • Cari grup dan komunitas di Facebook yang relevan dengan industri atau produk Anda.
  • Jika Anda telah menggunakan iklan Facebook, gunakan Facebook Pixel untuk melacak perilaku pengguna di situs web Anda. 
  • Perhatikan jenis iklan, pesan yang digunakan, dan tindakan panggilan (call-to-action) yang mungkin menarik bagi pengguna.
  • Telusuri kategori dan produk yang populer di Facebook Shop dan Marketplace untuk mendapatkan wawasan tentang apa yang diminati pengguna.
  • Gunakan fitur pencarian di Facebook untuk mencari kata kunci, merek, atau produk tertentu. 
  • Banyak halaman di Facebook menggunakan survei atau poling untuk mengumpulkan pendapat pengguna, pastikan Anda Amati hasilnya.
  • Ikuti iklan sosial dan kontes yang mungkin diadakan oleh bisnis sejenis atau di industri yang relevan.
  • Halaman bisnis di Facebook sering memiliki bagian ulasan dari pengguna dan Anda bisa menelusuri ulasannya.
  • Telusuri halaman Facebook dari pesaing Anda dan amati produk apa yang banyak dibicarakan atau didiskusikan.
  • Event atau pameran produk sering kali dipromosikan di Facebook dan perhatikan apa yang sedang tren di event-event tersebut.
  • Jika memungkinkan, lakukan wawancara atau ajukan pertanyaan langsung kepada pengikut atau pengguna potensial Anda di Facebook. 

Melalui kombinasi langkah-langkah ini, Anda dapat mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang produk terlaris di Facebook dan menciptakan strategi berdasarkan wawasan yang Anda peroleh.

4. Tiktok Shop

TikTok Shop adalah fitur yang memungkinkan bisnis dan pencipta konten untuk menjual produk langsung melalui platform TikTok. Cara riset produk terlaris di Tiktok Shop perlu dilakukan dengan baik, agar Anda mendapatkan produk yang sesuai dan laku dipasaran.

Untuk melakukan riset produk terlaris di TikTok Shop, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Buka TikTok dan jelajahi bagian TikTok Shop untuk melihat produk yang ditawarkan oleh berbagai bisnis dan pencipta konten. 
  • Amati produk yang menjadi populer di TikTok Shop. 
  • TikTok Shop menyediakan filter dan kriteria pencarian untuk membantu menyaring produk berdasarkan kategori, harga, atau merek.
  • Ikuti akun pencipta konten atau toko yang menawarkan produk yang menarik bagi Anda.
  • Baca ulasan pelanggan pada produk di TikTok Shop. 
  • Ikuti siaran langsung yang relevan untuk melihat produk-populer yang dijelaskan oleh pencipta konten atau bisnis.
  • TikTok Shop sering kali menyelenggarakan acara atau kampanye tertentu yang melibatkan penawaran khusus atau diskon. 
  • Beberapa produk di TikTok Shop mungkin menyertakan QR Code yang mengarahkan Anda langsung ke toko online atau halaman produk. 
  • Perhatikan hashtag terkait dengan produk atau merek tertentu di TikTok.
  • Selain hashtag produk, ikuti juga hashtag yang sedang tren secara umum. 
  • Gunakan fitur poll dan komentar untuk berinteraksi dengan komunitas TikTok Shop. 
  • Gunakan fungsi pencarian dan filter di TikTok Shop untuk menemukan produk berdasarkan kriteria tertentu.

Melalui kombinasi langkah-langkah ini, Anda dapat mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang produk terlaris di TikTok Shop.

5. Instagram

Cara riset produk yang lagi trend di Instagram bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai metode dan fitur yang tersedia. 

Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan riset produk terlaris di Instagram:

  • Gunakan fitur Instagram Shopping untuk menjelajahi dan menemukan produk yang ditawarkan oleh berbagai merek.
  • Ikuti akun merek terkenal atau populer di industri atau kategori produk yang Anda minati. 
  • Telusuri hashtag terkait dengan produk atau industri tertentu. 
  • Jelajahi fitur “Explore” di Instagram untuk menemukan postingan terbaru dan populer di berbagai kategori.
  • Lihat stories dan video IGTV dari akun merek atau influencer untuk mengetahui produk terlaris dan konten terkait.
  • Tinjau postingan dari akun bisnis atau merek yang memiliki banyak interaksi, seperti like, komentar, dan penyimpanan.
  • Saat Anda melihat Stories yang memiliki produk yang dapat dibeli, Anda dapat langsung menuju ke halaman pembelian produk tersebut.
  • Pencipta konten sering kali membagikan produk favorit mereka atau mereview produk di Instagram. 
  • Gunakan fungsi pencarian di Instagram untuk mencari kata kunci, merek, atau produk tertentu.
  • Instagram memiliki fitur hasil pencarian produk yang memungkinkan Anda melihat postingan dan produk terkait dengan kata kunci.
  • Baca ulasan dan komentar pada postingan yang mempromosikan produk tertentu.
  • Jika Anda memiliki akun bisnis di Instagram, manfaatkan Instagram Insights untuk melihat kinerja postingan dan Stories Anda.

Dengan menggabungkan berbagai metode ini, Anda dapat mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang produk terlaris di Instagram dan mengidentifikasi tren serta preferensi pengguna.

Baca Juga : Pentingnya Desain Kemasan Produk Untuk Menarik Minat Konsumen

Kesimpulan

Dari seluruh bahasan diatas, dapat disimpulkan bahwa cara riset produk di internet bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai tools dan metode. Dengan memperhatikan berbagai aspek riset produk di internet, Anda pasti dapat membuat keputusan informasional yang lebih baik dalam pengembangan, pemasaran, dan peningkatan produk. 

Riset produk pastinya menekankan pentingnya pendekatan holistik dan fleksibel dalam mengumpulkan dan menganalisis informasi produk. Sekian bahasan lengkap mengenai cara riset produk di internet dan semoga semua bahasannya bisa bermanfaat buat para pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *