Logistik

Waspada, Begini Ciri-ciri Penipuan Paket Luar Negeri yang Perlu Anda Tahu!

penipuan paket luar negeri

Membeli paket dari luar negeri saat ini bukanlah perkara sulit. Anda bisa membeli barang dari negara manapun yang Anda mau. Hanya melalui smartphone, Anda bisa mendapatkan berbagai paket luar negeri. Namun hati-hati, ciri-ciri penipuan paket luar negeri perlu Anda waspadai supaya tidak tertipu.

Pasalnya, saat ini banyak oknum nakal yang memanfaatkan mudahnya jual beli online luar negeri dengan cara menipu. Perlu Anda ketahui bahwa pengiriman paket dari luar negeri membutuhkan biaya bea cukai serta biaya lainnya yang disebut clearance. 

Nah, oknum penipu memanfaatkan hal ini untuk meminta pembeli melakukan pembayaran biaya clearance terlebih dahulu, padahal barang tidak dikirim. Selain itu, oknum juga tidak jarang menggunakan kurir palsu untuk memanipulasi kondisi bahwa barang sedang dikirim, padahal tidak.

Ciri-ciri Penipuan Paket Luar Negeri

Untuk meminimalisir terjadinya penipuan orang luar negeri yang merugikan, Anda perlu tahu ciri-ciri penipuan paket luar negeri sebagai berikut:

1. Pendekatan Melalui Media Sosial

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri yang pertama umumnya dilakukan melalui media sosial. Pelaku akan berkenalan dengan korban melalui media sosial, kemudian mengaku sebagai penjual produk dari luar negeri, atau bahkan akan mengirimkan hadiah dari luar negeri.

Dalam hal ini, pelaku sudah mengincar korban terlebih dahulu dengan mengantongi data diri korban. Pelaku tahu nama lengkap korban, nomor telepon, alamat email, hingga alamat usahanya sehingga tampak meyakinkan.

Pelaku terkadang juga menyamar sebagai rekan bisnis yang mengajak bekerja sama dengan iming-iming menarik. Oleh karena itu, Anda perlu waspada jika ada orang tak dikenal tiba-tiba mengajak interaksi via media sosial, terlebih jika Anda tidak terlalu aktif bermedia sosial.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Kirim Paket ke Luar Negeri, Gampang!

2. Menggunakan Kurir Palsu

Pelaku terdiri dari minimal 2 orang, satu orang sebagai orang yang mengajak berkenalan secara personal (modus). Orang ini mengumpulkan data dan informasi mengenai korban, menghubungi, dan kemudian merayu korban.

Selanjutnya, orang kedua berlaku sebagai kurir palsu yang mengirimkan barang. Setelah korban tahu barang dari luar negeri akan dikirim, maka kurir palsu akan ditunjuk, seolah-olah sedang mengirimkan barang kepada korban.

3. Menggunakan Resi Palsu

Tak hanya kurir palsu, ciri-ciri penipuan paket luar negeri juga menggunakan resi palsu. Pelaku akan membuat resi palsu dan mengirimkan pada korban. Korban akan percaya karena resi yang dibuat benar-benar mirip dengan aslinya.

Oleh karena itu, ketika Anda mendapatkan resi pengiriman barang, segera cek resi tersebut apakah asli atau palsu. Pastikan juga perusahaan pengiriman barang tersebut benar-benar ada dan terpercaya.

4. Meminta Biaya Clearance

Selanjutnya, ciri-ciri penipuan pengiriman barang dari luar negeri berikutnya adalah adanya permintaan pembayaran clearance. Pelaku beralasan bahwa barang telah dikirimkan ke Indonesia, namun kurir tidak bisa bergerak karena biaya clearance belum dibayar. 

Pelaku kemudian meminta korban untuk membayar sejumlah biaya melalui transfer ke rekening atau akun pelaku. Biasanya nominal biaya yang diminta cukup besar, terlebih jika modus tersebut adalah memberi hadiah. Anda dipaksa untuk membayar sejumlah uang terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Kirim Paket COD Tanpa Marketplace, SAP Express Solusinya

5. Pelaku Menghilang

Nah, setelah korban melakukan transfer biaya clearance, kemudian pelaku akan menghilang. Korban tidak bisa berkutik karena kesulitan melakukan verifikasi baik dengan pihak bank maupun kurir. 

Karena adanya perbedaan negara, maka proses verifikasi bank akan dilakukan dalam waktu yang lama. Namun pada saat ini, uang korban sudah diambil oleh pelaku dan barang tidak sampai ke tangan korban.

6. Penggunaan Bahasa yang Tidak Profesional

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri berikutnya adalah penggunaan bahasa yang tidak profesional dari pelaku. Ketika pelaku mengirimkan pesan melalui media sosial atau email, amati bahasa yang digunakan. Jika tidak profesional, bahkan typo atau salah grammar, maka Anda patut curiga.

Pasalnya, pada saat oknum pelaku mengatasnamakan perusahaan atau bank tertentu, seharusnya bahasa yang digunakan profesional layaknya sebuah institusi. Namun jika terlihat rancu dengan bahasa yang kacau, maka bisa jadi ini merupakan tindakan penipuan.

7. Alamat Email atau Nomor Telepon Tidak Resmi

Penipuan lewat wa, email, atau telepon dari luar negeri patut Anda curigai jika berasal dari nomor telepon atau alamat email yang tidak resmi. Dalam hal ini, pelaku memberikan alamat email atau nomor telepon yang tidak meyakinkan.

Padahal, sebagai perusahaan profesional yang hendak mengirimkan hadiah atau menjalin kerja sama, tentunya email dan nomor telepon yang digunakan haruslah resmi. Bukan email perorangan, apalagi dengan domain yang tidak jelas.

jasa pengiriman barang internasional termurah

8. Meminta Data Pribadi yang Tidak Perlu

Anda patut curiga terjadi penipuan paket luar negeri ketika pelaku meminta data pribadi yang tidak perlu dan di luar nalar. Umumnya, data pribadi yang diminta hanyalah sebatas KTP dan alamat email.

Namun jika ia sudah meminta foto KTP, 4 digit nomor kartu debit, bahkan password tertentu, maka sudah bisa dipastikan Anda sedang diincar penipu. Anda perlu meningkatkan kewaspadaan jika terjadi hal-hal tersebut.

9 Mengklaim Punya Perusahaan Importir Pribadi

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri berikutnya adalah pelaku mengaku memiliki perusahaan importir pribadi, tidak lagi mencatut nama perusahaan importir yang sudah dikenal. Tujuannya adalah agar perusahaan importir yang dicatut namanya tidak melapor ke pihak berwajib. Tujuan lainnya adalah untuk mengelabuhi korban agar percaya pada pelaku.

Untuk menghindarinya, Anda perlu mencari tahu mengenai perusahaan importir yang dimaksud. Cek apakah benar perusahaan tersebut ada dan legal. Jangan sampai Anda menjadi korban lantaran tergiur paket pengiriman dari luar negeri.

10. Dilakukan oleh Dua Orang Pelaku

Seperti yang dibahas di poin sebelumnya, penipuan paket luar negeri biasanya dilakukan oleh dua orang pelaku. Pelaku pertama akan mengumpulkan informasi dan data korban lalu mengelabui korban dengan berbagai iming-iming.

Sedangkan pelaku kedua menyamar sebagai kurir yang akan mengirimkan paket, atau bahkan mengaku sebagai pemilik jasa kurir pribadi. Ia akan membuat jasa pengiriman paket tersebut terlihat meyakinkan meskipun sebenarnya tidak aman dan legal.

Bisnis online

Kirim Barang ke Luar Negeri dengan SAP Express

Banyaknya penipuan paket dari luar negeri tentu membuat siapa saja was-was. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan Anda memilih jasa pengiriman luar negeri terpercaya untuk paket Anda. SAP Express merupakan jasa kirim barang ke luar negeri yang aman dan dan terbaik.

SAP Express melayani pengiriman barang ke berbagai negara, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Hongkong, Taiwan, Vietnam, dan Australia. Tidak hanya pengiriman ke luar negeri, SAP Express juga melayani pengiriman barang dari luar negeri. Lantas berapa lama pengiriman paket dari luar negeri melalui SAP Express? Tentunya untuk estimasi biaya pengiriman dari negara mana paket dikirimkan. Untuk informasi lebih lanjut, cek ongkir SAP Express di sini.

Nah, sekarang sudah tahu kan ciri-ciri penipuan paket luar negeri apa saja yang perlu Anda waspadai? Pastikan Anda melakukan transaksi atau jual beli dengan pihak yang terpercaya agar tidak menjadi korban penipuan. Terlebih saat berhubungan dengan pihak luar negeri, Anda perlu lebih waspada ya!

1,526 Comments

  • Dina 22 Juli 2024

    Ya ampun sama yg aku rasakan sekarang. Aku di kenalan di IG berlanjut di whasApp, sempat VC mukanya lugu ky orang baik beneran, ternyata dia busuk, dia mau menjebak aku, tp keduluan ketahuan. Aku paksa dia buat transfer aku uang, aku bilang ga punya uang untuk makan hari ini, dia bilang katanya udah ga ada duit setelah belanja barang2 untukku kmrn. Tetep aku paksa buat transfer, aku bilang bakal aku ganti transfer setelah aku gajian. Dianya malah marah2. Lucu pokoknya.

    • lala 1 Agustus 2024

      kak jd gmn sampai sekarang? apaka sampe diteror ke rumah atau hanya melalui chat?

  • Dwi 6 Juli 2024

    Saya sedang berada di fase itu kak saya sedang bingung semalem dia caht telah berbelanja ada iphine tas sepatu emas jga uang $15.000 dolar dan besok 17jam dri jam 7malam paket akan segera mendarat brati sekitaran jam 2 ato 3 sore besok donk nah saya di suruh bayar uang bea cukai 1jt jdi sya bingung apa yg harus saya lakukan??? Dia adalah duda anak 2 provesi pilot penerbangan kenal di Fb baru 5hri.. apa yg harus sya lakukan ya kak

  • Cornelia 5 Juli 2024

    Hello semuanya, barusan saya kena tipu juga sama cowok yang ngaku-ngaku kerja di UK. Awal mulanya kami berkenalan di IG setelah berkenalan si cowok ini meminta nomor WhatsApp saya dan saya kasih nomor ke dia. tidak lama kemudian dia mengirim pesan di WhatsApp 10 menit saya balas, dan si cowok ini bilang ke saya kalau dia sudah pernah menikah, dan tidak lama menikah mereka cerai karena istrinya ketahuan Selingkuh disitu saya tidak komentar apapun. 1 Minggu kemudian dia ngajak aku untuk pacaran dengan dia tapi aku ga langsung jawab, 2hari kemudian baru aku balas”yaudah kita jalanin dulu aja”. Singkat cerita si cowok ini nge-chat aku ngasih tau kalau dia lagi mau pergi shopping, dan dalam pikiran ku oh mungkin dia pergi belanja bahan makan dll. Tak lama kemudian si cowok ini nge-chat aku sudah sampai di rumah dan aku punya hadiah untukmu. Aku nanya hadiah apa? Kata dia ini suprise! di situ aku ngotot banget nanyain itu hadiah apa? Dan situ dia mengirim foto+video: jam tangan, parfum, baju+hp iPhone. setelah mengirim foto dan video dia langsung minta alamat saya, dan saya nanya ke dia kok tiba-tiba beli hadiah untuk saya? Kata dia iya aku beli buat kamu karena kamu adalah calon istri aku! dan di situ aku langsung ngasih alamat dan juga email.hari berikunya Sore sekitar jam 4 dia WhatsApp saya dan ngasih tau kalau dia sedang mengirim paket untuk saya, dia sempat mengirim foto dan juga video pas pengiriman barang tersebut. Dan tidak lama kemudian dia mengirim resi untuk saya serta dengan bukti foto resinya, disitu aku langsung kaget dan aku sempat berterima kasih untuk si cowok itu. Dan kata dia paket akan tiba di Indonesia tgl 4, dan benaran paket itu tiba di Indonesia. singkat cerita pagi-pagi sekitar jam 6 ada nomor baru yang WhatsApp ke saya bilang kalau paket atas nama cornelia dari bapak Muhammad Lee sudah tiba di Indonesia. Dan Gilanya lagi si kurir ini meminta saya untuk membayar 10juta sebelum mereka akan mengirim paket tersebut ke alamat saya. disitu saya langsung balas harus bayar 10juta? Dan si kurir ini balas IYA. Aku langsung WhatsApp ke si Muhammad lee ini:paket saya sudah tiba di Indonesia tapi mereka meminta saya untuk membayar 10juta dan saya tidak punya uang sebanyak itu! Dan si Muhammad Lee ini balas memangnya kamu punya uang berapa? Aku jawab uang ku cuman 1-2juta, dan si Lee ini nge-chat ke si kurir ini kalau bayarnya 2juta aja, tak lama kemudian si kurir ini nge-chat aku dan meminta aku untuk bayar 2juta aja setelah bayar barangnya kami antar ke alamat. Dan aku langsung tf 2juta itu ke nomor rekening mereka. Setelah itu si kurir nge-chat kalau saya harus bayar full 10juta itu disuruh sama perusahaan. Dan saya tidak tau mana perusahaan mereka apa. Dan si kurir tiba-tiba nge-chat aku lagi “kalau kamu belum melunasi ini maka barang anda kami tahan sampai anda lunasi. Aku balas Jangan pak di dalam situ ada barang yang mau di pake! Si kurir jawab: berarti ada harus segera melunasi biar barang ada kami kirim. dimalam harinya si Muhammad Lee ini nge-chat sayang gimana barangnya sudah mereka antara? Aku jawab belum kata mereka harus lunasi dulu sedangkan ku sudah tidak punya uang. Dan Gilanya lagi si Muhammad Lee ini bilang ke saya supaya minta uang ke mama saya alasan untuk bayar uang kuliah. Saya bilang ke dia kalau saya sudah membayar uang kuliah dari bulan-bulan kemarin, dan Muhammad Lee ini bilang kamu minjam sama temen-temen mu saja. Tapi saya tidak mau. Malamnya saya telpon sama adek saya dan ngasih tau kalau paket sudah tiba di Indonesia, tapi belum di antar ke alamat. Dan adek saya tanya loh kenapa belum di antar? Saya jawab katanya harus bayar 10juta dulu adekku langsung kaget dan bilang kalau itu penipuan ga sih? adekku langsung minta nomor di kurir itu dan kami langsung cek nomornya di getcontac dan gila ternyata itu PENIPUAN! Disitu aku langsung WhatsApp ke Muhammad Lee aku bilang kamu benaran kirim paketnya ke Indonesi? Kata dia iya aku balas kamu bohong kan sama saya? Kata dia tidak saya tidak pernah membohongi perempuan yang saya cintai! Disitu saya langsung bilang kamu kerja sama dengan kurir itu kan? Jangan bohong! Si Muhammad Lee ini balas ngapain saya bohon, kan kemarin saya sudah mengirim nomor resi ke kamu, dan di dalam paket itu saya menaruh 50$ untuk kamu karena nanti saya mau ke Indonesia setelah kamu terima paket tersebut! Aku langsung WhatsApp ke si kurir untuk mengirim foto dan si kurir langsung kirim dan foto paketnya itu sama dengan foto yang di kirim sama Muhammad Lee paketnya masih di tempat yang sama!!. Dan disitu saya langsung meng ikhlaskan 2juta tersebut.

    Nomor pelaku utama: +44 7801 134407
    Nomor pelaku ke2 : +62 831-3282-8114

    Dah sekian terimakasih

    • Resti 14 Juli 2024

      Setelah transfer kurang dari nominal yang dia sebutkan. Masih ada teror gak kak ?

  • My love 2 Juli 2024

    Mohon berHati-hati yaaaa buat kita semua..jangan percaya sama cowok atau cewek yang ngajak kenalan dari luar negeri..baru pertama kali kenal udah bilang I Love You, mau ngirim² barang mewah tas, emas , jam tangan apalagi uang biasanya modus nya ngajak kenalan profesi mereka macam2 ada pilot/dokter/tentara dll..dan ujung2nya kita akan di minta uang dari pengiriman barang tersebut yaaa..
    Stay safe semuaaa…
    Be carefull

  • Wawa 26 Juni 2024

    Halo kakak2 semua… Sama ya aku juga ditipu oleh KhemKaeng dan aku sudah mengirim 2jt. Aku awalnya udah curiga karena hal tentang kurir itu mencurigakan. Tapi mungkin karna aku kurang ber amal jadi dengan gampang nya aku tertipu. Dan aku sudah mengirimkan alamat Indonesiaku ke dia. Anyone, apakah akan terjadi sesuatu kedepannya ya? Mohon pencerahannya teman2. Tapi saya sudah mengikhlaskan uang saya. Hhhh

  • Naura 14 Juni 2024

    Aku jg skrng ini dlm posisi itu, td d hubungi kurir fedeex, sruh bayar 5 jt, tp aku dr awal emg gk percaya sih..

    • Desmaria 8 Juli 2024

      Saya juga kak barusan tpi saya tidak akan transfer uang nya
      Karna saya gk minta2 apa dari dia

    • lala 1 Agustus 2024

      jadi kakka bayar atau kaka biarin aja? atau ampe didatangi kerumah ya?

  • Chatrine 10 Juni 2024

    Saya sedang diposisi itu skrg ada seorang bernama James Peter tinggal di California mengaku dokter…awalnya kenalan d fb lalu dia inbox saya…mgkn Krn dia melihat fhoto profil saya tidak pasang suami padahal saya sudah anak 3… singkat cerita saya di kirim paket katanya ada buket bunga boneka jam tangan iPhone dan didalam paket itu ada uang $20.000. pihak kurir gadungan meminta saya untuk membayar biaya paket nya 3juta supaya paket saya sampai di alamat saya…tapi saya minta resi paket saya tidak mau

  • Afika yati 6 Juni 2024

    Aduh bahkan aku sudah ketipu 15jt pada 19 mei 2024 nama ig nya malee cheung 33thn dari thailand kerja di uk sebagi civil eginering, singkat ceritanya sama seperti kalian semua semogga jangan sampe ketipu kaya aku ya teman2 cukup aku aja
    No tp uk: +447536665824
    No rek beacukai di indo : 693816644266 an:IRMAYATI
    udah ketipu kemudian nyusul mau di tipu lagi namanya ig nya raymond lee21 dari amerika keturunan korea kerja di permiyakan di texas singkat ceritanya mau nipu lagi

    • Ina ainul 21 Juni 2024

      Hallo kak, assalamualaikum, kak ternyata kita sama, aku juga hampir saja terkena tipuan itu, dia bernama Kim steve, mengaku orang Korea tapi tinggal di London, bekerja sebagai civil engineering, singkat cerita dia mau membelikanku hadiah, ada baju, boneka, tas, sepatu, bunga, dan lain2, tapi janggal nya sore baru saja dikirimkan, pagi2 sudah sampai di Indonesia, dan suruh saya untuk membayar uang 500.000.00, tapi Alhamdulillahnya saya sudah mencari tau, dan apdet2 ciri2 penipuan dari luar negri di google, jadi saya abaikan saja😂

  • Feny meilina 4 Juni 2024

    Waspada aja para cewek, jangan sampai terkena rayuan nya

  • NEA 2 Juni 2024

    Barusan kena dengan modus ngasih donasi sebesar USD $2.8 juta dari Swedia Dr gustafsson amanda ulrika dia bilang klo dia ga punya siapa2 janda berumur 40 tahun punya penyakit kanker darah. Lalu ditanya kenapa dia ngasih donasi ke aku karna donasinya tidak disalurkan dengan baik oleh negara dan organisasi amal makanya mau ngasih ke aku. Kemudian alasan lain ngasih duit sebanyak itu karna dia didiagnosa umurnya gak akan lama. Setelah itu, meminta nama, email, alamat, no.hp dan dia meminta pengacaranya agar donasinya diurus. Dua menit kemudian, pangacaranya ngechat dan bilang sedang dipersiapkan paketnya Dan pengacaranya bilang paketnya akan datang ke Indo melalui bea cukai dan harus membayar IDR 7 juta (buset mahal bangat mana mungkin punya uang sebanyak itu makan aja masih dibayar ortu wkwk). Klo pun ada ditunggu aja apa memang benar bakal ada atau gak dan gak bakal dibayar sih. Pas dicek nomor pengacaranya eh ternyata kode negara nigeria.
    No. Pengacara : +234 813 437 8320

  • Devita 2 Juni 2024

    Aku juga ada di inbox kata nya nama nya Jhon prank orang Korea
    Dia kirim foto jam tangan ,kalung mas,hp iPhone,tas sepatu boneka
    Kata nya dia kerja di London
    Apakah ini juga sama,dia juga kirim gambar uang dolar
    Dia bilang hari Senin akan di kirim

  • Rian Goa 1 Juni 2024

    Saya ada yang mw kirim barang dari syria katanya tentara wanita mau tanam saham di Indonesia tapi saya ragu resinya sudah dikirim ke saya dengan nomor 2842551231 mungkin ini resi palsu dan mohon dibantu untuk di cek ya min please saya tdk mau ditipu

  • Niar 26 Mei 2024

    Seperti nya dia menargetkan orang Indonesia ya… Saya dapat kenalan dari Jerman duda anak 1 bernama Wang hafiz

  • Ria 26 Mei 2024

    Dan semua yg tertipu adalah kaum hawa… semangat… meskipun kt mau memperbaiki kehidupan tp jgn smpe kehilangan akal sehat … Krn sy sdg berada diposisi sm seperti xan…tp keburu sadar makanya mrk trs hbgi saya… semangat kaum hawa,sebangsat2ny laki2 di Indonesia,msh bs kt pukul pke gagang sapu klo dia macam2..bnr ga…

  • Susanti 23 Mei 2024

    Saya juga bbrapa hari yg lalu kenal ngaku orng London duda ank satu dan dia ingin mengirimkan ung untuk modal usaha . Dia bilng klu sudah sukses saya ..dia mau ke Indonesia . Dari awal dgr kata London saya dah curiga . Itu pasti penipu . Singkat cerita aku kasih no rekening yg sudah tidak di gunakan saldonya juga cm 700 perak . Bilng mau di kirim via bank dia lagi punya maslh di bank JD minta alamat ktanya mau di paketin . Spontan say ga mau . Itu dah jls mau nipu . Ahir ya saya bilang klu benar kirim saja ewalet . Tp dia bnyak alasan JD aku lngsung hapus no rekening nya dan lngsung blok tuh orng nya ..

    • murti 29 Mei 2024

      Aku baru kena kemarin,aku kenal dengan seorang duda anak satu dari los angeles,katanya dia mau kirim hadiah untukku.dia memberikan no resi,aku cek dan ternyata biaya cukainya tertera hampir 9jt.gila, siapa yang mau bayar..
      Dan katanya besok paket akan tiba.kita lihat saja besok.tak akan ku bayar sepeserpun🤭

      • lala 1 Agustus 2024

        jadi gimana paaketnya kak?

  • Ika 21 Mei 2024

    Hari ini mala aku yg di goda sama pilot London… Duda anak 2…sama spt kk di atas… Dia mengirim tanda cinta dan kirim photo…bahkan memberi tahu bahwa ada uang di paket nya sebesar $30.000 sungguh nominal yg fantastic… Tp saya gak yakin ada orang yang baru kenal 3 hari kirim barang mewah dan uang banyak

    Pelaku +234 9075694581
    Kurir menyusul ya 😄 coz belum di hub kurir

    • Vitaa 27 Mei 2024

      Kak aku juga ada dihubungi pilot dari London duda anak 2 tapi nomor pelakunya beda sama yg ke kakak. Kalau boleh tau siapa nama pilotnya kak? Takutnya sama soalnya saya lagi nyari kebenaran hehee

      • Feny meilina 4 Juni 2024

        Sama kak, mengaku nama nya Daniel, single 35 th

  • Sumiati 20 Mei 2024

    Ini aku juga kenalan dia mengaku tinggal di London dia akan mengirim hadiah tanda cinta ,tapi saya harus membayar setelah paket itu datang saya org yg susah jgnkan untuk membayar pajak kebutuhan sehari hari aja saya diberi

  • Ella yulianty 20 Mei 2024

    Aku juga baru aja ngalami hal yang sama. Ngaku sudah anak satu dan ktanya mau kirim hadia yg mewah dan sejumlah uang yg cukup byk.. pada akhirnya dia ndesak bgt ingin dibayarkan pajak bea cukai nya sebesar 5 juta. Situ saya yakin ini penipuan dan siang ini no mereka gak aktif lagi. Untung saya tidak tergiur soal itu. JD selamat dah saya. Bt mbak mbak hati ya modus penipuan seperti ini.

    • Rully riwayanto 26 Mei 2024

      Saya jg 3hr kmrin melalui FB mngaku captain janda .danau krm dana ke sy ..katanya dana dari Irak diplomatik…uang sebesar 3jt USD…kode wa/tlp +234..katanya tgl 27 mei 2024 paket SDH sampai di tmpt tinggl sy..gimna ya…tapi sy SDH blok no wa/tlp beliau itu penipu..lihat bsk sajah.

  • Gianni 20 Mei 2024

    Saya baru kena hari ini.
    Singkat crta berteman dgn Eden Cliff dr FB dan WA tiba² dy bilang mw kirim barang dan boneka buat ankku.
    Awalnya ak bilang ga usah.
    Trus dy maksa krn dah terlanjur dibeli, jd ku Kasi alamat kantor.
    Tiba² dy wa lg ad masukin uang cash dlm paket, dr situ sya mulai curiga krn setau saya uang cash ga bs dikirim lewat paket.
    Trus tak wa bilang lgsg ngomel² mw nipu ya trus dy hilang ga.
    Nah ak lgsg caht temen di belanda kasi invoice dan kata dy bener paket udh dikirim 5Kg dengan Pajak 10jtan..
    Hari ini no HP lgsg tak buang aj, biar dy ga bs Hub.

    • Sela 31 Mei 2024

      Aku baru hari ini kena tipu dia juga duda anak 2 namanya Yusuf zack
      Tapi nomornya beda

  • Mutia 18 Mei 2024

    Hai teman teman kita juga memiliki nasib sama aku juga di dekati pilot dia mengaku dari London dan duda anak 2 setelah 2 hari kenalan dia bilng dia ingin kasih aku hadiah sebagai tanda cinta, dia memfoto barang dann vdio barang itu seperti barang hasil ss tapi aku pura pura tidak tau aja dia bilang dia akan kirim kemarin dan hari ini akan sampai! Buset aku kaget dong itu pesawarnya kecepatan full kali yee udah sampe aja di Indonesia, tenang tapi aku tidak percaya aku tau dia hanya modus, terus besoknya aku di cht kurir ngaku ngaku dari perusahaan DHL express tapi yang yang lucunya itu nomor pelaku yang ngaku pilot itu dengan si kurir sama dari nigeria aku suruh kirim no resi tapi dia bilang dia tidak bikin no resi kemarin kan. Aku langsung blok dari pada capek cht translate😂

    No pelaku: +234 903 743 9628
    No kurir : +234 904 899 9451

    Buat kakak kakak yang di goda sama pria tukang nipu hati hati ya dia cuma modus dan jangan smpe berikan apapun dia minta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *