Bisnis

6 Media Promosi yang Bisa Digunakan untuk Bisnis Anda

Media promosi biasanya digunakan untuk meningkatkan penjualan dari sebuah produk, baik itu barang maupun jasa. Selain itu, setiap media akan disesuaikan dengan target konsumen di dituju. Misalnya, jika Anda menargetkan konsumen usia 35-50 tahun, maka dapat menggunakan facebook. Hal ini karena media tersebut paling banyak digunakan oleh orang-orang dengan usia tersebut.

Pengertian Media Promosi

Media promosi adalah sebuah alat promosi yang biasanya digunakan untuk memperkenalkan sebuah bisnis dari perusahaan atau pengusaha.  Dimana nantinya, alat ini  dapat menjadi alat yang cocok untuk menyampaikan informasi mengenai layanan, produk, tujuan, dan sebagainya. Sehingga nantinya, Anda harus mengintegrasikannya dengan strategi bisnis yang Anda miliki.

Baca Juga : Cara Promosi Makanan yang Meningkatkan Daya Tarik Pelanggan

Media ini juga dapat digunakan untuk dapat meningkatkan awareness sehingga dapat menarik ketertarikan dari konsumen. Dimana setelah banyak orang tertarik, maka dapat membuat mereka untuk membelinya. Dengan begitu, fungsi media promosi secara tidak langsung membantu untuk meningkatkan penjualan produk. Meskipun begitu, Anda perlu cermat memilih media yang tepat sehingga sesuai dengan kebutuhan.

Contoh Media Promosi dan Kelebihannya

Ada beberapa macam contoh media promosi yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pemasaran produk.  Selain itu, setiap media memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Sehingga nantinya, Anda dapat menentukan media mana yang akan digunakan. Yuk simak sebutkan 5 jenis media promosi sebagai berikut!

1. Baliho

Balio merupakan salah satu media promosi yang sering digunakan oleh para pelaku usaha bahkan ada juga beberapa tokoh yang mempromosikan dirinya saat mengikuti kampanye. Baliho sendiri biasanya  dipasang di pinggir jalan raya dengan ukuran yang cukup besar. Selain itu, ciri khas dari baliho yaitu dapat ditemukan dengan mudah di area-area strategis.

Biasanya pesan yang disampaikan di dalam contoh media promosi baliho haruslah jelas, padat, dan singkat. Hal ini karena orang yang membaca baliho umumnya adalah pengendara yang berjalan cepat saat di jalan. Dengan begitu, usahakan untuk menghindari kata-kata yang sulit.

Hal ini karena itu dapat membuat orang-orang yang melihatnya tidak dapat menangkap isi dari pesan yang ingin disampaikan. Bahkan, jika bisa sertakan juga gambar yang menarik dan relevan dengan pesan yang ingin disampaikan.

Adapun kelebihan dari Baliho yaitu menjadi salah satu media yang efektif untuk digunakan diluar ruangan dan mudah dijumpai oleh siapa saja yang berlaku di sekitar area. Selain itu, lokasi penempatannya pun bebas selama itu strategis dan memiliki peluang untuk menjangkau target market. 

Sementara untuk kekurangannya sendiri yaitu biaya mahal, tidak semua orang yang melihat baliho adalah target market. Tidak hanya itu saja, tetapi juga dapat memicu adanya peluang masalah yang terjadi. Hal ini karena penulisan dalam baliho mengalami kesulitan memahami isi pesan yang Anda maksudkan.

2. Brosur

Jenis media promosi ini adalah sebuah kertas yang berisikan mengenai semua layanan atau keunggulan yang didapatkan dari sebuah produk. Bahkan biasanya, beberapa perusahaan atau lembaga akan menuliskan informasi secara detail. Seperti hanya, keunggulan dari sebuah produk, harga, cara pakai, tata cara membeli, dan lain sebagian.

Bisnis online

Selain itu, brosur juga dibagikan kepada orang lain ketika di jalan atau di tempat-tempat tertentu. kelebihan media promosi cetak dibanding internet adalah konsumen memiliki peluang untuk mempelajari produk yang Anda tawarkan lebih jauh, biaya cetak jauh lebih murah, dan orang yang membacanya akan tepat sasaran. Sementara untuk kekurangan sendiri yaitu berisiko tidak dibaca, jangkauan konsumen yang dapat membaca informasi tergantung dari petugas, dan membutuhkan kemampuan persuasi yang baik dari petugas saat membagikan brosur. Supaya nantinya, konsumen mau menerima dan membacanya.

3. Banner

Banner merupakan media promosi yang cukup banyak digunakan, terutama di dalam ruangan. Selain itu, banner ini juga sering diletakan di area yang ramai dengan ukuran yang besar dan memiliki desain yang menarik. Untuk meningkatkan perhatian para konsumen, Anda dapat melampirkan foto dalam banner tersebut. 

Manfaat media promosi ini  yaitu dapat digunakan berulang kali dan jauh lebih murah, pemasangan banner cenderung mudah, dan dapat digunakan di dalam ruangan. Sementara untuk kekurangannya sendiri yaitu, harus benar-benar memperhatikan lokasi, serta  dapat mengganggu pemandangan jika digunakan terlalu banyak atau berlebihan.

4. Sosial media

Tujuan media promosi menjadi salah satu media promosi yang banyak digunakan di era ini. Hal ini karena Anda dapat mempromosikan produk secara gratis. Namun, jika ingin lebih maksimal Anda dapat menggunakan iklan yang berbayar. Sehingga nantinya, iklan yang dibuat dapat sampai kepada target market yang sesuai. 

Saluran media promosi ini sendiri yaitu dapat menjangkau pelanggan dengan jauh lebih luas, biaya yang dikeluarkan lebih murah daripada media yang lainnya, dan trafik iklan juga akan sampai sesuai dengan target konsumen. Namun, kelemahannya sendiri yaitu kebanyakan media ini digunakan untuk mencari konten hiburan. Sehingga tidak heran apabila banyak  orang yang merasa terganggu. Tidak hanya itu saja, media ini juga memiliki harga yang lebih murah daripada yang lainnya.

Baca Juga : Cara Membuat Kata-kata Promosi Jualan Online yang Efektif untuk Meningkatkan Bisnis

5. Iklan yang dilakukan  di Search Engine (Pay Per Click)

Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang banyak pengguna internet yang akan langsung mencari barang melalui mesin pencarian. Dengan begitu, media promosi online ini menjadi sebuah peluang untuk para pelaku usaha untuk mempromosikan produknya.  Salah satu mesin pencarian yang populer digunakan di Indonesia adalah google. 

Media promosi online juga menyediakan iklan berbayar bagi siapa saja yang ingin memasarkan produk. Uniknya lagi, iklan akan terhitung saat para konsumen mengklik link yang ada di dalam blog tersebut. Adapun kelebihan dari media jni yaitu harga  dapat disesuaikan dengan budget yang Anda miliki, target konsumen dapat diatur sesuai kebutuhan, dan analisis kampanye atau iklan secara efektif serta detail.

Sementara untuk kekurangan nya sendiri yaitu, persaingan harga dapat mempengaruhi harga iklan yang perlu dibayar, dan harus memantau secara konsisten mengenai trafik konten yang sedang dibangun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *