Branding

Brand Story: Pengertian, Manfaat dan Pentingnya untuk Bisnis

brand story

Pernah menemukan sebuah perusahaan yang membuat cerita atau kisah guna menarik perhatian audience? Jika iya, itulah yang dinamakan dengan brand story. Ini merupakan salah satu strategi yang digunakan untuk menarik pelanggan dengan cara menceritakan kisah yang autentik dan emosional terkait merek tersebut.

Dalam bisnis, ada banyak macam strategi yang bisa digunakan untuk menarik perhatian pelanggan. Salah satunya adalah dengan menerapkan brand story. Dengan cara ini, pelanggan akan lebih mengenal merek dan produk Anda secara lebih dalam sehingga akan tertarik untuk menggunakannya. Lebih jelas tentang apa itu brand story hingga apa manfaatnya, baca ulasan ini sampai akhir, ya!

Baca Juga : Brand Recall: Pengertian, Keuntungan, Faktor hingga Strategi

Pengertian Brand Story

Brand story adalah sebuah narasi atau cerita mengenai suatu brand. Kisah ini tidak hanya menunjukkan produk dan profil bisnis saja, akan tetapi juga fakta dan emosi lain yang dapat menguatkan identitas dari brand tersebut.

Cakupan narasi dari brand story cukup luas, mulai dari makna, arti logo, perjalanan pembangunan bisnis, produk dan layanan hingga misi dan aktivitas sosial yang dilakukan. Pada intinya, semua poin yang dinarasikan harus dapat menyentuh emosi pembaca dan membentuk keyakinan audiens akan merek tersebut. Hal inilah yang membuat mengapa brand story itu penting.

Manfaat Brand Story

Brand story tidak hanya memberikan gambaran akan merek dan bisnis dan Anda jalankan saja. Akan tetapi, juga memiliki banyak manfaat lainnya, mulai dari membentuk image perusahaan hingga membangun kepercayaan pelanggan.

Berikut ini beberapa manfaat brand story yang perlu Anda ketahui.    

1. Membentuk Image Perusahaan

Brand story bisa menceritakan tentang perjalanan dibangunnya sebuah merek hingga kegagalan apa saja yang pernah dialaminya. Cerita seperti ini bisa menginspirasi audiens untuk mengikuti perjalanan suksesnya sehingga secara tidak langsung berhasil membentuk image perusahaan yang positif.

2. Membangun Kepercayaan Pelanggan

Manfaat brand story yang lainnya adalah dapat membangun kepercayaan pelanggan. Dalam hal ini, Anda bisa menceritakan tentang bagaimana proses brand tersebut menjaga dan meningkatkan kualitas produknya. Narasi seperti ini bisa menyentuh emosi pembaca sehingga akan membangun kepercayaan secara psikologis.

Bisnis online

3. Mendorong Pertumbuhan Bisnis

Jika cerita di balik nama brand berhasil membangun image dan kepercayaan pelanggan, dampaknya akan mendorong pertumbuhan bisnis yang lebih baik. Konsumen yang telah tertarik dan percaya pada suatu merek akan enggan untuk berpindah ke merek lain. Ini merupakan contoh brand story yang berhasil.

Contoh Brand Story

Ada banyak perusahaan yang menerapkan brand story sebagai salah satu strategi untuk menarik pelanggan. Salah satu contohnya pada iklan air minum kemasan yang menceritakan perjalanan saat mencari sumber air.

Tidak hanya itu, dalam iklan tersebut perusahaan juga menceritakan misi dan kegiatan sosial yang dilakukan pada masyarakat. Saat iklan berhasil diingat oleh audiens dalam waktu lama, maka artinya brand story telah berhasil.

Mengapa Brand Story itu Penting?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa brand story memiliki manfaat yang besar untuk kemajuan perusahaan. Brand story bisa menjadi salah satu strategi efektif untuk menarik simpati dan kepercayaan pelanggan.

Dengan menerapkan brand story yang menggugah emosi dan inspiratif, audiens akan mengetahui cerita di balik kesuksesan sebuah brand sehingga menginspirasi untuk mengikuti kesuksesannya. Dengan cara seperti ini, image perusahaan akan meningkat hingga mendorong pertumbuhan bisnis yang jauh lebih baik lagi.

Baca Juga : Brand Image: Pengertian, Pentingnya, dan Cara Membangunnya

Jadi, mengapa brand story itu penting? Sekali lagi, karena brand story dapat meningkatkan image perusahaan yang mendorong kepercayaan publik. Perusahaan juga akan terdorong untuk menciptakan produk yang lebih baik lagi. Hal ini karena kisah yang diceritakan dalam brand story harus otentik dan dapat menyentuh emosional pembaca. Dengan brand story yang bagus, akan semakin banyak pelanggan tertarik untuk menggunakan merek Anda.

Itulah ulasan mengenai brand story yang sebaiknya diketahui oleh para pebisnis. Jika Anda ingin usaha Anda lebih maju lagi, maka jangan lupa gunakan strategi brand story yang menarik, menggugah, dan juga inspiratif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *